Selasa, Juni 18, 2024

Tips Belajar Anti Ngantuk, Yuk Cobain!

Tips belajar anti ngantuk tentunya sangat bermanfaat bagi para pelajar yang ngatukan. Rasa kantuk saat belajar dapat mengganggu konsentrasimu sehingga kamu akan sulit fokus. Oleh karena itulah hal ini tidak boleh kamu biarkan begitu saja. Perlu ada pencegahan maupun penanganannya agar kualitas belajarmu tidak terganggu.

Walaupun rasa ngantuk saat belajar umum terjadi tapi ternyata penyebabnya bermacam-macam loh. Ngantuk bisa terjadi ketika kamu banyak makan atau bisa juga karena hipersomnia. Nah kondisi-kondisi tersebutlah yang akhirnya membuatmu merasa ngantuk saat belajar.

Tips Belajar Anti Ngantuk

Berikut tips belajar anti ngantuk yang bisa kamu coba agar kualitas belajarmu tetap terjaga.

Duduk dengan Tegak

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah rasa ngantuk datang ketika belajar adalah dengan memposisikan tubuh dengan baik. Duduklah dengan baik dan tegak agar tubuhmu dapat dengan mudah untuk fokus Pakailah kursi yang mempunyai sandaran agar jika sewaktu-waktu kamu merasa lelah, kamu bisa menyenderkan punggungmu di sana.

Tips belajar anti ngantuk seperti ini akan membuat saraf simpatik lebih efisien dalam melakukan fungsinya. Kamu juga akan merasa lebih fokus ketika belajar dengan posisi duduk yang tegak. Jadi, yuk biasain untuk duduk dengan tegak saat belajar.

Jangan Makan dengan Porsi yang Berlebihan

Seperti yang sudah kita bahas tadi bahwa kekenyangan bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya rasa ngantuk saat belajar. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor seperti pengaruh hormon, perubahan aliran darah di otak, dan masih banyak lagi.

Rasa ngantuk yang terjadi setelah makan memang agak sulit untuk kita kendalikan. Maka untuk mencegahnya kamu perlu menghindari makan dengan porsi yang banyak sebelum melakukan kegiatan belajar. Mungkin beberapa dari kalian ada yang suka ngemil sambil belajar. Hal itu boleh saja kamu lakukan asal jangan berlebihan karena jika kamu merasa kenyang maka rasa ngantuk akan mudah datang.

Baca Juga: 4 Tips Mengatur Waktu Belajar yang Efektif

Pastikan Cahaya yang Kamu Dapatkan Memadai

Tips belajar anti ngantuk yang satu ini terkadang banyak yang menyepelekannya. Padahal hal ini juga penting untuk kita perhatikan. Cahaya yang datang dapat memengaruhi respon tubuh manusia loh.

Hal ini dapat terjadi karena protein dalam tubuh yang beraktivitas saat tubuh terpapar oleh sinar. Jadi ketika kamu mau belajar pastikan cahaya yang kamu dapatkan cukup memadai. Dengan cara ini kamu bisa mencegah bahkan menghilangkan rasa ngantuk saat belajar.

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...

6 Basic Manners yang Harus diajarkan kepada Anak Usia Dini

Anak usia dini memerlukan beberapa instruksi penting sebagai awal pembentukan karakter. Instruksi-instruksi ini nantinya harus diberikan dengan jelas oleh orang tua sebagai pihak yang...

Tips Belajar Tipografi bagi Pemula, Bikin Desainmu Makin Nyentrik

Tips belajar tipografi kali ini bisa diikuti oleh siapapun, bahkan untuk pemula yang tidak tahu apa-apa sebelumnya tentang tipografi. Tipografi memerlukan sebuah skill, loh....

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya