Rabu, Juni 19, 2024

Jangan Asal-asalan! Ini Dia Tips Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat

Memilih jurusan kuliah tidak segampang meneruskan sekolah dari SMP ke SMA. Bukan hanya satu atau dua, kamu harus mempertimbangkan banyak hal dengan matang-matang. Beragam aspek perlu disiapkan supaya kamu tidak terkejut begitu menapakkan kaki di lingkungan belajar yang baru.

Memilih jurusan kuliah adalah bagian dari rencana masa depanmu. Pilihlah jurusan yang mampu kamu kuasai sehingga tidak memberatkan dirimu sendiri. Kuncinya, jangan lihat universitas dahulu, baru setelah itu jurusan. Terobsesi dengan nama besar kampus tanpa mementingkan jurusan hanya akan membawamu pada kesulitan. Menentukan jurusan adalah prioritas, dan beginilah cara memilih jurusan kuliah agar kamu tidak salah kaprah.

Menentukan Jurusan Kuliah dengan Mempertimbangkan Tips-tips di Bawah Ini

Jangan ikut-ikutan teman! Jurusan kuliah akan menentukan nasibmu di masa depan. Tapi bagaimana sih, cara memilih jurusan dengan tepat? Berikut tipsnya!

Kenali passionmu

Passion sangat penting untuk kelancaran kamu selama kuliah. Saat kamu menyukai sesuatu, kamu pasti antusias dan mengerjakannya dengan semangat menggebu. Begitu pun dengan kuliah, rasa semangat akan hadir apabila kamu berada di lingkaran yang sesuai dengan potensi dirimu.

Cari tahu minat dan bakat

Memilih jurusan kuliah tentunya harus disadari dan didasari dengan kemampuan serta rasa ketertarikan. Minat dan bakat adalah dua kombinasi yang tak bisa dilepaskan. Keduanya sangat penting dalam menentukan jurusan yang hendak diambil. Kamu bisa melakukan tes minat bakat untuk mengetahui gambaran dan juga kepribadian kamu terhadap suatu bidang.

Konsultasi dengan guru BK

Kamu bisa mengobrol sambil meminta saran kepada guru BK-mu terkait kelanjutan pendidikanmu. Biasanya mereka akan menjadikan nilai sebagai acuan, namun kamu tidak perlu khawatir jika ada nilai yang kurang memuaskan. Kamu bisa meminta perbaikan kepada guru pengampu setelah mendapat arahan dari pihak BK. Peran guru BK di sekolah sangatlah penting, jangan sungkan meminta bantuan karena itu memang sudah menjadi tugas dan kewajiban mereka.

Bicarakan dengan orang tua

Orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Apabila keinginan mereka tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, coba diskusikanlah dengan hati terbuka dan kepala yang dingin. Kuliah memiliki jangka waktu yang panjang, pertimbangkanlah baik-baik dengan mendengarkan nasihat kedua orang tuamu. Setiap jurusan mempunyai biaya pembayaran yang berbeda jumlahnya, maka penting untuk memadankannya dengan kondisi ekonomimu. Ambillah jurusan yang klop baik dari segi materi maupun teori.

Cari tahu lebih dalam tentang jurusan yang hendak diambil

Menggali informasi terkait mata kuliah yang diajarkan, bagaimana kesulitan dan kemudahan di setiap semester, atau mencari tahu seperti apa bocoran skripsinya mungkin bisa membantu kamu dalam memilih jurusan kuliah. Setelah melakukan riset, kamu pasti akan mengetahui jurusan apa yang kira-kira cocok denganmu.

Lihat prospek kerja

Mendapat gaji yang besar di setiap bulan kedengarannya sangat mengasyikkan. Kamu bisa memilih jurusan yang peluang kerjanya menjamin kariermu di masa depan. Setidaknya, setelah menempuh pahitnya pengalaman di kampus, kamu akan merasakan manisnya perjalanan di dunia pekerjaan.

Demikian tips memilih jurusan kuliah yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Pikirkan segala sesuatu dengan baik-baik supaya tidak menyesal di kemudian hari. Semoga tips-tips di atas bisa membantu! (Karin/Djavatoday) 

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...

6 Basic Manners yang Harus diajarkan kepada Anak Usia Dini

Anak usia dini memerlukan beberapa instruksi penting sebagai awal pembentukan karakter. Instruksi-instruksi ini nantinya harus diberikan dengan jelas oleh orang tua sebagai pihak yang...

Tips Belajar Tipografi bagi Pemula, Bikin Desainmu Makin Nyentrik

Tips belajar tipografi kali ini bisa diikuti oleh siapapun, bahkan untuk pemula yang tidak tahu apa-apa sebelumnya tentang tipografi. Tipografi memerlukan sebuah skill, loh....

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya