Rabu, Mei 29, 2024

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau universitas, wajib mengetahui apa saja jalur masuk yang bisa kamu ikuti sebagai langkah awal di dunia perkuliahan. Kamu mungkin tahu SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) adalah dua jalur masuk yang diselenggarakan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024. Tapi perlu teman-teman ketahui, jalur masuk perguruan tinggi tidak hanya SNBP dan SNBT saja. Masih ada jalur lain yang bisa teman-teman coba untuk bisa lolos di kampus yang diinginkan.

Jalur masuk perguruan tinggi di bawah ini memiliki ketentuan dan persyaratan yang berbeda. Kamu punya banyak kesempatan untuk bisa menempuh studi ke perguruan tinggi. Yuk, cari tahu dan juga pahami apa saja jalur masuk yang bisa kamu pilih!

Jalur Masuk Perguruan Tinggi, Bukan Hanya SNBP dan SNBT

Berikut merupakan daftar jalur masuk perguruan tinggi dengan ketentuan dan persyaratannya masing-masing. Yuk, simak penjelasannya! 

SNBP 2024

Jalur masuk perguruan tinggi paling populer yang banyak didambakan, SNBP merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang pendaftarannya tidak dikenai biaya apa pun. Jalur ini menggunakan sistem penilaian berdasarkan nilai rapor tanpa melaksanakan tes. Calon mahasiswa yang mendaftarkan adalah siswa kelas 12 yang dinyatakan lulus dengan prestasi unggul atau masuk ke daftar pemeringkatan eligible di sekolahnya. Dan juga untuk kamu yang memilih jurusan seni atau olahraga, wajib menyertakan portofolio.

UTBK SNBT 2024

Gagal di SNBP tidak menjadi halangan untuk bisa mengejar kampus impian. Kamu bisa mengikuti SNBT atau seleksi masuk perguruan tinggi yang melakukan Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan biaya pendaftaran sebesar 200.000. Peserta SNBT diperkenankan memilih 4 program studi dengan 2 program akademik dan 2 program vokasi, serta minimal 1 program diploma 3. 

Seleksi Mandiri PTN dan PTS

Seleksi mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Di samping pembayaran uang kuliah tunggal (UKT), mahasiswa baru yang masuk lewat jalur mandiri akan dikenakan uang pangkal, sumbangan pengembangan institusi, atau iuran pengembangan institusi saat awal masuk kuliah. Namun, kamu bisa mendapat keringanan biaya dengan mencoba beberapa peluang beasiswa. 

SNMPN

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri atau disingkat SNMPN merupakan jalur seleksi nasional untuk calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi di Politeknik Negeri atau perguruan tinggi khusus pendidikan vokasi yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Supaya bisa mengikuti SNMPN, pastikan sekolahmu mendapat undangan supaya mempunyai kewenangan untuk merekomendasikan peserta didiknya. 

Seleksi Sekolah Kedinasan

Berada di bawah lembaga pemerintahan dengan tawaran ikatan dinas yang menggiurkan, lulusan Sekolah Kedinasan bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Peluang kerja menjanjikan itulah yang membuat Sekolah Kedinasan memiliki banyak sekali peminat walaupun tes masuknya terbilang sulit.

Seleksi PTKIN

Kamu yang berniat menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Bisa banget ikut SPAN-PTKIN yang diselenggarakan secara bersamaan oleh panitia pelaksana dengan mengukur prestasi akademik siswa.

Setelah hasil SPAN-PTKIN keluar dan kamu dinyatakan tidak lulus, kamu masih punya kesempatan masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dengan mengikuti UM-PTKIN. Yaitu seleksi berdasarkan ujian tertulis yang dilakukan secara nasional di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Supaya tidak ketinggalan beragam informasi, jangan lupa ikuti akun resmi kampus incaranmu. Selamat berjuang untuk meraih jurusan dan juga kampus yang kamu inginkan! (Karin/Djavatoday)

Rekomendasi Channel YouTube Edukasi, Bikin Kamu Lebih Pintar!

Rekomendasi channel YouTube edukasi bisa menjadi tips mudah untuk meningkatkan kepintaran kita, Sobat Djava. Mempelajari sesuatu memang tidak harus selalu saat di bangku sekolah...

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya