Sabtu, Mei 25, 2024

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan fokus menjadi impian banyak orang, namun tak ayal selalu ada gangguan yang membuat konsentrasi berkurang, belajar pun jadi terganggu. Beberapa penyebabnya adalah rasa kantuk yang menyerang karena terlalu lama belajar, atau otak yang dipaksa keras untuk berpikir sebab mengejar tenggat waktu yang hampir menyerempet. Faktor-faktor yang menyebabkan belajar menjadi tidak efektif adalah lalai dalam menyelesaikan tugas karena metode belajar yang sangat membosankan.

Meningkatkan fokus saat belajar agar dapat memanajemen waktu bisa dilakukan dengan menerapkan teknik Pomodoro. Apa sih, Pomodoro itu? Penamaan Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang berarti tomat. Pomodoro ialah teknik belajar mengunakan aturan waktu yang pada awalnya merupakan timer dapur berbentuk tomat kepunyaan sang penemu yang bernama Francesco Cirillo. Metode ini terbilang efektif sebab interval waktu belajarnya diselingi istirahat. Sehingga kondisi fisik tidak terlalu lelah saat belajar maupun bekerja.

Meningkatkan Fokus Saat Belajar dengan Teknik Pomodoro

Tertarik dengan teknik Pomodoro? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut untuk meningkatkan produktivitas belajarmu!

Pilih tugas yang ingin kamu kerjakan

Siapkan buku tugas yang ingin kamu selesaikan beserta alat tulis dan alat bantu lainnya seperti handphone maupun laptop. Ingat ya, sob! Keberadaan benda pintar di sini hanya untuk membantu apabila tugas yang akan kamu kerjakan membutuhkan sumber bantuan terpercaya seperti buku dan internet.

Atur timer selama 25 menit untuk fokus mengerjakan tugas tanpa terdistrak

Sebelum mulai belajar, atur timer terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari hal-hal yang dapat mendistraksi. Selama 25 menit kamu harus fokus menyelesaikan tugas atau kembali memahami materinya apabila merasa sulit. Jika ingin menggunakan ponsel untuk googling atau melihat file, matikan semua notifikasi media sosial agar konsentrasi tidak buyar.

Berhenti mengerjakan tugas saat timer berbunyi

Hentikan kegiatan saat timer berbunyi walaupun tugas yang kamu kerjakan belum selesai. Kunci fokus belajar adalah tidak memaksakan otak berpikir terlalu keras. Biarkan otakmu rileks supaya tetap fresh dan bisa berkonsentrasi dengan baik nantinya.

Istirahat singkat selama 3-5 menit

Gunakan waktu selama 3-5 menit untuk bersantai. Ibarat mencharger handphone, kamu boleh makan camilan atau minum teh sambil beristirahat. Tapi sebisa mungkin hindari penggunaan ponsel untuk meminimalisir terganggunya kegiatan belajarmu.

Ulangi langkah 2-5 jika tugas belum selesai

Setelah waktu istirahatmu habis, tiba saatnya kamu kembali mengerjakan tugas. Selesaikan dahulu yang sudah kamu pegang tadi, baru melanjutkan tugas lain jika ada. Kamu juga perlu membuat to-do list agar kegiatan belajarmu terstruktur dengan baik dan dapat selesai sesuai sasaran waktu.

Ambil istirahat panjang jika sudah melakukannya sebanyak empat kali

Apabila sudah melakukannya empat kali berturut-turut, kamu boleh memperpanjang waktu istirahatmu menjadi 15-30 menit. Mungkin kamu butuh makan untuk menambah asupan energi supaya belajar bisa lebih semangat lagi. Kamu bebas melakukan apa pun asal bisa lanjut mengerjakan tugas 15-30 menit yang akan datang. Gunakan waktu istirahatmu dengan baik ya!

Meningkatkan fokus saat belajar menggunakan teknik Pomodoro sangat direkomendasikan karena metodenya yang rapi. Yuk, atur waktumu dengan teknik Pomodoro untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal! (Karin/Djavatoday)

Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia, Calon Mahasiswa Harus Tahu!

Jalur masuk perguruan tinggi di Indonesia terdiri dari beberapa skema, tentunya dengan peluang lolos yang berbeda. Kamu yang bertekad melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi...

Rekomendasi Channel YouTube Edukasi, Bikin Kamu Lebih Pintar!

Rekomendasi channel YouTube edukasi bisa menjadi tips mudah untuk meningkatkan kepintaran kita, Sobat Djava. Mempelajari sesuatu memang tidak harus selalu saat di bangku sekolah...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya