Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Cara Menghafal yang Efektif untuk Pelajar dan Mahasiswa

Cara menghafal yang efektif merupakan teknik untuk bisa menghafal sesuatu dengan cepat dan mudah untuk diingat. Menghafal merupakan suatu upaya memproses data agar tetap meresap dan ingat dal pikiran. Bagi para pelajar dan mahasiswa, menghafal menjadi hal yang tak asing lagi. Bahkan dipelajaran atau mata kuliah tertentu, teknik menghafal sangatlah dibutuhkan.

Seperti mata kuliah manajemen, biologi, sejarah, dan masih banyak lagi. Selain dituntut untuk memahami, kamu juga harus mengingat hafalan dari mata kuliah tersebut.

4 Cara Menghafal yang Efektif

Baca juga:

Hafalan yang bersifat teoretis terkadang sulit untuk kita hafalkan. Namun, selalu ada cara untuk membuatnya lebih mudah. Yuk, simak 4 cara menghafal yang efektif berikut ini.

Mind Map

Mind map atau pemetaan pikiran merupakan suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia. Metode ini menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Mind map melibatkan visualisasi, imajinasi, dan kreativitas yang terhubung dengan alam bawah sadar sehingga membuat otak lebih mudah mengingat. 

Baca Juga: Terapkan Cara Mendidik Anak Seperti Ini di Era Digital

Cara menghafal yang efektif ini berguna terutama bagi kamu yang kesulitan dan merasa jenuh menghafal lewat tulisan karena terkesan monoton. Cobalah untuk membuat mind map menggunakan kombinasi warna dari alat tulis. Tulislah catatan penting di tiap pemetaan sesuai dengan apa yang kamu pahami tentang suatu materi.

Tulis Tangan

Kebanyakan pelajar atau mahasiswa memilih menghafal melalui tulisan yang telah diprint out atau fotocopy. Padahal, hal tersebut tidak begitu efektif. Cobalah untuk menulis materi tersebut secara konvensional, yakni menggunakan tangan dan pulpen. Dengan demikian, otak akan lebih terorganisasi dengan baik dan efektif merekam hal-hal yang kamu tulis tersebut. 

Rekam Penjelasan Guru/Dosen

Cara menghafal yang efektif berikutnya bisa ditempuh dengan merekam saat guru atau dosen sedang menjelaskan. Kamu bisa mendengarkan kembali rekaman itu dan teruslah ulang hingga kamu paham. Setelah itu, cobalah rekam penjelasanmu sendiri dengan kosakata dan bahasa pemahamanmu sendiri. Selain efektif untuk menghafal, teknik ini juga efektif untuk membuatmu lebih memahami materi yang sedang dipelajari.

Tulis Poin Penting Materi

Untuk lebih menguatkan ingatan dalam menghafal, cobalah tulis poin-poin penting dari materinya. Tulis beberapa kata kunci yang akan mengingatkanmu pada pembahasan materinya. Tulis pula istilah-istilah penting, akan lebih baik lagi jika kamu membuat kamus khusus dengan visualisasi yang menarik.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menghafal yang efektif. Coba praktikkan dan cara manakah yang paling cocok menurutmu? Hal lain yang tak kalah penting dalam menghafal adalah kamu harus memahami terlebih dahulu materinya. Jika kamu sudah paham meskipun sedikit, itu akan memudahkan otak untuk menghafal dan mengingat lebih lama. (Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU