Senin, Oktober 25, 2021

Cara Fokus Belajar di Rumah Aja yang Terbukti Ampuh

Hello good people. Belajar menjadi salah satu kegiatan wajib bagi setiap orang. Namun seringkali banyak yang tidak fokus karena banyaknya gangguan. Nah, ada cara fokus belajar yang dapat dilakukan ketika di rumah aja.

Setiap manusia merupakan pembelajar yang baik. Dalam kehidupan sehari-hari tidak luput dengan namanya belajar. Apalagi bagi siswa belajar merupakan hal yang wajib

Cara Fokus Belajar

Baca juga:

Ketika sedang belajar, seringkali fokus terhadap pelajaran hanya dapat bertahan selama beberapa menit. Tipe orang dalam belajar pun berbeda-beda. Ada yang suka mempelajari kembali materi yang dibahas di kelas, pempelajari materi yang akan dibahas besok, atau bahkan banyak pula belajar ketika ada tugas atau besoknya ujian.

Akan tetapi, belajar tersebut hanya dapat beberapa menit saja. Nah, lalu bagaimana agar fokus belajar? Ada cara fokus belajar di rumah yang ampuh dan bisa good people praktikkan.

Eliminasi Distraksi

Yang pertama adalah eliminasi distraksi. Eliminasi distraksi berarti jauhkan jangkauan dari benda benda yang dapat membuat fokus kamu hilap. Misalnya handphone, karena ketika sekali main handphone maka berhentinya akan lama.

Lalu bagaimana jika pembelajaran tersebut ada di handphone? Nah, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan. Pertama, matikan data seluler agar tidak akan distraksi dari notifikasi. Ketika mendapatkan notifikasi jari akan tergoda untuk membukanya.

Kedua, hapus aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan dan dianggap dapat mengganggu. Ketiga, jika data seluler kalian harus dinyalakan. Maka, matikan notifikasi aplikasi sosial media. Seperti whatsapp, instagram, twitter, dll yang dapat mendistraksi fokus belajar.

Aturan 4%

Sebagian besar mungkin baru baca mengenai aturan 4%. Lalu apa aturan 4%? Aturan 4% sendiri berarti menantang diri kita untuk mengerjakan sesuatu yang tingkat kesulitannya 4% di atas kemampuan kjta. Aturan 4% merupakan salah satu cara fokus belajar yang cukup ampuh.

Untuk yang belum paham, contohnya begini. Ketika belajar cobalah untuk mengerjakan soal yang cukup sulit. Karena itu akan menantang dan menstimulasi diri kalian untuk dapat baik level.

Jika cara fokus belajar ini masih bingung dilakukan dan kalian bingung menghitung berapa 4% itu. Contoh lainnya kalian dapat mengerjakan soal dengan jumlah lebih banyak dari sebelumnya. Jika kemarin mengerjakan 10 soal dalam 20 menit maka naikkan lah menjadi 15 soal dalam 20 menit.

Baca juga: Tips Produktif Belajar Daring Selama Pandemi di Rumah Aja

Memiliki Target yang Jelas

Berlari tanpa garis finish pasti akan membuat kita lelah, sama halnya dengan belajar. Dalam belajar kita harus menentukan target yang jelas. cara fokus belajar yang satu ini akan memberikan kepuasan tersendiri ketika target tersebut berhasil dicapai.

Target dalam belajar dapat secara bertahap. Tidak harus langsung menargetkan sesuatu yang besar. Misalnya, target belajar hari ini adalah mengerjakan semua soal yang ada di materi A. Besoknya lagi lebih meningkat, mengerjakan semua soal di materi B dan C.

Ketika kalian telah mencapai target itu maka akan ada kepuasan tersendiri di diri kalian. Dan itu akan menjadi motivasi dalam untuk terus fokus belajar.

Mindset “Tanggung”

Apa sih mindset tanggung itu? Pernahkah kalian membaca suatu cerita seperti novel atau menonton film series? Ketika membaca novel dalam setiap bab nya mengandung cerita yang membuat pembaca penasaran. Sehingga kalian tidak berhenti untuk membacanya. Sama hal nya dengan film series akan membuat kalian terus dan terus menonton tanpa henti.

Itulah yang terjadi jika kalian menanamkan mindset tanggung di kepala. Sama halnya dengan fokus belajar, mindset ini harus ditanamkan. Contohnya, kalian telah mengerjakan 10 soal, tapi kalian berpikir “tanggung nih 5 lagi selesai bab ini”. Maka, tentu saja kalian akan mengerjakan nya lagi.

Sehingga menanamkan mindset tanggung dapat menjadi salah satu cara fokus belajar yang cukup ampuh dan menyenangkan. Jika menanamkan mindset inipun, kalian hanya akan berhenti ketika tubuh merasa lelah.

Nah, itulah beberapa cara fokus belajar di rumah aja yang cukup ampuh. Belajar merupakan sesuatu yang menyenangkan dan harus dikerjakan dengan ikhlas. Sehingga akan menghasilkan buah yang manis. Stay Safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU