Selasa, Oktober 26, 2021

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula yang Mudah

Hello good people. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di berbagai belahan dunia. Untuk mempelajarinya dibutuhkan niat dan usaha yang teguh. Nah, ada cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang mudah dipelajari.

Bahasa Inggris termasuk bahasa yang wajib dipelajari. Apalagi bagi kita yang hidup di zaman globalisasi. Dimana akulturasi budaya terjadi di setiap wilayah. Meskipun kita tidak pergi ke luar negeri, bahasa Inggris tetap wajib dipelajari.

Cara Belajar Bahasa Inggris

Baca juga:

Mengapa bahasa Inggris wajib dipelajari? Apa urgensi dari belajar bahasa Inggris? Untuk menjawab pertanyaan itu kalian tentu harus tahu manfaat dan seberapa pentingnya bahasa Inggris.

Komunikasi merupakan kunci dari keselarasan dan kesepahaman. Contohnya, apabila ada turis menanyakan sesuatu kepada kita lantas apakah dijawab dengan menggunakan bahasa Indonesia? Tentu tidak. Karena turis belum tentu memahami apa yang kita ucapkan.

Maka dari itu, bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional yang digunakan untuk berkomunikasi antar negara. Jika ada pertanyaan mengapa tidak menggunakan handphone untuk menerjemahkan? Handphone dapat menjadi solusinya, namun, tentu akan lebih baik jika pertanyaan tersebut langsung dijawab sendiri.

Jika mempelajari bahasa Inggris sepenting itu, maka bagaimana cara belajar bahasa Inggris? Apalagi untuk pemula yang tidak tahu harus mulai dari mana. Nah, ada beberapa cara belajar yang cukup efektif untuk good people.

Vocab dan Frasa

Cara belajar bahasa Inggris yang pertama adalah pelajari vocab atau kosakata dan frasa. Ketika ingin belajar bahasa Inggris tentu saja kita harus paham banyak vocab dan frasa.

Ada jutaan bahkan milliar vocab dan tentu saja akan terasa sulit dihafal. Maka dari itu, kalian bisa cari di internet “Most common vocabulary in english” akan muncul beberapa vocab atau kata yang sering diucapkan sehari-hari.

Selain vocab, frasa atau kalimat juga wajib untuk dipahami. Lalu bagaimana dengan grammar? Grammar tidak terlalu penting dalam komunikasi. Karena dalam komunikasi yang diperlukan adalah frasa atau kalimat yang diucapkan dapat dipahami satu sama lain.

Baca juga: Cara Fokus Belajar di Rumah Aja yang Terbukti Ampuh

Listening

Mungkin ini sedikit klise, namun benar cara belajar bahasa Inggris adalah dengan listening atau mendengarkan. Biasakan lah telinga kalian untuk mendengarkan suara yang berbahasa Inggris.

Dalam hal itu, kita bisa menggunakan internet sebagai medianya. Contohnya, menonton film dengan subtitle Inggris, mendengarkan lagu, podcast, vlog orang luar negeri dan masih banyak lagi. Itu akan membantu kita dalam mempelajari bahasa Inggris dengan mudah.

Reading

Untuk menambah skill dan membuktikan bahwa kalian paham dengan vocab yang telah dipelajari. Maka, cara belajar selanjutnya adalah dengan membaca. Banyak bacaan yang dapat digunakan untuk latihan dalam belajar bahasa Inggris. Di antaranya, majalah, artikel, novel, mengubah pengaturan handphone menjadi bahasa Inggris, dan buku-buku mengenai cara belajar bahasa Inggris.

Dengan membiasakan membaca maka otak kalian akan menyimpan lebih banyak kosakata dan frasa bahasa Inggris. Bisa dimulai dengan hal yang disukai. Contohnya, dapat dimulai dengan membaca novel ataupun puisi berbahasa Inggris.

Speaking

Bisa karena terbiasa itu memang benar. Setelah mempelajari kosakata dan sebagainya maka adalah aksinya. Banyak faktor yang mempengaruhi sehingga kita takut berbicara bahasa Inggris. Salah satunya adalah karena takut salah.

Nah, karena masih belum berani berbicara bahasa Inggris dengan orang lain. Maka, coba terlebih dahulu dengan diri sendiri. Dapat berupa berbicara di depan cermin menggunakan bahasa Inggris. Itu akan mempermudah dan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Gunakan Teknologi

Teknologi yang semakin canggih tentu saja mempermudah dalam kehidupan sehari-hari. Nah, cara belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah dengan menggunakan teknologi. Banyak aplikasi-aplikasi yang dapat membantu dalam belajar bahasa Inggris.

Selain menggunakan aplikasi, dapat pula dengan mengakses web yang khusus untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Menulis blog atau cerita dalam bahasa Inggris di web sendiri ataupun di media sosial.

Nah, itulah beberapa cara belajar bahasa Inggris untuk pemula. Kemampuan berbahasa Inggris dapat terus meningkat apabila kalian menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah lancar bahasa Inggris kalian dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dengan mempelajari bahasa lainnya. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU