Rabu, Oktober 27, 2021

Beasiswa LPDP 2021 Tahap 2 dibuka Per 1 Agustus

Hello good people. Beasiswa LPDP 2021 gelombang dua sudah dibuka per tanggal 1 Agustus 2021. Untuk itu, catat tanggal penting lainnya jangan sampai ketinggalan.

Setelah penutupan pendaftaran beasiswa LPDP tahap 1 pada tanggal
Beasiswa LPDP 2021 4 Juni 2021, kini per tanggal 1 Agustus telah dibuka untuk tahap 2. Pendaftaran tahap 1 ataupun 2 diperuntukkan untuk pendaftar yang sudah atau belum memiliki LoA Unconditional.

Beasiswa LPDP 2021

Baca juga:

Sebagian mahasiswa atau siswa di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan beasiswa yang satu ini. Banyak alumni-alumni dari penerima beasiswa LPDP yang menjadi manusia hebat. Apakah good people juga ingin menjadi salah satunya?

Apa itu Beasiswa LPDP?

Beasiswa LPDP yaitu beasiswa yang dikelola langsung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP ini menyelenggarakan program S2 dan S3 di dalam ataupun luar negeri. Program beasiswa ini bertujuan untuk mempersiapkan pemimpin yang hebat dan profesional untuk Indonesia di masa depan.

Ada 3 jalur untuk mendapatkan beasiswa LPDP 2021. Yaitu Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, Beasiswa Umum.

Beasiswa afirmasi adalah beasiswa yang diperuntukkan untuk mahasiswa dari keluarga prasejahtera, mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus/difabel dan yang bertempat tinggal di wilayah daerah afirmasi.

Program beasiswa LPDP 2021 selanjutnya adalah Beasiswa Targeted. dibagian ini dibagi menjadi dua, yaitu beasiswa PNS, POLRI dan TNI serta beasiswa kewirausahaan. Untuk yang pertama adalah beasiswa yang diberikan kepada pendaftar yang berprofesi sebagai PNS, POLRI atau TNI. Sedangkan untuk yang kedua diperuntukkan untuk warga negara Indonesia yang bergerak di bidang kewirausahaan atau entrepreneurship.

Beasiswa reguler adalah beasiswa umum yang diberikan kepada warga negara Indonesia untuk pendidikan S2 atau S3.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula yang Mudah

Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP 2021

Banyak yang bilang untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini sangat sulit. Namun, itu tentu pasti akan sulit jika tidak dimulai dengan langkah pertama. Dan langkah pertama untuk mendapatkan beasiswa ini adalah dengan mendaftarkan diri. Lalu apa saja syarat yang diperlukan untuk mendaftar?

Syarat untuk mendaftar beasiswa LPDP berbeda-beda, tergantung pada program mana atau jalur mana yang akan kalian tempuh. Namun, secara garis besar banyak syarat yang harus dimiliki dari berbagai jalur. Di antaranya:


1. Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
2. Telah menyelesaikan pendidikan D4 atau S1 untuk program beasiswa S2. Telah menyelesaikan pendidikan S2 untuk program beasiswa S3.
3. Tidak sedang menempuh studi Magister untuk S2, dan doktor untuk tujuan program S3.
4. Melampirkan surat dari akademisi
5. Memilih Perguruan tinggi sesuai dengan LPDP.
6. Mengisi profil pada formulir pendaftaran.
7. Menulis pernyataan pribadi atau personal statement.
8. Menulis komitmen untuk akan kembali ke Indonesia dan berkontribusi setelah studi.
9. Menulis penelitian, ditujukan khusus untuk pendaftar program doktor.

Nah, sembilan poin di atas merupakan persyaratan umum untuk dapat mendaftar beasiswa LPDP 2021. Adapun persyaratan khusus lainnya dapat langsung dilihat di web resmi Beasiswa LPDP.

Selain persyaratan diatas masih banyak dokumen yang diperlukan untuk dapat mendaftar beasiswa LPDP. Apalagi untuk pendaftar program beasiswa luar negeri. Good people tentu harus dapat berbahasa  Inggris khususnya bahasa negara yang akan dituju.

Nah, itulah beberapa hal mengenai beasiswa LPDP 2021. Semoga good people dapat mendapatkan beasiswa ini. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berusaha. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU