Selasa, Oktober 26, 2021

Aplikasi Baca Novel Gratis untuk Mengisi Libur Sekolah

Hello good people. Aplikasi baca novel gratis memang sangat menggiurkan. Apalagi bagi kalian yang suka membaca terutama novel. Tentu banyak aplikasi baca yang dapat kita download di playstore atau AppStore.

Tapi, banyak dari aplikasi baca tersebut memerlukan akun yang premium alias berbayar. Namun, adapula aplikasi yang gratis dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Aplikasi Baca Novel Gratis

Baca juga:

Banyak yang menjual e-book dengan harga murah bahkan Rp. 5 ribu kalian dapat hampir 10 e-book. Padahal e-book yang dijual resmi biasanya dibandrol dengan harga sekitar 60% dari buku cetak. Apalagi dengan e-book yang dibagikan via WhatsApp atau aplikasi lainnya. E-book tersebut dapat dipastikan ilegal alias bajakan.

Namun, tidak perlu khawatir untuk kalian yang ingin baca e-book resmi dan gratis.Ada beberapa aplikasi baca novel gratis yang dapat diakses siapa saja. Dan sangat rekomendasi untuk para good people.

iPusnas

iPusnas atau E-Pustaka Nasional merupakan aplikasi resmi dari Perpustakaan Nasional Indonesia. Aplikasi ini cocok untuk kalian yang suka membaca novel. Karena banyak e-book yang disediakan di aplikasi ini.

Tidak hanya novel, banyak e-book lain dengan berbagai kategori. Adapun kategori yang dapat dipilih di antaranya, agama, budaya, anak, arsitektur, bahasa, bisnis, cerpen, drama, entrepreneur, hukum, fiksi, non fiksi, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini seratus persen tidak berbayar.

Untuk dapat mengakses aplikasi baca novel gratis ini pun sangat mudah. Kalian hanya perlu download aplikasi ipusnas di PlayStore atau AppStore. Setelah terdownload, terlebih dahulu harus membuat akun. Kalian dapat menghubungkan akun kalian dengan Facebook ataupun email.

Dalam satu hari satu akun bisa meminjam sampai dengan lima e-book. Banyak novel bestseller karya penulis terkenal yang dicari oleh para pecinta buku. Namun, tidak jarang stok e-book tersebut kosong dan harus mengantri terlebih dahulu. Tapi jangan takut terlewat karena akan ada notifikasi pada handphone kalian ketika e-book sudah tersedia.

Wattpad

Pada remaja tentu tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Sering sekali disebut dengan dunia orange, karena ikon aplikasinya lah berwarna orange. Wattpad merupakan aplikasi baca novel gratis yang banyak di download oleh berbagai kalangan.

Telah didownload sebanyak seratus juta kali dan memiliki rating 4,1 dari 5. Aplikasi ini tidak terlalu berat karena ketika pertama download hanya membutuhkan ruang sebanyak 17 MB. Aplikasi ini pun selalu dapat diakses secara offline.

Selain membaca novel, dalam aplikasi ini pun para pemilik akun dapat menulis cerita. Karena wattpad sendiri merupakan plafrom online baca dan tulis yang memiliki banyak pengguna. Setiap cerita atau novel yang ada merupakan karya dari para pengguna wattpad.

Dalam penggunaan nya menyimpan cerita secara offline pada aplikasi ini. Sehingga tidak akan menguras banyak kuota internet. Meskipun sekarang terdapat akun premium pada wattpad namun sebagian besar cerita dapat diakses secara gratis.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bosan Belajar Daring di Rumah

Candil

Ketika mendengar kata candil yang terbayang adalah makanan manis yang sering dijumpai ketika ramadan. Tapi kali ini candil merupakan aplikasi baca novel gratis yang disediakan oleh perpustakaan Jawa Barat. Candil merupakan singkatan dari “Maca dina Digital Library” Atau dapat diartikan membaca di perpustakaan digital.

Mengakses candil sangat mudah. Sama halnya seperti ipusnas. Hanya perlu membuat akun dan setelah itu dapat mengakses keseluruhan aplikasi. Selain untuk pecinta novel, candil juga dapat dijadikan referensi kepada mahasiswa yang sedang skripsi. Karena banyak e-book mengenai keilmuan yang dapat diakses dengan mudah.

Meskipun belum terlalu familiar, namun candil telah didownload sebanyak sepuluh ribu kali. Aplikasi candil ini hanya membutuhkan ruang sebanyak 11 MB saja. Sehingga cocok untuk handphone yang memiliki kapasitas ruang yang rendah.

Nah, itu beberapa aplikasi baca novel gratis untuk kalian pecinta novel. Dengan membaca novel ataupun cerita fiksi kita turut meningkatkan angka literasi Indonesia. Sehingga membaca apapun, dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun merupakan langkah awal dari suatu bangsa. Karena para penerus bangsa haruslah memiliki kecerdasan untuk menentukan langkah berikutnya. Stay safe.

Pas/Djavatoday

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU