Minggu, Juli 14, 2024

5 Tips saat Ospek Kuliah, Maba Harus Tahu!

Tips saat ospek kuliah berikut ini akan membantumu menjalankan ospek dengan baik. Ospek atau masa orientasi juga dikenal sebagai masa pengenalan lingkungan sekolah. Kegiatan ospek merupakan hal wajib yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa baru yang dinyatakan lolos seleksi masuk perguruan tinggi.

Meskipun kamu sudah punya pengalaman ketika ospek di SMP dan SMA, kamu tetap perlu mempersiapkan ospek kuliah karena sedikit banyaknya pasti ada perbedaan. Beberapa kampus bahkan mempunyai kriteria penilaian yang akan menentukan kelulusan ospek. Jika kamu tidak lulus maka kamu harus mengikutinya tahun depan bersama maba selanjutnya.

Tips saat Ospek Kuliah yang Harus Kamu Perhatikan

Berikut tips saat ospek kuliah yang bisa mulai kamu persiapkan.

Catat jadwal kegiatan ospek kampus

Tips saat ospek kuliah yang paling penting yaitu memperhatikan jadwal kegiatan. Mencatat jadwal ospek akan membuat kamu mudah ingat kapan ospek akan kamu laksanakan. Dengan begitu maka kamu akan mempunyai banyak waktu untuk mempersiapkan ospek.

Tandai tanggal-tanggal penting yang mengharuskanmu pergi ke kampus. Rangkaian ospek tiap kampus mungkin berbeda-beda. Kamu perlu teliti agar tidak ada satu pun kegiatan ospek yang kamu lewatkan.

Persiapkan mental

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ospek merupakan ajang untuk melatih kedisiplinan mahasiswa. Meski tidak sekeras zaman dulu, kamu tetap harus mempersiapkan mental dan fisik kamu. Apalagi kamu akan masuk ke dalam lingkungan baru yang sebelumnya belum pernah kamu rasakan.

Kehidupan kampus satu tingkat lebih keras dari kehidupan saat kamu sekolah. Pastikan mentalmu bisa menjalani kegiatan ini dengan baik agar kamu juga bisa bertahan di kehidupan kuliah yang cenderung lebih keras.

Persiapkan persyaratan ospek

Tips saat ospek kuliah yang berikutnya yaitu mempersiapkan persyaratan yang harus kamu bawa ketika ospek. Sama halnya dengan ospek SMP dan SMA, ospek kuliah juga terkadang mengharuskan kamu membawa barang. Nah untuk itulah kamu perlu mempersiapkannya agar tidak ada yang tertinggal. Biasanya jika ada barang yang tertinggal maka kamu akan mendapat hukuman.

Untuk kalian yang merantau, kalian harus belajar mandiri dalam mempersiapkan kebutuhan kuliah. Buatlah diri kalian terbiasa melakukannya sendiri tanpa meminta bantuan kepada orangtua. Selain barang, kamu juga perlu memperhatikan dresscode yang harus kamu gunakan, ya.

Aktif berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan ospek

Menjadi mahasiswa harus berani dan aktif. Latihlah dirimu untuk selalu aktif dalam berbagai kegiatan. Hal ini nantinya akan membentuk diri yang berani dan tidak mudah ciut. Biarkan dirimu mencoba berbagai hal baru. Dengan begitu maka kamu akan semakin terbiasa dalam melakukannya.

Sudah tidak zaman menjadi mahasiswa yang hanya sekadar kuliah pulang – kuliah pulang. Kamu harus bisa memanfaatkan privilage yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi mahasiswa. Perbanyaklah pengalaman dan pengetahuan yang nantinya akan menjadi bekal untuk kehidupan di luar kampus yang jauh lebih keras.

Sebisa mungkin jangan lakukan kesalahan

Tips saat ospek kuliah yang terakhir yaitu dengan tidak melakukan kesalahan sekecil apapun. Maba yang melakukan kesalahan akan diberi hukuman yang bermacam-macam. Apapun hukuman yang diberikan pasti akan membuatmu malu karena dilihat oleh teman yang lain. Selain itu, ini juga akan menimbulkan kesan tidak baik karena kamu terlihat tidak disiplin.

Itulah beberapa tips saat ospek kuliah yang wajib kamu perhatikan agar kegiatan ospekmu berjalan dengan lancar. Semangat dalam menjalani ospek! (Ume/Djavatoday).

5 Persiapan yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengawali Semester Baru

Mengawali semester baru merupakan tahap awal yang harus kamu siapkan dengan matang supaya pembelajaranmu lebih terarah. Saat menikmati libur semester yang cukup lama, cobalah...

Gelar Karya P5 SDN 4 Kertasari Ciamis, Tumbuhkan Kompetensi Peserta Didik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SDN 4 Kertasari, Kabupaten Ciamis, menyelenggarakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di lapangan upacara sekolah, Selasa (25/6/2024). Dalam gelar...

5 Keunggulan Perguruan Tinggi Swasta, Tak Kalah Saing dengan Universitas Negeri

Keunggulan perguruan tinggi swasta juga bisa menjadi daya tariknya tersendiri. Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya saat ini banyak universitas swasta yang berkualitas bagus....

Rekomendasi Beasiswa Kuliah S2 Luar Negeri Tanpa Batas Umur!

Rekomendasi beasiswa kuliah S2 ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kuliah memang menjadi kebutuhan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya