spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

5 Tips Fokus Belajar yang Jarang Kamu Ketahui

Tips fokus belajar menjadi hal yang biasanya banyak pelajar dan mahasiswa cari. Sebagai seseorang yang tengah mengemban ilmu, belajar telah menjadi ‘makanan’ sehari-hari. Masalahnya, masih banyak pelajar maupun mahasiswa yang kesulitan untuk tetap fokus saat belajar. Terutama di tengah gempuran media sosial yang merajalela seperti sekarang ini.

Ada banyak cara yang bisa Sobat Djava lakukan ketika kehilangan fokus saat mempelajari suatu materi. Ada yang harus meninggalkan kegiatan belajarnya terlebih dahulu untuk bisa kembali fokus lagi. Namun ada pula yang memaksakan diri tetap belajar meski pikiran sudah melanglang buana kesana-kemari. Namun, dari sekian banyaknya cara dan tips, masih ada beberapa tips ampuh lain untuk menjaga fokus saat belajar, lho. 

5 Tips Fokus Belajar, Simak!

Berikut 5 tips fokus belajar yang jarang orang ketahui. 

Memberi Self-reward saat Mencapai Keberhasilan

Tips fokus belajar yang pertama adalah dengan memberikan self-reward atau hadiah untuk diri sendiri saat mencapai keberhasilan. Banyak di antara pelajar ataupun mahasiswa yang kehilangan fokusnya saat mempelajari suatu bahasan. Menjanjikan reward pada diri sendiri saat berhasil memahami materi atau mendapat nilai bagus saat ujian bisa memunculkan semangat baru. Kamu akan merasa lebih tertantang untuk bisa berhasil dalam belajar.

Baca Juga: 5 Jenis Permainan Edukatif Agar Belajar Jadi Lebih Menyenangkan

Hadiah atau reward ini berperan sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Yang telah berjuang keras memahami dan menuntaskan tugas belajar. Hadiahnya tak perlu bernilai rupiah yang tinggi. Kamu bisa menjanjikan membeli barang yang kamu inginkan, mengunjungi suatu tempat yang nyaman, ataupun me time sebagai reward-nya.

Buatlah Daftar Prioritas

Tips fokus belajar yang kedua adalah dengan membuat daftar prioritas. Pernahkah Sobat Djava merasa frustasi dan tak fokus karena ada banyak tugas atau pekerjaan yang belum selesai? Banyaknya tugas yang menumpuk memang berpengaruh terhadap pikiran dan memunculkan sugesti lelah sebelum melakukannya. Pikiran pun terpecah dan otak akan sulit memproses suatu hal karena hal lain terus membayangi.

Oleh karena itu, cobalah membuat daftar prioritas agar kegiatan mu jelas, terarah, dan tersusun dengan baik. Urutkan beberapa kegiatan, tugas, atau materi yang harus kamu pelajari. Mulai urutkan dari yang urgent atau mendekati tenggat pengumpulan tugas hingga ke tugas atau materi yang bisa kamu ‘nomorduakan’.

Tips Anti Malas Ala Maudy Ayunda, Biar Makin Rajin!

Tips anti malas merupakan sebuah hal penting untuk menghilangkan rasa malas yang kadang membelenggu. Semua orang pasti pernah merasakan malas, entah itu malas bekerja...

Tips Belajar Bahasa Jepang secara Mandiri untuk Pemula

Tips belajar bahasa Jepang kali ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang ingin kuliah di Negeri Sakura.  Untuk kamu yang ingin menguasai bahasa...

Tips Nilai Tinggi Tapi Tetap Santai untuk Pelajar

Tips nilai tinggi tentunya sangat dicari oleh rekan-rekan yang masih menempuh pendidikan. Bagi kamu yang ingin mempunyai nilai bagus tapi nggak ingin ribet, tips...

Cara Ampuh Mempertajam Daya Ingat untuk yang Mudah Lupa

Mempertajam daya ingat memang sudah seharusnya kamu lakukan agar ingatanmu dapat bekerja secara optimal. Terutama untuk usia produktif yang sudah memiliki banyak kegiatan. Tak...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya