Sabtu, April 20, 2024

5 Manfaat Banyak Bertanya di Kelas Bagi Pelajar

Banyak bertanya di kelas, apakah penting dan manfaat? Tentu saja. Kamu akan mendapatkan beberapa dampak positif setelah melakukannya. Baik segi nilai maupun dalam kegiatan belajar. Banyak sekali momen yang dapat dijadikan peluang untuk kamu bertanya di kelas. Contohnya saat presentasi, sesi materi, dan pembahasan soal.

Menjadi seorang pelajar yang mudah mengerti pasti sangatlah menyenangkan. Sebab hanya orang-orang rajin yang hidup di atas keberuntungan. Namun, tidak ada gunanya mendambakan anugerah jika diri ini malas memperjuangkannya. Kamu harus mengawalinya dengan kemauan dan kemampuan dirimu sendiri. Keluar dari zona nyaman dan mulailah berburu kesempatan.

Banyak Bertanya di Kelas, Ini Manfaatnya

Rasanya kurang afdal kalau hanya menjadi pelajar yang mengikuti alur tanpa mau menciptakan suasananya sendiri. Berikut merupakan banyaknya manfaat ketika kamu aktif dalam kegiatan intrakurikuler.

Mendapatkan nilai tambahan

Ibarat kata memperoleh bonus di kelas. Bukan cuma yang pandai menjawab saja, biasanya yang gemar bertanya pun akan mendapatkan poin plus dari sang guru. Tidak memandang sudah sampai mana seorang murid mengerti, melainkan keaktifannya dalam belajar. Bertanya di kelas akan mendatangkan secercah harapan di lembar nilai yang tidak boleh kamu sepelekan. Jadi jangan salah, sob! Ini adalah salah satu upaya mendapatkan nilai tambahan yang bisa kamu coba dari sekarang.

Semakin banyak peluang untuk paham

Banyak bertanya di kelas tidak akan membuatmu terlihat bodoh, justru sebaliknya. Tidak usah ragu untuk bertanya ketika kamu belum mengerti apa yang sedang gurumu ajarkan. Semakin banyak bertanya, maka semakin banyak pula peluang kamu untuk memahaminya. Jangan khawatir teman-temanmu merasa terganggu. Mereka juga pasti menginginkan penjelasan yang lebih rinci, hanya saja enggan untuk bertanya. 

Melatih keberanian

Kapan pun dan di mana pun, berbicara dengan disaksikan banyak pasang mata atau didengarkan banyak telinga bukanlah hal yang sepele. Belum tentu teman-temanmu berani mengacungkan tangan saat atmosfer kelas sedang tidak bisa diajak santai. Mungkin kedengarannya gampang karena sekadar berbicara. Tapi jauh dari itu, kamu harus memikirkan apakah pertanyaanmu bermutu dan cukup menarik perhatian sang guru atau tidak. 

Lebih dekat dengan guru

Percayalah, seorang guru akan merasa senang jika muridnya banyak bertanya. Pun mereka lebih suka ketika kamu penasaran daripada pura-pura mengerti. Bila perlu, berinisiatif sebelum ditawarkan. Selagi pertanyaanmu tidak melantur, gurumu tentu akan senang hati menanggapinya. Namamu juga pasti akan diingat karena sering berinteraksi dengannya. 

Membiasakan diri untuk tidak mengabaikan materi

Banyak bertanya di kelas membawa pengaruh yang baik. Secara tidak langsung kamu sangat mementingkan materi yang sedang dipelajari. Rutinitas yang dulu abai dengan pelajaran akan tergantikan dengan rasa penasaran pada saat otakmu tidak berhasil mencerna contoh maupun pembahasan soal di papan tulis.

Itu dia 5 manfaat banyak bertanya di kelas. Semoga cukup memotivasi kamu untuk sering-sering bertanya saat kelas dimulai. Ingat kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Walaupun nggak lagi di jalan, jangan ragu untuk bertanya. (Karin/Djavatoday)

Gunakan Teknik Pomodoro untuk Meningkatkan Fokus Saat Belajar

Meningkatkan fokus saat belajar memang bukan hal mudah bagi kebanyakan orang. Sebagai seorang siswa, belajar merupakan kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Bisa belajar dengan...

5 Rekomendasi Tema Buku Tahunan yang Unik dan Antimainstream

Rekomendasi tema buku tahunan kali ini bisa kamu jadikan sebagai referensi, loh. Setiap angkatan yang akan lulus biasanya mempunyai buku tahunan sebagai kenang-kenangan. Melihat...

Rekomendasi Jurusan Kuliah Buat Kamu yang Gemar Membaca

Rekomendasi jurusan kuliah ini cocok banget buat kamu yang suka sekali membaca! Eits, jangan salah! Membaca bukan semata-mata keisengan yang nggak terlalu penting untuk...

Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative

Artikel ini berisi tentang Penerapan Model KWL dalam Pembelajaran Membaca Teks Narrative di SMP. Sebelum lebih lanjut membahas tentang penerapan Model KWL dalam pembelajaran...

Terpopuler

Lainnya