Rabu, Oktober 27, 2021

Goa Cilalay Pangandaran, Bisa Body Rafting dan Menikmati Keindahan Goa

Goa Cilalay Pangandaran menjadi penambah destinasi wisata menarik di Pangandaran. Selain terkenal dengan pantai dan Green Canyon-nya yang tidak pernah sepi pengunjung, Kabupaten Pangandaran juga memiliki wisata goa, lho. Objek wisata yang menyuguhkan keindahan goa yang dialiri sungai jernih ini memang terbilang masih baru. Namun, pesonanya sudah mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Ingin tahu bagaimana pesona dan daya tarik Goa Cilalay Pangandaran? Simak artikel ini selengkapnya, ya Sobat Djava!

Tentang Goa Cilalay Pangandaran

Baca juga:

Objek wisata Goa Cilalay Pangandaran ini terbilang masih baru karena baru dibuka untuk umum pada 6 Juni 2019 lalu. Pengelolaan objek wisata ini juga dilakukan oleh organisasi Karang Taruna setempat dibantu oleh pihak Perhutani. Hal tersebut karena goa ini termasuk ke dalam lahan pengelolaan Perhutani. Pihak Perhutani juga telah melakukan MoU dengan warga yang difasilitasi oleh Karang Taruna.

Daya Tarik Goa Cilalay Pangandaran

Keindahan Goa Cilalay merupakan daya tarik utama objek wisata ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan dalam goa berupa stalaktit yang begitu kokohnya. Uniknya, goa ini dialiri oleh air yang jernih dan berwarna kebiruan. Ikan kecil dan bebatuan yang ada dalam air pun bisa terlihat jelas.

Pihak pengelola membendung aliran sungai dalam goa sehingga membentuk sebuah telaga. Air yang jernih kebiruan dan udara yang sejuknya serta kokohnya goa tentu menarik banyak wisatawan. Sudah banyak wisatawan lokal maupun asing yang menyusuri keindahan Goa Cilalay Pangandaran ini. Di mulut goa ada batu besar dna tinggi yang biasanya dijadikan tempat untuk melompat ke telaga yang jernih kebiruan dibawahnya.

Body Rafting dan Aktivitas Lain di Goa Cilalay

Selain menikmati alamnya yang asri dan pesona keindahan goanya, ada beberapa aktivitas lain yang bisa Anda lakukan. Anda bisa berendam dalam birunya air, berenang sembari menyusuri sungai dan goa, hammocking, dan camping. Di Goa Cilalay ini juga disediakan area untuk camping dan makan bersama. Bermain air di sungai yang membentuk telaga di mulut goa juga menjadi keasyikan yang sering dilakukan para wisatawan.

Yang paling menarik adalah Anda bisa melakukan body rafting untuk menyusuri keindahan goa. Anda bisa melakukan body rafting sepanjang 500 meter, lho. Ada tour guide juga yang akan menuntun wisatawan dan menjelaskan sejarah mengenai goa yang indah itu. (Hal 2..)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU