Kamis, Juni 13, 2024

5 Tips Belajar Gitar Secara Otodidak, Mudah dan Cepat Bisa

Tips belajar gitar sendiri akan sangat membantu buat kamu yang sedang belajar memainkan alat musik ini secara otodidak. Memainkan gitar memang memerlukan keterampilan khusus, namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. 

Gitar merupakan salah satu alat musik paling terkenal dan hampir menjadi bagian utama dari sebuah lagu. Orang yang memainkan gitar disebut dengan gitaris. Gak banyak orang bisa memainkan gitar, loh. Tapi kalau kamu mau belajar memainkannya, kamu perlu tahu tips di bawah ini.

Tips Belajar Gitar dengan Otodidak

Berikut tips belajar gitar secara otodidak dengan mudah dan cepat bisa. Yuk simak!

Pahami kunci dasar

Tips belajar gitar yang pertama yaitu dengan mempelajari kunci dasar gitar. Gitar memiliki 6 senar dengan ketebalan yang berbeda-beda. Perbedaan ketebalan senar inilah yang dapat menghasilkan bunyi yang beragam.

Tak hanya bergantung pada senar, suara gitar juga bergantung pada jenis gitar itu sendiri yakni akustik dan elektrik. Meski begitu, keduanya memiliki kunci dasar gitar yang sama. Kunci gitar terdiri dari 10 macam yaitu A, Am, B, C, D, Dm, E, Em, F, dan G.

Pegang gitar dengan benar

Bagi pemula yang belum pernah memetik gitar, mungkin dia akan kesusahan dalam memegang gitar. Maka dari itu carilah posisi yang nyaman untuk memegang gitar. Pastikan posisi tangan dan jarimu tidak kaku untuk digerakkan.

Agar lebih mudah dalam belajar sebaiknya kamu memainkan gitar sambil duduk. Letakkan gitar di atas pangkuanmu. Duduklah dengan punggung yang tegak dan pegang ujung senar gitar dengan tangan utama. Kamu bisa mengontrol ketinggian posisi gitar menggunakan bantuan paha.

Pelajari tuning gitar

Tips belajar gitar yang berikutnya yaitu mempelajari cara tuning gitar. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu dengan memahami nama-nama senar. Umumnya urutan senar gitar adalah E, A, D, G, B, dan E.

Aturlah tune senar pada bagian tuner di ujung gitar. Untuk nada yang tinggi kamu bisa mengencangkan senarnya. Sebaliknya, untuk nada rendah maka kamu bisa melonggarkannya sesuai keinginanmu.

Belajar memetik gitar

Setelah memahami tips-tips sebelumnya maka kamu perlu mempraktikkannya yaitu dengan memetik senar. Gunakanlah kelima jarimu dengan posisi ibu jari diletakkan di senar paling atas untuk memetik bas nomor 6, 5, atau 4. Sementara itu, gunakan jari telunjuk untuk memetik nomor 2 dan jari manis untuk memetik senar nomor 1.

Pilih lagu yang mudah

Tips belajar gitar yang terakhirnya yaitu dengan mengeksekusinya lewat sebuah lagu. Pilihlah lagu yang memiliki kunci gitar yang mudah. Kamu bisa mencarinya di Google atau YouTube. Mainkan lagu tersebut secara perlahan. Biarkan jarimu memetik sekaligus menghafal kunci dasar gitar sampai kamu lebih terbiasa memainkannya.

Demikianlah tips belajar gitar secara otodidak yang bisa kamu lakukan tanpa les musik. Belajarlah secara rutin dan kontinyu agar kemampuan bermain gitarmu makin bagus. (Ume/Djavatoday)

5 Jenis Genre Musik yang Paling Sering Orang Indonesia Dengarkan

Jenis genre musik sebenarnya ada banyak sekali, loh. Setiap negara biasanya memiliki ciri khas dalam bermusik termasuk jenis genrenya. Nah pada artikel kali ini...

Tips Memilih Lipstik yang Aman dan Sesuai Kebutuhan

Sobat Djava, Lipstik adalah salah satu produk kecantikan yang paling populer dan digunakan oleh banyak orang untuk memberikan warna dan definisi pada bibir. Namun,...

5 Tips Berkebun di Rumah, Cocok untuk Pemula

Tips berkebun di rumah pada artikel kali ini cocok banget buat jadi patokan bagi kalian yang baru mau mulai berkebun. Kegiatan berkebun memiliki banyak...

Keunikan Alat Musik Kolotik Khas Ciamis yang Mendunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman. Termasuk alat musik tradisonal khas daerahnya yang mendunia. Salah satunya adalah alat musik kolotik dari Ciamis yang begitu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya