Selasa, Juni 25, 2024

Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat Untuk Kariermu

Bagi kamu yang fresh graduate, pada awalnya mungkin kamu merasa bingung saat pertama kali mencari pekerjaan. Dan seperti kebanyakan orang, kamu juga tidak hanya melamar di satu perusahaan saja, melainkan membuat lamaran ke beberapa perusahaan di waktu yang bersamaan. Jika seperti ini, bagaimana tips memilih pekerjaan yang tepat untuk masa depanmu?

Bagi kamu yang fresh graduate, kamu harus cermat memilih sebuah pekerjaan. Berikut kami sajikan beberapa tipsnya :

5 Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat

  • Pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan

Memilih pekerjaan memang harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Jika kamu memilih pekerjaan secara acak dan hanya berdasarkan keinginan, jangan kaget kalau pada akhirnya kamu akan kewalahan dengan jobdesk yang diberikan.

Memilih pekerjaan berdasarkan kemampuan merupakan hal yang sangat penting karena ini dapat membuat kamu bekerja dengan nyaman dalam kurun waktu yang lama.

  • Sesuai dengan passion atau kamu menguasai bidang pekerjaannya

Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu sendiri. Jika kamu melakukan hal itu, kamu akan bahagia menjalani pekerjaanmu.

Jika memang pekerjaannya tidak sesuai passion, setidaknya kamu menguasai bidang pekerjaan tersebut. Dengan begitu, pekerjaan yang kamu jalani tidak akan menjadi beban bagi dirimu sendiri.

  • Cermat memilih lowongan pekerjaan

Ketika ada lowongan pekerjaan, jangan terlalu terburu-buru untuk melamar. Cermati setiap lowongan kerja yang kamu ketahui. Apakah pekerjaanmu sesuai dengan kriteriamu atau tidak? Apakah kemampuanmu cukup mumpuni atau tidak?

Penting juga untuk memikirkan jarak dari rumahmu ke perusahaan, gaji yang ditawarkan, sistem dan peraturan kerja yang ada disana. Hal ini semata-mata agar kamu tidak terjebak dalam perusahaan yang salah.

Baca juga : Siapkan 8 Hal Ini Saat Pertama Kali Bekerja
  • Bukan gaji yang utama, melainkan pengalaman yang akan kamu dapat

Kisaran gaji memang menjadi pertimbangan sendiri bagi dirimu, namun itu bukanlah hal yang utama. Sebagai fresh graduate kamu lebih membutuhkan pengalaman, agar kamu menjadi seseorang yang berkualitas dan memiliki banyak keahlian di masa yang akan datang.

  • Jangan ikut-ikutan teman

Jika temanmu memilih suatu pekerjaan, kamu jangan ikut-ikutan untuk memilih juga pekerjaan tersebut. Setiap orang memiliki passion dan keahlian yang berbeda-beda. Pilihlah pekerjaan yang memang kamu inginkan. Dengan memilih pekerjaan yang sesuai, kamu akan dengan mudah mengembangkan kariermu di masa depan. (Willy/Djavatoday)

3 Doa untuk Ibu Hamil dalam Agama Islam Lengkap dengan Artinya

Doa untuk ibu hamil diperlukan agar kondisi ibu dan janin bisa baik-baik saja sampai nanti melahirkan. Apalagi kita sebagai umat beragama yang tentunya harus...

Rekomendasi Outfit Nonton Konser Musik agar Terlihat Kece dan Stylish

Rekomendasi outfit nonton konser kali ada banyak sekali, loh. Nantinya kamu bisa memilih outfit mana yang cocok untuk acara konser. Konser musik juga memiliki...

5 Tips Packing Baju di Koper Agar Hemat Ruang dan Tak Mudah Kusut

Tips packing baju berikut ini akan memudahkan kamu dalam menata pakaian agar tetap rapi dan mudah dicari. Supaya tidak berantakan, kamu harus mengetahui tips...

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya