Jumat, Mei 24, 2024

Resep Ketupat Lebaran yang Empuk dan Nikmat

Resep ketupat lebaran ini siap memanjakan lidah sekaligus bikin perut kenyang supaya kamu tidak tampak lemas di hadapan para tamu yang akan datang. Makanan dari beras yang dibungkus anyaman daun kelapa muda adalah hidangan khas lebaran yang pasti ada setiap tahun. Tapi kamu tahu nggak sih, kalau ketupat bukan hanya tradisi makanan biasa? Ketupat mempunyai makna dibalik namanya yang bisa juga disebut kupat, yang di mana merupakan simbolisasi ungkapan dari bahasa Jawa yang berbunyi ngaku lepat atau dalam bahasa Indonesia berarti mengakui kesalahan. Itulah sebabnya kenapa ketupat menjadi ciri khas hari raya yang identik dengan momen umat muslim saling bermaaf-maafan.

Resep ketupat lebaran ini gampang banget diikuti! Yuk coba buat di rumah untuk menyambut hari raya yang telah lama dinanti! Disajikan bareng opor ayam, rendang, atau semur daging, lalu dimakan setelah salat ied dan juga dinikmati bersama keluarga. Mantapnya bikin lebaran kamu punya makna seru dan menyenangkan yang akan selalu membekas!

Resep Ketupat Lebaran, Simpel dan Anti Gagal

Meskipun prosesnya membutuhkan waktu yang lama, dari membuat hingga menunggunya matang, ketupat yang dibuat oleh tangan sendiri tentu lebih nikmat dan istimewa. Apabila tertarik untuk membuatnya, kamu bisa mengikuti resep ketupat lebaran di bawah ini. Caranya mudah dan sederhana, tapi teksturnya empuk dan rasanya gurih!

Bahan-bahan

500 gram beras pulen 

Anyaman ketupat

Air untuk merebus

1 sendok makan kaldu ayam

Cara membuat

Cuci beras sampai bersih dengan air mengalir.

Siapkan wadah yang sudah diisi air bersih, rendam beras yang sudah dicuci tadi. Diamkan selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu buang airnya, kemudian tiriskan beberapa menit.

Masukkan beras ke dalam anyaman ketupat melalui salah satu lubang di bagian rangka hingga ⅔ penuh. Tutup hingga rapat.

Siapkan panci berukuran besar, isi dengan air yang volumenya cukup untuk merendam seluruh permukaan ketupat. Tunggu sampai mendidih.

Apabila air sudah mendidih, masukkan ketupat yang sudah diisi beras tadi. Pastikan badan ketupat seluruhnya terendam air. Masak di atas api sedang. Tutup panci dan tunggu hingga matang, kurang lebih 3-4 jam.

Angkat dan letakkan di wadah lain. Tiriskan hingga kering.

Ketupat siap dihidangkan bersama opor atau sayur pendamping lainnya yang kamu sukai. 

Resep ketupat lebaran di atas mudah sekali untuk diikuti kan? Caranya sederhana, asal telaten dan sabar saat membuatnya. Kamu bisa menyimpan ketupat dengan cara digantung supaya tidak cepat basi, atau juga membiarkannya tersimpan di lemari es apabila perutmu sudah tidak sanggup menampung makanan lagi. Ketupat yang ditaruh di kulkas bisa dinikmati esok hari, kamu hanya perlu menghangatkannya dengan cara dikukus sebelum menyantapnya. Selamat mencoba! (Karin/Djavatoday)

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya