Rabu, Oktober 27, 2021

Perbedaan Dasar Antara Suncreen dan Sunblock

Akhir-akhir ini penggunaan sunscreen dan sunblock sedang ramai diperbincangkan. Berbagai merk skincare di Indonesia mulai mengeluarkan produk sunscreen andalannya. Apalagi setelah ada trend bare face atau wajah tanpa make up, sunscreen sekarang jadi salah satu produk skincare yang paling banyak diminati.

Lalu apa bedanya sunscreen dengan sunblock? Sunscreen dikenal sebagai pelengkap dari rangkaian pemakaian skincare sehari-hari, sedangkan sunblock identik dengan aktivitas di luar ruangan saat cuaca terik, terutama ketika liburan ke pantai. Berikut ulasan lengkapnya.

Fungsi sunscreen dan sunblock

Baca juga:

Sesuai dengan penamaannya, sunblock berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sunblock juga mampu menangkal sinar UVA dan UVB. Sedangkan sunscreen hanya sebagai pelindung ringan dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu kebanyakan sunscreen hanya mengandung perlindungan sinar UVB. Namun sekarang, banyak sunscreen yang mengandung perlindungan sinar UVA dan UVB sekaligus.

UVA merupakan penyebab utama tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, garis halus dan juga flek atau noda hitam. Sinar UVA juga bisa menyebabkan kanker kulit. Sedangkan UVB bisa menyebabkan kulit menjadi terbakar dan terlihat gosong.

Istilah lain sunscreen dan sunblock

Pernahkah kamu mendengar istilah physical sunscreen dan chemical sunscreen? Physical sunscreen adalah krim tabir surya yang mengandung titanium dioksida dan zinc oksida. Mineral aktif ini berfungsi dengan cara menghalangi dan memantulkan sinar matahari pada permukaan kulit. Inilah yang disebut dengan sunblock.

Sedangkan chemical sunscreen berfungsi menyerap sinar matahari dan mengubahkanya menjadi energi panas. Energi panas ini kemudian dilepaskan lewat permukaan kulit. Dari segi tekstur, chemical sunscreen lebih cair dibanding physical sunscreen. Inilah yang disebut sunscreen.

Kandungan sunscreen dan sunblock

Kandungan sunscreen biasanya berisi  Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.

Sedangkan sunblock biasanya mengandung 2 bahan utama, yaitu zinc oksida dan titanium dioksida.

Mana yang lebih baik?

Pada dasarnya sunscreen dan sunblock sama-sama berfungsi optimal untuk mencegah efek buruk sinar matahari.

Kamu bisa memilih kandungan mana yang sangat dibutuhkan oleh kulitmu, terutama cek kandungan SPFnya. Selain itu, perhatikan teksturnya karena bisa jadi teksturnya tidak cocok dengan kulitmu. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Tanda Skincare Tidak Cocok pada Kulit, Ayo Ganti!

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU