Minggu, Oktober 17, 2021

Kenapa Harus Pakai Skincare, Ini Manfaat dan Alasannya

Kenapa harus pakai skincare, padahal tidak kemana-mana? Pertanyaan ini mungkin sering muncul bagi kamu yang memiliki rutinitas di rumah sepanjang waktu. Apalagi di saat pandemi, semua orang harus belajar dan bekerja dari rumah. 

Meski tidak disadari, kulit adalah benteng terdepan yang melindungi organ-organ tubuh dari lingkungan sekitar. Panasnya matahari, suhu dingin, kotoran dan polusi yang mengenai kulit adalah musuh terbesarmu. Kulit perlu dirawat dari luar secara rutin dan manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. 

Alasan Kenapa Harus Pakai Skincare

Menutrisi Kulit

Baca juga:

Setiap orang memiliki kulit yang berbeda-beda. Kondisi kulit juga akan selalu berubah mengikuti faktor usia, hormon, cuaca, dan pola makan. Menggunakan skincare dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sesuai jenis kulit. 

Saat remaja, mungkin orang mulai berpikir kenapa harus pakai skincare sehingga cenderung mengabaikannya. Namun, perubahan hormon pada remaja bisa sebabkan jerawat. Oleh karena itu skincare harus dimulai sedini mungkin. 

Melindungi Kulit

Ancaman dari luar seperti sinar matahari, debu, polusi dan perubahan suhu yang ekstrim dapat mempengaruhi kondisi kulit. Memakai pelembab bisa mencegah kulit agar tidak kekeringan dan mengelupas. Menggunakan tabir surya juga bisa melindungi kulit agar tidak terbakar. 

Apabila digunakan jangka panjang, tabir surya bisa membuat kamu awet muda. Alasannya karena sinar matahari dapat memicu tanda-tanda penuaan lebih cepat. Apabila kulitmu terlindungi dari sinar matahari, kulit akan tetap elastis dan cerah. 

Mengangkat Sel Kulit Mati

Secara alami kulit kita beregenerasi setiap 28 hari. Sel-sel kulit mati ini harus diangkat agar mudah terbentuk sel baru. Apabila sel kulit mati tidak diangkat dan dibiarkan menumpuk, wajah cenderung mudah kusam bahkan pori-pori bisa tersumbat. 

Agar sel kulit mati terangkat, lakukan double cleansing setiap malam dan eksfoliasi dua kali dalam seminggu. Langkah ini dapat membantu kulit menyerap skincare dengan lebih baik. 

Menjaga Keseimbangan Minyak dan Air

Sebagian orang berpikir, kenapa harus pakai skincare padahal jenis kulitnya berminyak. Perlu diketahui bahwa semua jenis kulit butuh skincare, termasuk jenis kulit berminyak. Pemilihan skincare yang tepat justru bisa menyeimbangkan kadar minyak dan air agar kulit tampak kenyal. 

Berbagai faktor eksternal bisa mengganggu keseimbangan kadar minyak dan air di wajah. Terlalu banyak minyak bisa sebabkan jerawat, namun kekurangan minyak juga memicu munculnya keriput. Oleh karena itu, usahakan kadar minyak di wajah tetap terkontrol. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU