Rabu, Juni 19, 2024

Dampak Terlalu Banyak Memakai Pelembab yang Dapat Merugikan Kulit

Terlalu banyak memakai pelembab dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit wajah. Berbagai masalah kulit dapat disebabkan oleh skin barrier yang rusak akibat over moisturizing. Perhatikanlah pemakaian serta jumlah takaran produk kecantikan ini sebelum mengaplikasikannya ke wajah. Sebab, meski pelembab merupakan salah satu rangkaian penggunaan skincare yang wajib, terlalu banyak memakai pelembab akan menimbulkan efek samping yang dapat merugikan kulit. Itulah sebabnya mengapa kamu harus memanfaatkan produk kecantikan dengan baik apabila menginginkan hasil yang baik pula. Ikuti anjuran pemakaiannya untuk mengoptimalkan manfaatnya.

Terlalu Banyak Memakai Pelembab dapat Menimbulkan Dampak Buruk

Beberapa pelembab mengandung bahan-bahan berbahaya yang memiliki sejumlah efek samping terhadap kesehatan kulit. Yuk! Simak penjelasan berikut untuk mengetahui dampak terlalu banyak menggunakan pelembab yang tidak boleh kamu abaikan!

Breakout atau berjerawat

Terlalu banyak menggunakan pelembab dapat menyebabkan breakout atau timbulnya jerawat pada area wajah. Pelembab yang diaplikasikan secara berlebihan akan menciptakan lapisan berminyak di atas permukaan kulit wajah. Bakteri dan kotoran dapat pula dipicu oleh lapisan berminyak ini, kemudian menumpuk di pori-pori hingga muncul jerawat.

Pori-pori tersumbat

Adanya komedo hitam atau putih merupakan faktor yang timbul akibat tersumbatnya pori-pori. Hal ini rentan terjadi pada saat seseorang terlalu sering mengaplikasikan pelembab. Pori-pori tersumbat menjadi tanda paling jelas, biasanya disebabkan oleh pelembab dengan formulasi yang berat.

Kulit menjadi kering

Kulit kering bukan hanya akibat dari rasa enggan untuk memakai pelembab, tapi over moisturizing pun menjadi faktor penyebabnya. Selain itu, pengaplikasian pelembab dalam jumlah yang tak wajar juga bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif dan kusam.

Merusak produksi sebum

Terlalu banyak menggunakan pelembab dapat menyebabkan kulit memproduksi minyak berlebih, terutama untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak. Rusaknya sebum dapat pula disebabkan oleh pemakaian produk skincare yang terlalu keras. Hingga komedo dan jerawat muncul lebih banyak.

Iritasi

Iritasi merupakan efek jangka panjang akibat terlalu sering menggunakan pelembab yang memiliki kandungan berdampak negatif terhadap hidrasi kulit. Fungsi lapisan pelindung kulit juga akan mengalami gangguan, dan kerentanan iritasi pun ikut meningkat.

Itu dia dampak terlalu banyak memakai pelembab yang dapat merugikan kulit. Seorang pakar dan dokter kecantikan yang acapkali memberikan edukasi melalui media sosialnya menyebutkan cukup seujung tangan saja untuk takaran pelembab yang pas. Jangan skip pelembab, jangan terlalu banyak pula mengaplikasikannya. (Karin/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya