Selasa, Juni 25, 2024

Cara Menghilangkan Jamur Baju Bekas Tanpa Menggunakan Pemutih

Cara menghilangkan jamur baju bekas perlu diketahui. Karena maraknya trend baju bekas atau preloved. Membuat banyak orang beramai-ramai membelinya karena harga 50% lebih murah.

Namun, meskipun sebelum dijual telah disortir dan dibersihkan terlebih dahulu oleh penjual. Tidak menjamin jamur di baju hilang semuanya. Terutama pada baju impor.

Hasil uji laboratorium oleh kementerian Perdagangan menunjukkan bahwa banyak bakteri yang berbahaya dalam baju dan celana impor. Dengan menggunakan 25 sampel baju bekas. Ditemukan 216.000 koloni bakteri per gram pada celana impor.

Meskipun baju bekas sangat diminati tapi sebagai konsumen harus lebih berhati-hati lagi. Ada beberapa infeksi dan efek ke kulit ketika terkena jamur baju bekas. Diantaranya, mengakibatkan gatal pada kulit, dapat memunculkan bercak putih, bahkan sampai penyakit panu. Masih banyak pula masalah kulit lain yang diakibatkan oleh jamur baju bekas.

Baca Juga : Cara Mengetahui Skin Type Dengan Mudah, Ada 3 Langkah

Sebelum kalian mengetahui tentang cara menghilangkan jamur baju bekas. Alangkah baiknya kenali dulu pencegahannya. Apa yang harus diperhatikan ketika akan membeli baju bekas?

– pilih baju yang masih bagus dan dapat dipakai

– hindari baju yang memiliki bercak kuning

– cuci baju dulu sebelum digunakan

Cara menghilangkan jamur baju bekas yang Mudah

Setelah mengetahui pencegahannya ada beberapa cara menghilangkan jamur baju bekas untuk kalian ketahui. Usahakan untuk tidak menggunakan pemutih karena dapat merusak pakaian. Ada cara lain yang bisa dilakukan.

Campuran Lemon dan Garam

Kombinasi dua bahan ini ampuh untuk dilakukan dan tentu mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Pertama, peras lemon dan gunakan airnya saja. Gabungkan bersama 1-2 sdm garam. Kemudian larutkan dengan dua bahan tersebut dengan air hangat.

Setelah itu, rendam pakaian yang ada jamurnya kedalam air hangat tadi selama 30 menit. Jika sudah angkat pakaian dan lihat apakah masih ada jamurnya atau tidak. Setelah proses perendaman dan jamur hilang kalian bisa lanjutkan proses mencucimya

Baking Soda

Cara menghilangkan jamur baju bekas selanjutnya adalah menggunakan baking soda. Caranya pun cukup mudah.

Pertama buatlah pasta dari baking soda. Yaitu dengan cara campurkan baking soda dengan air hangat. Kemudian oleskan pasta baking soda yang telah dibuat ke pakaian yang ada jamurnya. Dimakan selama 15 menit.

Baca Juga : Tips Style Hijab Wanita Gemuk, Agar Terlihat Ramping 

Kemudian gosok memakai sikat gigi dan bilas menggunakan air bersih. Penggunaan baking soda tidak diragukan lagi karena sangat ampuh untuk membersihkan kotoran dan jamur. Baking soda memiliki sifat abrasive dan pH yang tinggi yaitu diatas angka 7. Inilah yang membuat baking soda dapat digunakan untuk pembersih.

Air panas

Air panas dengan berbagai macam manfaatnya pun dapat digunakan untuk membersihkan jamur baju bekas. Langkahnya pun mudah, kalian cukup merendam pakaian yang memiliki jamur kedalam air hangat sesegera mungkin.

Jangan biarkan terlalu lama membiarkan jamurnya. Cara ini pun dapat lebih cepat dan efisien dibanding dengan air dingin.

Cuka Putih

Siapa yang tidak mengetahui cuka putih atau white vinegar? Cuka putih mengandung asam asetat yang dapat digunakan untuk membersihkan pakaian. Cara menghilangkan jamur baju bekas yang satu ini aman digunakan bahkan dengan mesin cuci sekalipun.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Pertama campurkan sedikit cuka dengan air dingin dengan perbandingan yang benar. Oleskan ke baju bekas yang ada jamurnya dengan kain atau sikat gigi. Selain itu, kalian juga dapat merendam baju semalaman menggunakan cuka putih. Segelas cuka untuk satu ember air.

Setelah mengetahui cara menghilangkan jamur baju bekas. Bagaimana jika kalian terlanjur terkena penyakit kulit seperti gatal-gatal? Ini yang perlu dilakukan.

– Minum obat untuk mengurangi rasa gatalnya.

– Oleskan salep pada bagian kulit yang gatal

– kompres dengan air dingin

– jika masih gatal atau bertambah parah dapat langsung konsultasikan ke dokter.

Biasanya apabila bertambah parah itu karena beberapa faktor. Bisa saja kalian alergi atau salah meminum obat. Bahkan salep yang kalian gunakan tidak cocok dengan kulit.

Nah, itu beberapa cara menghilangkan jamur baju bekas yang dapat dilakukan. Namun sebelum membeli baju bekas baiknya kalian lihat dulu barangnya apakah masih layak atau tidak. Semoga bermanfaat. (Pas/Djavatoday)

3 Doa untuk Ibu Hamil dalam Agama Islam Lengkap dengan Artinya

Doa untuk ibu hamil diperlukan agar kondisi ibu dan janin bisa baik-baik saja sampai nanti melahirkan. Apalagi kita sebagai umat beragama yang tentunya harus...

Rekomendasi Outfit Nonton Konser Musik agar Terlihat Kece dan Stylish

Rekomendasi outfit nonton konser kali ada banyak sekali, loh. Nantinya kamu bisa memilih outfit mana yang cocok untuk acara konser. Konser musik juga memiliki...

5 Tips Packing Baju di Koper Agar Hemat Ruang dan Tak Mudah Kusut

Tips packing baju berikut ini akan memudahkan kamu dalam menata pakaian agar tetap rapi dan mudah dicari. Supaya tidak berantakan, kamu harus mengetahui tips...

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya