Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Mengenali Jenis Kulit, Apakah Skincare yang Dipakai Sudah Sesuai?

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Setiap orang membutuhkan perawatan yang berbeda, oleh karena itu perlu diketahui cara mengenali jenis kulit. Dengan mengenali karakteristik kulit sendiri, maka akan lebih mudah bagi kita untuk menemukan skincare yang tepat sesuai kebutuhan. 

Banyak orang senang mengikuti tren, apalagi jika suatu produk menjadi populer berkat review yang beredar di internet. Namun, kamu perlu berhati-hati. Karena jika salah pilih produk dan tidak sesuai dengan jenis kulit, maka hasil yang didapat tidak akan sesuai harapan. 

Begini Cara Mengenali Jenis Kulit, Simak!

Kulit manusia berbeda-beda. Maka dari itu, kamu tidak bisa memakai sembarang produk tanpa mengetahui jenis kulit sendiri. Jika salah produk, kamu bisa merusak kulit alih-alih merawat. Simak panduan berikut ini agar tidak salah pilih. 

Kulit Sensitif

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, cara mengenali jenis kulit tidak terlalu susah. Karakteristik kulit cenderung tipis, mudah menjadi kemerahan, atau gatal. 

Produk yang direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah skincare dengan formula ringan, dapat melembabkan dan anti-inflamasi. Pilih face wash yang mild dan busa lembut agar tidak menyebabkan iritasi di kulit sensitif. 

Lakukan eksfoliasi hanya pada area T-Zone dan jangan berlebihan karena kandungan acid dalam skincare perlu dihindari. 

Kulit Kering

Pada jenis kulit kering, wajah cenderung kering. Pada saat kamu baru selesai mencuci wajah, adalah cara mengenali jenis kulit yang tepat. Karena kulit kering akan terasa tertarik-tarik, tampak garis-garis halus dan pori-pori terlihat besar. 

Gunakan produk yang lembut dan mengandung anti-aging. Utamakan untuk menghidrasi kulit agar tidak cepat muncul kerutan. Eksfoliasi juga sebaiknya tidak dilakukan sering. Cuci muka seperlunya saja.

Kulit Berminyak

Pasti kesal rasanya memiliki kulit berminyak, karena minyak tak hanya area T-Zone saja tapi juga di pipi. Pori-pori terlihat jelas dan mudah berjerawat. Namun tidak terlihat garis-garis halus. 

Kamu perlu mencuci muka 2 kali sehari, pilih skincare yang bisa membantu menyeimbangkan kadar minyak dan air di wajah. Pola makan juga harus diperhatikan. Kurangi makanan pedas dan berminyak. 

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan kulit kering dan berminyak. Cara mengenali jenis kulit kombinasi, ditandai dengan berminyak area T-Zone dan kering di pipi. Kandungan air dan minyak tidak seimbang. 

Pada jenis kulit kombinasi, produk yang digunakan bisa lebih banyak karena terbagi menjadi dua area: oily dan dry. Area T-Zone menggunakan produk yang ringan dan tidak menyumbat pori. Sedangkan pipi dan area lain yang kering, pakai produk untuk melembabkan. 

Setelah mengetahui jenis kulit, maka langkah selanjutnya adalah mencari produk yang tepat. Menemukan produk yang tepat tentu diperlukan proses trial and error, dimana produk yang kamu coba belum tentu cocok semua. Namun, dengan mengetahui jenis kulit maka pencarian produk akan menjadi lebih singkat daripada hanya menerka. 

Pastikan kamu juga menerapkan skincare sesuai urutan: face wash, toner, serum (optional), moisturizer, dan protection (hanya di siang hari). Apabila kulit terawat, maka peluang muncul jerawat dan kerutan menjadi semakin kecil. (Dewi/Djavatoday)

Urutan Pemakaian Skincare Pagi yang Wajib Kamu Ketahui!

Urutan pemakaian skincare harus dilakukan dengan benar sebagai upaya menjaga kesehatan sekaligus kecantikan kulit wajah. Memakai skincare secara rutin adalah satu hal yang tak...

Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi warna lipstik ini cocok banget buat kamu yang punya kulit sawo matang. Lipstik memang paling penting untuk membuat tampilan make up kamu jadi...

6 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan agar Ibadah Lebih Maksimal

Bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat muslim. Menjalani puasa di bulan Ramadhan ialah ibadah yang memiliki keistimewaan yang besar....

Tips Membuat Taman Rumah yang Sederhana dan Minimalis

Tips membuat taman rumah pada artikel ini cocok banget nih buat kamu yang lagi kepingin membangun suasana tempat tinggal yang adem. Jika kamu memiliki...
spot_img

Terpopuler

Lainnya