Rabu, Juni 19, 2024

Cara Mengatasi Maskne dan Ketahui Juga Penyebabnya

Maskne atau mask acne merupakan salah satu masalah kulit berjerawat yang timbul di area yang tertutup oleh masker. Seperti halnya masalah kulit yang lain tentunya Maskne dapat mengganggu penampilan dan membuat kurangnya rasa percaya diri. Tentunya kita semua tidak ingin mengalami hal tersebut oleh karena itu yuk simak cara mengatasi Maskne di bawah ini.

Sebelum jauh membahas tentang bagaimana cara mengatasinya alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu penyebab dari Maskne itu sendiri.

Penyebab Munculnya Maskne

Seperti yang telah kita ketahui penyebab utama Maskne tentunya berasal dari masker. Namun, masalah seperti apa sih yang dapat memicu timbulnya Maskne? Ini dia penjelasannya!

Penggunaan Masker Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Pada masa pandemi seperti saat ini penggunaan masker sangat dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus. Namun, penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit sehingga rentan untuk terjadinya jerawat.

Penggunaan Masker Yang Tidak Tepat

Selain pemakaian masker dalam jangka waktu yang lama pemilihan masker yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Jika kamu memiliki kulit yang rentan terhadap timbulnya jerawat hindari penggunaan masker berbahan dasar kain apalagi kain Poliester yang dapat menahan keringat sehingga rentan untuk timbulnya jerawat.

Baca Juga : Cara Atasi Rambut Rontok Secara Alami, Mudah dan Perlu Dicoba

Pemakaian masker tentunya tidak dapat kita hindari. Lantas, hal apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari Maskne? Berikut cara mengatasi Maskne.

Cara Mengatasi Maskne

Munculnya Maskne tentunya tidak diinginkan banyak orang. Seperti pada umumnya kulit berjerawat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat hilangnya rasa percaya diri. Jangan khawatir! Maskne dapat kita hindari dengan melakukan hal-hal berikut ini.

Tidak Menggunakan Masker Berulang Kali

Pada dasarnya terdapat berbagai macam bahan dasar masker. Ada yang di peruntukan untuk sekali pakai dan ada yang dapat di cuci untuk di gunakan kembali.

Masker bedah yang digunakan berulang kali dan masker kain yang dicuci asal-asalan dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Usahakan untuk menghindari pemakaian masker berulang kali agar terhindar dari yang namanya Maskne.

Bersihkan Wajah Setelah Menggunakan Masker

untuk menghindari Maskne kebersihan wajah juga perlu diperhatikan. Cuci bersih wajah menggunakan sabun cuci wajah yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Karena penggunaan sabun cuci wajah yang tidak sesuai pun dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Gunakan Pelembab

Menggunakan pelembab dapat menjadi salah satu alternatif cara mengatasi Maskne. Untuk menjaga kelembaban wajah pastikan memakai pelembab yang bisa mengontrol produksi minyak berlebih di wajah.

Hindari Penggunaan Make Up Yang Terlalu Tebal

Alangkah baiknya jika kamu sedang mengalami masalah jerawat di area yang tertutup masker hindari penggunaan make up yang terlalu tebal. Selain tidak ada yang melihat hal itu juga dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat bahkan memperburuk kondisi jerawat di wajah.

Kulit Yang Bersih Dari Make Up Dapat Mengurangi Risiko Timbulnya Jerawat

Meskipun begitu, banyaknya keluhan akibat menggunakan masker tidak menjadikan kamu absen untuk menggunakan masker. Tetap gunakan masker untuk memutus rantai penyebaran virus. Maskne yang kita khawatirkan dapat kita hindari dengan menerapkan cara mengatasi Maskne di atas. (Pe/Djavatoday)

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...

Rekomendasi Gamis Pria untuk Idul Adha, Bikin Kamu Kelihatan Stylish!

Rekomendasi gamis pria di bawah ini bikin kamu kelihatan pangling dengan tampilan islami yang sejuk di mata. Supaya fashion lebaran kamu nggak hanya itu-itu...

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya