Sabtu, Juli 20, 2024

8 Rekomendasi Kosmetik Halal dan Aman

Sebagai seorang muslimah yang baik, memastikan kehalalan setiap produk yang digunakan adalah suatu keharusan salah satunya dalam hal menentukan produk kosmetik. Label halal menjadi value tersendiri yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia. Lalu apa saja merk kosmetik yang halal dan aman untuk digunakan?

Sekarang ini, kebanyakan produk kecantikan di Indonesia sudah mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Peraturan mengenai kosmetik halal sudah dimulai sekitar tahun 2018.

Untuk mendapatkan sertifikasi halal, produk kosmetik harus dipastikan cruelty free dan hanya menggunakan bahan-bahan yang sesuai menurut hukum Islam. Berikut ini, kami rekomendasikan brand kosmetik yang halal dan aman buatan lokal, diantaranya :

Wardah

Sejak awal kemunculannya, Wardah memang mengusung konsep halal. Selain berlabel halal, Wardah juga sudah mengantongi lisensi aman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Brand kosmetik halal dan aman buatan PT Paragon Technology and Innovation ini memiliki packaging yang cantik dan elegan. Harganya juga terbilang affordable dengan kualitas yang tak perlu diragukan.

Make Over

Make Over masih satu perusahaan dengan Wardah. Bedanya, produk kosmetik ini memiliki penampilan yang cukup mewah. Banyak yang menyangka bahwa produk Make Over berasal dari luar negeri, padahal produk ini asli buatan Indonesia.

Selain memiliki sertifikasi halal, Make Over juga dinilai mempunyai kualitas yang sangat bagus. Tak jarang, produk ini dinilai berkompeten jika disandingkan dengan produk kosmetik buatan luar.

Sariayu Martha Tilaar

Brand kosmetik yang sudah berdiri hampir lima dekade ini, sudah mengantongi label halal sejak tahun 2012. Sariayu juga menerapkan Sistem Jaminan Halal grade A yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik (LPPOM).

Mustika Ratu

Banyak orang yang beranggapan bahwa brand Sariayu dan Mustika Ratu itu sama, padahal keduanya jelas berbeda. Sejak awal berdiri di tahun 1978, Mustika Ratu sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI dan juga lisensi aman dari BPOM.

Baca juga : Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Zoya Cosmetics

Setelah sukses dengan brand fashionnya, Zoya mulai merambah pada produk kecantikan. Produk kosmetik Zoya juga menargetkan pasar muslim yang besar di Indonesia. Walaupun masih terbilang baru, ternyata produk Zoya Cosmetics sudah mengantongi sertifikasi halal dari MUI sekaligus lisensi aman dari BPOM.

Mineral Botanica

Rekomendasi kosmetik halal dan aman selanjutnya adalah Mineral Botanica. Brand ini sudah terdaftar sebagai salah satu brand kosmetik halal sejak tahun 2016. Dari awal kemunculannya, brand ini menyita banyak perhatian para beauty enhusiasts di Indonesa karena kandungan bahan-bahan alaminya yang juga ramah lingkungan.

BLP by Lizzie Parra

Meski terbilang baru, brand yang dirintis oleh beauty blogger Lizzie Parra ini ternyata sudah mengantongi izin halal dari MUI. Pada awal kemunculannya, brand ini hanya memproduksi lipstik saja, namun sekarang BLP menawarkan produk baru yang lebih beragam seperti eyeliner, eyebrow pen dan juga powder.

ESQA

Tak banyak yang tahu, ternyata produk lipstik dari ESQA adalah produk lipstik Indonesia pertama yang masuk ke Sephora. Dengan begitu, produk buatan ESQA dinilai sudah memenuhi standar kualitas Internasional.

Selain memiliki kualitas yang mumpuni, produk kosmetik ESQA juga sudah tersertifikasi halal. Dengan mengusung konsep vegan, produk kosmetik ESQA menggunakan bahan-bahan yang aman bagi kulit dan bebas dari bahan berbahaya.(Willy/Djavatoday)

7 Jenis Aksesoris Wanita yang Bisa Bikin Kamu Curi Perhatian Banyak Orang

Jenis aksesoris wanita di bawah ini cocok banget buat menunjang penampilan kamu karena mampu mempercantik dengan menyelaraskan busana yang kamu kenakan. Dari ujung kaki...

Tips Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Kelihatan Matching dan Lebih Kece

Warna baju dan celana menjadi poin utama dalam penampilan seseorang. Setiap individu memiliki fashion yang berbeda, style yang beragam, atau cara berpakaian masing-masing. Salah...

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya