spot_img
Jumat, Juli 1, 2022
spot_img

6 Cara Agar Anak Tidak Rewel Selama Perjalanan Mudik

Anak-anak memiliki mood yang tidak bisa ditebak. Terkadang perjalanan yang harusnya menyenangkan malah jadi mimpi buruk bagi mereka. Lelah, bosan dan merasa tidak nyaman biasanya menjadi alasan kenapa mereka rewel dan tidak bisa diam selama perjalanan. Lalu bagaimana caranya agar anak tidak rewel selama perjalanan?

Untuk itu, Mama bisa mempersiapkan beberapa hal agar perjalanan mudik kali ini menjadi terasa menyenangkan bagi mereka. Berikut ulasannya.

Baca juga : 5 Tren Baju Lebaran 2022, Mana yang Paling Kamu Suka?

Edukasi dari jauh hari

Anak memang tidak terbiasa dengan segala sesuatu yang bersifat dadakan. Jadi hal-hal yang belum ia mengerti biasanya akan membuat mereka panik dan tidak nyaman. Oleh karena itu, Mama bisa mengedukasi dia dari jauh-jauh hari.

Jika memang ingin melakukan perjalanan, usahakan untuk memberi tahu mereka setidaknya 3 hari sebelum keberangkatan. Mama bisa memberi tahu bahwa kalian akan pergi ke mana, naik kendaraan apa, berapa lama, serta apa saja yang harus dipersiapkan.

Ajak ia mempersiapkan barang-barang

Anak akan merasa dihargai jika ia dilibatkan dalam melakukan sesuatu. Salah satu contohnya adalah dengan mengajak ia mempersiapkan barang-barang yang di perlukan selama perjalanan.

Dengan begitu, ia bisa memilih barang-barang apa saja yang dibutuhkannya. Jika terlalu banyak barang yang ingin ia bawa, Mama bisa menyortirnya dan beri tahu ia bahwa cukup bawa barang yang penting saja agar tidak berat di bawa.

Siapkan permainan kesukaan

Hal ini jangan sampai terlupa ya! Anak-anak memang masih suka bermain. Untuk itu jangan sampai mainan kesukaannya tertinggal. Ajak ia untuk memilih mainan apa yang mau di bawa.

Siapkan camilan

Salah satu alasan yang menyebabkan anak-anak menjadi rewel adalah karena mereka merasa lapar. Jadi ketika hendak bepergian, usahakan untuk membawa camilan yang mudah di bawa namun tetap bergizi. Misalnya buah potong, kacang-kacangan, biskuit atau coklat.  

Cukup tidur

Sebelum mudik, usahakan agar anak memiliki waktu tidur yang cukup. Jadi ketika esok hendak pergi, Mama harus mengajak anak untuk tidur lebih cepat malam ini.

Mengajaknya berkomunikasi

Ketika melakukan perjalanan jauh, seringkali Mama dan keluarga terjebak macet di dalam kendaraan. Hal ini biasanya membuat anak tiba-tiba menjadi rewel.

Untuk itu ajak ia berbicara dengan memperhatikan kendaraan sekitar. Atau dengan cara menunjuk mobil atau bangunan yang ada di depan. (Willy/Djavatoday)

Lahirkan Banyak Inovasi, bank bjb Raih Innovation Award 2022

Berita Nasional (Djavatoday.com),- Menutup bulan Juni 2022, bank bjb berhasil meraih penghargaan Indonesia Innovation Award 2022 kategori Financial Industry dari The Iconomics, karena dinilai...

16 Alat yang Harus Dibawa Saat Hiking Untuk Pemula

Bagi yang sudah terbiasa mendaki gunung, menyiapkan peralatan hiking tentu bukanlah hal yang sulit beda bagi para pemula. Terkadang mereka akan bingung harus membawa...

Tips Merawat Rambut Keriting, Anti Kusut dan Kering!

Tips merawat rambut keriting sebenarnya tak jauh berbeda dengan rambut lurus yang biasanya. Namun, memang ada beberapa poin khusus yang harus lebih Anda perhatikan....

Manfaat Tanaman Hias Indoor Berdasarkan Jenis-jenisnya

Manfaat tanaman hias indoor ternyata tidak hanya bisa kita lihat dari sisi keindahannya saja. Ada beragam jenis tanaman yang indah dengan manfaat berbeda-beda yang...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya