Sabtu, Juli 20, 2024

5 Tips Menjaga Kesehatan saat Berpuasa di Bulan Suci Ramadan

Tips menjaga kesehatan pada artikel kali ini dapat membantu kamu agar bisa lebih nyaman menjalani ibadah puasa Ramadan. Kesehatan menjadi salah satu aspek penting yang harus kamu perhatikan. Di bulan Ramadan, tubuh kita mendapatkan asupan yang tidak sebanyak dari hari biasa. Apabila kamu tidak bisa mengakalinya maka ibadah puasa pun akan terasa berat.

Pada dasarnya berpuasa dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun kita juga tetap harus memberikan upaya preventif agar terhindar dari sakit. Sebab apabila tubuh kita sakit maka kita tidak akan kuat berpuasa satu bulan penuh. Nah, untuk itulah kamu harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadan

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan di bulan Ramadan yang bisa kamu terapkan. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penuhi asupan mineral tubuh

Tips menjaga kesehatan yang pertama adalah dengan memastikan bahwa tubuh tidak kekurangan mineral. Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air maka dari itu jika kamu ingin menjaga kesehatan maka penuhilah kebutuhan tersebut.

Memenuhi kebutuhan mineral tubuh cukup dilakukan dengan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Ketika berpuasa kamu bisa menggunakan waktu berbuka hingga waktu sahur tiba untuk memenuhi asupan mineral tubuhmu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Kurangi makanan berlemak

Adakalanya saat berpuasa kita cenderung makan dengan nafsu yang terbendung. Setelah seharian tidak makan dan minum biasanya beberapa orang akan kalap ketika berbuka. Tidak ada yang salah dalam hal ini, namun kamu harus tetap memilah makanan mana yang bisa kamu konsumsi atau hindari.

Salah satu makanan yang perlu dihindari adalah makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak mengandung gula dan lemak tinggi. Kandungan ini lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat mengakibatkan tubuh menjadi lebih mudah merasa lapar. Selain itu, makanan berlemak juga tidak baik bagi kesehatan.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Tips menjaga kesehatan yang berikutnya yaitu penuhi nutrisi tubuh dengan memakan makanan bergizi seimbang. Pastikan tubuhmu tetap menerima asupan gizi yang lengkap. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Kandungan-kandungan ini juga dapat membuatmu lebih kuat dalam berpuasa.

Olahraga teratur

Meski berpuasa usahakanlah untuk tetap melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga ringan. Tetap jaga kesehatan tubuhmu dengan terus melatih otot-ototnya bekerja. Lakukan olahraga ringan setelah berbuka sekitar 30 menit. Beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan ketika berpuasa di antaranya yaitu berjalan kaki, bersepeda, joging, dan aktivitas fisik lainnya.

Tidur yang cukup

Tips menjaga kesehatan yang terakhir adalah memastikan tubuh memiliki waktu istirahat yang cukup. Pola tidur juga dapat berpengaruh terhadap kegiatan puasamu, loh. Orang yang kurang tidur cenderung mudah lemas ketika berpuasa.

Itu dia tips menjaga kesehatan di Bulan Ramadan. Semoga ibadah puasamu lancar, ya. (Ume/Djavatoday)

7 Jenis Aksesoris Wanita yang Bisa Bikin Kamu Curi Perhatian Banyak Orang

Jenis aksesoris wanita di bawah ini cocok banget buat menunjang penampilan kamu karena mampu mempercantik dengan menyelaraskan busana yang kamu kenakan. Dari ujung kaki...

Tips Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Kelihatan Matching dan Lebih Kece

Warna baju dan celana menjadi poin utama dalam penampilan seseorang. Setiap individu memiliki fashion yang berbeda, style yang beragam, atau cara berpakaian masing-masing. Salah...

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya