Sabtu, Mei 25, 2024

5 Tips Belanja Online agar Terhindar dari Penipuan

Tips belanja online supaya terhindar dari penipuan. Di masa yang semakin canggih ini memungkinkan kita lebih mudah melakukan sesuatu, salah satunya belanja. Saat ini banyak portal belanja online yang bisa kamu coba. Banyak orang yang lebih memilih berbelanja secara online karena dirasa praktis dan mudah. Dengan berbelanja secara online juga dapat menghemat waktu yang kamu punya karena kamu hanya perlu melihatnya di layar gawaimu.

Tapi pernah gak sih kamu kecewa sama produk yang kamu beli secara online? Sesering apapun kita berbelanja online, tak jarang kita juga dapat terjebak produk yang tidak bisa memuaskan kita. Mulai dari produk yang tidak ori, produk kekecilan atau kebesaran, dan lainnya.

5 Tips Belanja Online

Berikut tips belanja online yang harus kamu pelajari agar tak mudah tertipu dengan tawaran produk palsu. Yuk simak!

Perhatikan gambar produk

Tak bisa dipungkiri bahwa hal pertama yang kita lihat dari sebuah produk ketika ingin berbelanja yaitu bentuknya. Nah karena di sini konteks produk yang akan kamu beli berasal dari online store jadi kamu juga perlu tetap memerhatikan produk tersebut melalui gambar.

Tips belanja online yang satu ini bisa kamu lakukan dengan cara memperhatikan antara foto satu dengan foto lainnya. Biasanya produk asli setiap fotonya akan sama.

Cek deskripsi produk

Membeli barang secara online memang terlihat mudah. Namun, kamu perlu teliti dalam melakukannya. Pastikan produk yang kamu pilih ini sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Bacalah secara teliti deskripsi produk yang akan kamu beli. Biasanya di sana tercantum ukuran, bahan, dan klasifikasi lainnya. Hindari membeli barang tanpa membaca deskripsi produk karena ini akan berisiko terkena penipuan.

Perhatikan ulasan

Untuk mengecek keaslian produk kamu juga jangan terlalu percaya dengan apa yang ada di gambar ya. Sebab, sekarang ini banyak penjual yang mengambil foto produk dari toko lain. Lalu bagaimana caranya mengecek keasliannya?

Kamu bisa membuka ulasan dari pembeli lain. Anggaplah ini sebagai testimoni. Di sana kamu juga dapat menemukan foto dan video asli produk. Tapi hati-hati terjebak ulasan palsu. Biasanya ulasan palsu menggunakan kalimat yang berlebihan agar orang tertarik membelinya.

Cek harga produk

Tips belanja online yang satu ini pasti sudah sering kamu pertimbangkan, bukan? Banyaknya jenis produk dan toko yang menjualnya akan membuatmu menemukan berbagai macam tingkatan harga. Kamu biasanya akan cenderung memilih harga yang lebih murah.

Tapi jangan salah lho, harga yang lebih murah dari pasaran justru lebih patut kamu curigai sebagai bahan palsu dan memiliki kualitas rendah. Jika sudah begitu maka barang tersebut akan cepat rusak dan tidak dapat memenuhi keinginanmu. Lebih baik memilih barang dengan harga yang tinggi tapi kualitasnya terjamin, bukan?

Pilih metode pembayaran yang tepat

Tips belanja online adalah dalam hal pembayarannya. Ketika kamu membeli barang secara online maka kamu akan diarahkan untuk memilih metode pembayaran. Biasanya metode yang tersedia adalah pembayaran menggunakan kartu ATM, pembayaran melalui alfamart atau indomaret, dan COD (Cash on Delivery).

Apapun metode pembayaran yang akan kamu pilih nantinya kamu harus tetap bijak dan hati-hati ya. Jika kamu memilih pembayaran yang ditransfer maka pastikan kamu membayarnya melalui marketplace, bukan kepada penjualnya langsung. Disarankan untuk memilih metode pembayaran COD atau pembayaran di tempat agar lebih aman.

Tips belanja online di atas bisa kamu praktikkan mulai sekarang ya. Tetap bijak dalam berbelanja agar tidak tertipu oleh produk palsu (Khumairoh/Djavatoday)

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya