Selasa, Mei 21, 2024

5 Manfaat Tadarus saat Ramadan, Jadi Bekal Dunia Akhirat

Manfaat tadarus saat Ramadan bisa berdampak baik bagi dunia maupun akhirat. Tadarus adalah kegiatan mengaji atau membaca kitab suci Al-Qur’an. Sebagaimana kita ketahui bahwa mengaji adalah salah satu amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk umat muslim. Ketika kita mengaji di bulan Ramadan maka pahala kita akan berlipat ganda.

Saat mengaji, satu huruf yang kita baca akan mendapatkan pahala yang berlipat. Di bulan yang berkah ini alangkah baiknya kita rutin mengaji, kalau bisa mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an dalam satu bulan.

Tak hanya sekadar mendapatkan pahala, tadarus juga memiliki berbagai macam manfaat lain yang bisa kamu dapatkan. Nah, biar gak penasaran, langsung aja yuk simak artikel di bawah ini.

Manfaat Tadarus saat Ramadan

Berikut beberapa manfaat tadarus saat Ramadan.

Mempererat silaturahmi

Manfaat tadarus saat Ramadan yang pertama yaitu dapat membangut tali silaturahmi. Tadarus lebih baik dilakukan bersama-sama di masjid ataupun mushola. Kamu bisa mengajak teman atau kerabat.

Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru. Sebagai sesama muslim maka alangkah baiknya kita saling mengenal lebih dekat. Di kegiatan tadarus inilah kamu bisa mendekatkan diri dengan lingkungan sekitar.

Menghindari gibah

Gibah atau gosip adalah salah satu hal yang harus kamu hindari. Dengan menggosip sama saja kamu menggunjing orang. Hal tersebut bisa membuat pahala puasamu menjadi berkurang atau tidak berkah.

Ketika kamu tadarus akan memanfaatkan waktu dengan baik. Kamu pun akan terhindar dari perbuatan-perbuatan makruh seperti gibah.

Penolong di hari akhir

Manfaat tadarus saat Ramadan yang berikutnya yaitu dapat menjadi penolong di hari akhir. Dalam hadis riwayat muslim Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

Bacalah Al-Qur’an oleh kamu sekalian, karena bacaan Al-Qur’an yang sering dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi penolongnya di hari kiamat nanti.”

Bacaan Al-Qur’an yang kamu lantunkan akan menjadi penolongmu di hari akhir. Maka dari itu perbanyaklah membaca Al-Qur’an agar kamu bisa selamat di hari kiamat nanti.

Menambah pengetahuan

Setiap surat dan ayat dalam Al-Qur’an memiliki makna yang berbeda. Biasanya kegiatan tadarus juga dibarengi dengan belajar memahami makna dari ayat yang kita baca. Dengan begitu maka kita dapat menambah pengetahuan kita tentang kitab yang suci ini.

Setelah mengetahuinya maka langkah yang berikutnya yaitu mengamalkannya. Kamu juga bisa mengajarkannya kepada orang lain agar sama-sama mendapat ilmu yang bermanfaat.

Merasa tenang

Manfaat tadarus saat Ramadan yang terakhir adalah dapat memberikan rasa tenang. Ayat Al-Qur’an ini memiliki efek menenangkan, baik itu kepada pembacanya maupun pendengarnya. Bacaan Al-Qur’an juga dapat membersihkan hari dan pikiran kita.

Itu dia manfaat tadarus saat Ramadan. Yuk raih berkah bulan Ramadan dengan rutin tadarusan. (Ume/Djavatoday)

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...

5 Pilihan High Heels yang Nyaman dipakai untuk Wisuda

Pilihan high heels di bawah ini cocok banget buat dipakai di acara wisuda untuk merayakan momen indah dengan tampil cantik dari ujung kaki hingga...

5 Warna Lipstik yang Mencerahkan, Cocok untuk Bibir Gelap!

Warna lipstik yang mencerahkan wajah sekaligus bisa menutupi area bibir gelap tentu menjadi idaman bagi para wanita. Apalagi jika kulit wajahnya cenderung berwarna sawo...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya