Senin, Oktober 25, 2021

5 Macam Antioksidan Dalam Skincare dan Fungsinya

Antioksidan adalah salah satu jenis kandungan dalam skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Oleh karena itu serum wajah biasanya mengandung bahan utama antioksidan yang memiliki banyak fungsi pada produk perawatan kulit.

Fungsi utama antioksidan adalah untuk melindungi kulit. Manfaatnya akan lebih optimal jika dipadukan dengan kandungan lain. Berikut 5 antioksidan yang bisa kamu pilih sesuai jenis kulit, diantaranya :

Baca juga:

Baca juga : 7 Tanaman Bunga Indoor yang Mampu Menyaring Udara

Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan dalam skincare yang memiliki manfaat untuk perlindungan kulit dari bahaya radikal bebas, yang bisa menyebabkan wana kulit tidak merata dan kulit kusam.

Vitamin C juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C biasanya aman digunakan untuk semua jenis kulit kecuali untuk tipe kulit sensitif.

Vitamin E

Kandungan vitamin E berfungsi untuk melembapkan kulit juga sebagai anti inflamasi. Selain itu vitamin E juga bisa menyembuhkan luka bejas jerawat.

Vitamin E sangat cocok untuk mengatasi masalah kulit kering dan juga kulit yang mudah iritasi atau biasa disebut kulit sensitif.

Niaciamide

Niaciamide merupakan turunan vitamin B3 yang berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat, pigmentasi kulit dan juga membuat kulit tampak lebih cerah.

Niaciamide juga bermanfaat untuk mengatasi masalah noda hitam pada wajah karena memiliki sifat anti inflamasi. Niaciamide umumnya bisa digunakan oleh semua jenis kulit, namun jika kamu memiliki kulit sensitive sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Retinol

Retinol berfungsi sebagai anti penuaan, yaitu dengan mempercepat pembaruan sel, membantu pergantian sel kulit mati, merangsang kolagen, dan juga memperbaiki DNA yang rusak.

Retinol biasanya kurang cocok digunakan untuk tipe kulit sensitif karena bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Jadi sebaiknya segera hentikan penggunaannya jika terjadi kerusakan pada kulit wajahmu, a tau lebih baik konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan produk tersebut.

Hyaluronic acid

Hyaluronic acid merupakan salah satu antioksidan dalam skincare yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit karena kualitas hidrasinya yang tinggi. Selain itu, hyaluronic acid juga efektif menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan kulit.

Dengan menggunakan produk yang mengandung hyaluronic acid, kulit wajahmu akan terjaga kelembapannya sehingga membuatnya terasa lebih halus, kenyal dan lembut. Hyaluronic acid umumnya cocok digunakan untuk semua jenis kulit. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU