Kamis, April 25, 2024

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Idul Fitri

Saat Idul Fitri tiba, ada banyak sekali anjuran yang dapat dilakukan agar hari rayamu menjadi lebih bermakna. Namun disisi lain, ada juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan agar tidak merusak hari suci tersebut.

Saat hari raya Idul Fitri, umat Islam melaksanakan shalat Ied dan disunahkan pulang melalui jalur yang berbeda. Pada hari itu, umat Islam disarankan mengenakan pakaian terbaik dan tidak lupa saling bermaaf-maafan dengan sanak saudara maupun tetangga.

Berpuasa di hari raya

Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam sehingga pada hari tersebut diharamkan untuk berpuasa.  Sebagaimana penuturan Abu Sa’id Al khudri r.a beliau mengatakan :

“Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.” (H.R Muslim no. 1138).

Berpuasa di hari raya Idul Fitri hukumnya haram, yaitu terlarang atau tidak boleh dilakukan dan malah akan menjadi sumber dosa bagi yang sengaja mengerjakannya.  

Menunda-nunda salat

Hal yang tidak boleh dilakukan selanjutnya adalah menunda-nunda salat. Seperti yang kita tahu, pada saat Lebaran banyak sekali keluarga yang sibuk menjamu para tamu, berbincang dengan sanak saudara, atau bahkan pergi berwisata setelah acara open house selesai. Kesibukan-kesibukan seperti ini tak jarang sering membuat kita lalai bahkan lupa waktu salat.

Walau bagaimanapun, salat merupakan ibadah wajib yang tidak boleh kamu tinggalkan. Biasakan latih diri untuk senantiasa salat di awal waktu, sehingga walaupun di hari raya yang super sibuk, kamu tidak terbiasa untuk menunda-nunda salat.

Ziarah kubur hanya pada saat Idul Fitri

Ziarah kubur pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja, bukan hanya pada saat Idul Fitri. Tidak boleh mengkhususkan ziarah kubur hanya pada saat Idul Fitri, karena Rasulullah SAW sendiri tidak menentukan waktu khusus untuk ziarah kubur.

Memakai pakaian yang berlebihan

Memakai pakaian terbaik pada saat hari raya Idul Fitri memang sangat dianjurkan, namun bukan berarti kita boleh berpakaian secara berlebihan.

Hindari untuk memakai perhiasan, wewangian dan juga make up yang terlalu berlebihan. Ingat ya, Lebaran bukan ajang untuk pamer, melainkan momen untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi antar sesama umat muslim.

Makan terlalu kenyang

Pada saat hari raya, tentunya ada banyak sekali makanan yang disajikan seperti ketupat, opor ayam, gulai, aneka macam kue dan juga minuman manis.

Banyak orang yang sering mengabaikan kesehatannya dengan makan terlalu berlebihan pada saat hari raya. Kebiasaan seperti ini sepatutnya tidak boleh dilakukan, karena pada akhirnya kesehatanmu malah akan menjadi terganggu. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : Tips Berpakaian untuk Wanita Bertubuh Curvy Agar Terlihat Ramping

5 Rok untuk OOTD, Bikin Tampilanmu Makin Anggun!

Rok untuk OOTD ini ada banyak macamnya loh. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atau bentuk tubuhmu. Yang pasti look nya bikin kamu tampil lebih...

Cara Melakukan Double Cleansing untuk Menjaga Kulit Wajah dari Kerusakan

Melakukan double cleansing dengan benar dapat memastikan wajah bersih optimal usai beraktivitas seharian di luar ruangan. Setelah menjalani rutinitas yang padat, kamu bisa melakukan...

4 Tips Memakai Liptint agar Terlihat Natural dan Tahan Lama

Tips memakai liptint pada artikel kali ini akan membantumu tampil cantik seharian tanpa touch up berkali-kali. Liptint adalah salah satu jenis perias bibir yang...

Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tak Mudah Iritasi

Tips mencukur bulu ketiak pada artikel kali ini akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit ketiakmu. Banyak orang menyepelekan hal ini sehingga ketiak mudah iritasi....

Terpopuler

Lainnya