Sabtu, April 20, 2024

5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kusam bisa juga kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan alami, loh. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perhatian orang sekitar, terutama kulit wajah. Setiap orang pasti menginginkan kulit yang cerah dan sehat agar sedap dipandang.

Namun tak dapat kita pungkiri bahwa menjaga kulit bukanlah hal yang mudah. Seringkali kita mengalami masalah kulit kusam, apalagi jika seharian beraktivitas di luar ruangan. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena Djavatoday punya tips untuk mengatasi kulit kusam.

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Berikut beberapa cara mengatasi kulit kusam menggunakan bahan alami.

Menggunakan madu

Cara mengatasi kulit kusam yang pertama yaitu dengan memanfaatkan kandungan yang ada pada madu. Seperti yang kita tahu, madu memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi dan antiseptik. Sifat-sifat tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Caranya cukup mudah yaitu campurkan 1 sdt madu dan 1 sdt jus lemon. Oleskan pada kulit wajah. Biarkan selama kurang lebih 10 menit atau hingga kering. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.

Membuat scrub dari gula

Gula menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai pencerah kulit. Caranya yaitu dengan melakukan eksfoliasi menggunakan scrub gula. Scrub gula dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang tertumpuk pada kulit wajah.

Untuk membuatnya kamu cukup mencampurkan 1 sdm gula pasir dan 1 sdm gula merah, tambahkan sedikit air hingga keduanya tercampur rata. Oleskan pada wajah dengan gerakan memutar.

Lidah buaya

Cara mengatasi kulit kusam yang berikutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Kandungan alonin pada lidah buaya berperan sebagai produksi melanin. Gel lidah buaya dapat membantu mencerahkan kulit dengan cara membalikkan efek hiperpigmentasi.

Campurkan 1 sdm gel lidah buaya dan 1 sdt gula merah. Oleskan pada bagian wajah dan leher secara merata. Tunggu selama 15 menit atau sampai kering. Bilas menggunakan air bersih.

Mentimun

Bahan makanan yang satu ini juga bisa loh mencerahkan kulit wajah. Mentimun mengandung banyak vitamin C dan senyawa bioaktif lainnya yang dapat mengurangi risiko hiperpigmentasi dan kulit kusam.

Caranya yaitu dengan menghaluskan mentimun menggunakan blender lalu tambahkan 1 sdm gel lidah buaya. Setelah teksturnya seperti bubur, oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bilas menggunakan air bersih.

Kopi

Cara mengatasi kulit kusam yang terakhir yaitu dengan menggunakan kopi. Wajah memang membutuhkan eksfoliasi rutin. Salah satu cara yang aman yaitu dengan menggunakan scrub dari kopi. Scrub ini dapat mencegah penumpukan sel kulit mati dan kulit kering.

Demikian cara mengatasi kulit kusam dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahan di atas sudah pasti aman dan nyaman, ya. (Ume/Djavatoday)

Cara Melakukan Double Cleansing untuk Menjaga Kulit Wajah dari Kerusakan

Melakukan double cleansing dengan benar dapat memastikan wajah bersih optimal usai beraktivitas seharian di luar ruangan. Setelah menjalani rutinitas yang padat, kamu bisa melakukan...

4 Tips Memakai Liptint agar Terlihat Natural dan Tahan Lama

Tips memakai liptint pada artikel kali ini akan membantumu tampil cantik seharian tanpa touch up berkali-kali. Liptint adalah salah satu jenis perias bibir yang...

Tips Mencukur Bulu Ketiak Agar Tak Mudah Iritasi

Tips mencukur bulu ketiak pada artikel kali ini akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit ketiakmu. Banyak orang menyepelekan hal ini sehingga ketiak mudah iritasi....

Rekomendasi Sepatu Wanita yang Nyaman dipakai untuk Kuliah

Rekomendasi sepatu wanita ini bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin tampil lebih menarik saat pergi ke kampus. Berbeda dengan jaman sekolah yang...

Terpopuler

Lainnya