Minggu, Juni 16, 2024

4 Masker Wajah Alami dari Buah-buahan, Bisa diracik Sendiri di Rumah!

Masker wajah alami mempunyai dampak yang bagus untuk kesehatan kulit wajah. Bahan-bahan alami yang digunakan bisa menjadi salah satu upaya pencegahan terjadinya iritasi kulit. Masker wajah alami bisa dibuat dengan memanfaatkan berbagai macam buah-buahan lokal, loh.

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, kita pasti sangat mudah untuk menemukan aneka macam buah. Selain bisa dimakan, beberapa buah-buahan juga bisa kamu jadikan sebagai bahan alami untuk membuat masker. Penasaran ada buah apa saja? Yuk simak artikel berikut ini.

Masker Wajah Alami dari Buah

Berikut beberapa masker wajah alami berbahan dasar buah.

Tomat

Masker wajah alami yang pertama yaitu tomat. Banyak orang mengira bahwa tomat masuk ke dalam jenis sayuran, namun nyatanya tomat masuk ke dalam kelompok buah-buahan.

Tomat bisa dimanfaatkan untuk menjaga kulit wajah. Hal ini terjadi karena tomat memiliki kandungan likopen, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E yang mampu berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk membuat masker tomat kamu juga harus menyiapkan beberapa bahan lain seperti yoghurt dan oatmeal. Gunakan satu buah tomat dan hancurkan hingga halus, kemudian campurkan degan satu sendok makan oatmeal dan satu sendok the yoghurt. Aplikasikan pada wajah dan leher secara merata lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Pepaya

Buah pepaya terkenal memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Pepaya juga mengandung papain yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Tak hanya itu, buah ini juga bersifat anti-inflamasi yang dapat mencegah pertumbuhan jerawat.

Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan dua potong pepaya kemudian tambahkan satu sendok the madu. Bersihkan muka dengan air dan keringkan. Setelah itu baru kamu bisa mengaplikasikan masker pepaya ini ke kulit wajah. Diamkan selama sekitar 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

Pisang

Masker wajah alami yang berikutnya yaitu pisang. Kandungan vitamin B6, vitamin C, silika, kalium, dan nutrisi lain dapat menjaga kulit agar tetap elastis. Masker pisang juga dapat mengatasi hiperpigmentasi dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Cara membuatnya yaitu dengan menghancurkan setengah buah pisang dan menambahkan setengah sendok teh madu dan air lemon. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Hindari penambahan air lemon untuk pemakaian pada kulit yang sensitif.

Bengkuang

Masker wajah alami yang terakhir yaitu bengkuang. Buah ini kaya akan vitamin B dan vitamin C yang dapat memutihkan dan menjaga kulit wajah agar tetap bersinar. Buah bengkuang bahkan sering menjadi salah satu bahan ekstrak pada produk perawatan kulit.

Untuk membuatnya kamu hanya perlu memarut buah bengkuang hingga lembut. Campurkan dengan sedikit air bersih. Aplikasikan ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilaslah menggunakan air bersih.

Itulah beberapa masker wajah alami yang bisa kamu buat sendiri dengan memanfaatkan buah-buahan. Penggunaan masker bisa membuat wajahmu tampak lebih sehat dan cantik alami. Jadi yuk rawat wajahmu dengan baik. (Ume/Djavatoday)

Rekomendasi Warna Eyeshadow Natural yang Cocok untuk Sehari-hari

Rekomendasi warna eyeshadow ini akan menjadi pelengkap make up natural yang cocok untuk menemani hari santaimu. Bisa membuat atau mengaplikasikan riasan mata yang cantik...

5 Rekomendasi Potongan Rambut Pria yang Bikin Tampilanmu Keren Abis

Rekomendasi potongan rambut pria kali ini bisa jadi referensi buat kamu yang ingin tampil kece dan menawan. Tak hanya wanita, rambut pria juga sangat...

Jauhkan dari Jangkauan si Kecil! Ini Dia 5 Tanaman Hias Beracun Cantik tapi Berbahaya

Tanaman hias beracun yang ditutupi oleh keindahannya ini bisa dengan mudah memikat hati, apalagi bagi kamu yang punya hobi berkebun. Mempunyai berbagai tanaman hias...

Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Rekomendasi warna rambut ini pas banget buat kamu yang ingin tampil dengan gaya baru. Nyatanya, bukan hanya penampilan berpakaian yang dapat mencuri perhatian, tapi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya