Jumat, Mei 24, 2024

4 Keutamaan Idul Fitri; Hari Suci Umat Islam

Keutamaan Idul Fitri menjadi salah satu hal ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Di hari yang suci ini menjadi perayaan setelah satu bulan berpuasa. Maka tak heran jika semua umat muslim menyambut gembira hari yang penuh dengan kasih sayang ini.

Saat lebaran Idul Fitri, umat muslim dianjurkan untuk saling memaafkan satu sama lain. pada hari ini juga Allah menjanjikan ampunan bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah salat hari raya. Karena itulah dinamakan hari yang suci karena setiap orang akan kembali fitrah (suci).

Idul Fitri diibaratkan sebagai hadiah dari Allah SWT. Kaum muslimin tidak diperkenankan berpuasa karena pada hari ini Allah menjadikannya sebagai sebuah jamuan untuk merayakan kemenangan. Lalu apa saja keutamaan dari hari raya Idul Fitri ini? Yuk simak selengkapnya pada artikel berikut.

Keutamaan Idul Fitri

Berikut beberapa keutamaan Idul Fitri bagi umat Islam.

Hari yang baik

Keutamaan Idul Fitri yang pertama yaitu menjadi salah satu hari yang baik. Isilah hari raya ini dengan perbanyak berdzikir dan beribadah kepada Allah. Selimuti hati dengan penuh rasa syukur dan senantiasa memohon ampunan-Nya.

Idul Fitri adalah hari raya umat Islam yang dilabeli sebagai hari yang baik. Hal ini disampaikan dalam sabda Rasulullah SAW. yang artinya “Allah telah memberi ganti bagi kalian dua hari yang jauh lebih baik, yaitu Idul Fitru dan Idul Adha” (HR. Ab Daud dan An-Nasa’i).

Hari yang Suci

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada hari raya Idul Fitri umat Islam akan kembali suci. Sebagaimana arti kata “Fitri” yaitu suci atau bersih dari segala yang buruk, mulai dari dosa, kesalahan, dan kejelekan.

Pada momen inilah kita juga harus memaafkan sesama muslim. Sudah tak asing lagi bagi telinga kita kalimat “minal aidzin wal fa idzin” yang artinya maaf lahir dan batin. Pada saat ini juga kita bisa mempererat talisilaturahmi.

Hari kemenangan

Keutamaan Idul Fitri yang berikutnya yaitu dilambangkan sebagai hari kemenangan. Di mana pada hari ini umat Islam berbahagia dan bergembira sebab di hari yang fitri ini Allah menganugerahkan pahala dan ampunan.

Maka dari itulah perbanyak beribadah dan lakukan atas dasar keimanan kepada Allah. Dari ibni mas’ud RA, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya: “Tatkala umat nabi melaksanakan puasa ramadan dan mereka keluar untuk melaksanakan salat ied, maka Allah berfirman: Wahan malaikatku, setiap yang telah bekerja mendapatkan upahnya.

Penuh kasih sayang dan saling berbagi

Keutamaan Idul Fitri yang terakhir adalah penuh dengan kasih sayang. Sanak keluarga yang jauh akan kembali ke kampung halaman untuk merayakannya bersama keluarga besar. Di hari raya ini juga menjadi ajang saling berbagi. Biasanya orang-orang yang sudah bekerja akan memberi THR kepada anak-anak.

Nah itulah keutamaan Idul Fitri yang sangat memberi kesan suka cita. Semoga di hari yang fitri ini kita bisa merasakan keutamaannya. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Menghindari Make Up Crack Supaya Tetap Cantik Seharian!

Make up crack merupakan masalah yang acap kali menjadi gerutuan para ladies kala wajahnya dirias dengan ragam produk kecantikan yang menggiurkan. Pada saat mengenakan...

Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Rekomendasi ikan hias cocok banget untuk kamu yang sedang ingin memelihara hewan mungil ini. Ikan hias menjadi salah satu jenis hewan yang banyak disukai...

Jangan Asal Pilih! Ini Dia Cara Memadukan Blazer Supaya Kelihatan Stylish

Cara memadukan blazer untuk menunjang penampilan bukanlah hal yang sulit dilakukan. Dapat dipadukan dengan berbagai outfit, blazer menjadi pilihan yang pas untuk memberi sentuhan...

Tidak Hanya Cantik, Warna Gaun Pengantin Ini Punya Makna yang Hangat

Warna gaun pengantin tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Kamu bisa menyambungkannya dengan kepribadianmu yang lebih condong ke arah mana. Apakah soft, romantis, atau mungkin...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya