Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep takjil sehat kali ini bisa menjadi inspirasi dan referensi bagi Anda yang tetap ingin berbuka dengan yang segar. Meskipun arti sebenarnya dari “takjil” adalah “menyegerakan”, tetapi masyarakat Indonesia lebih mengartikannya sebagai hidangan berbuka puasa. Hidangan berbuka puasa tersebut biasanya memiliki cita rasa yang manis dan segar sehingga bisa mengusir dahaga seharian.

Namun, takjil yang biasanya tersaji memiliki kandungan gula ataupun bahan-bahan lainnya yang kurang sehat. Misalnya adalah sirup pada es campur, minyak pada gorengan, dan keju pada makanan yang sudah manis. Hal ini tentu akan menyebabkan konsumsi gula dan minyak berlebihan yang dapat menimbulkan kalori jahat.

Kalori yang berlebih dapat membuat tubuh tidak sehat dan menjadi penghambat bagi Sobat Djava yang sedang melakukan diet sehat. Nah, jangan khawatir, Sobat Djava karena kami memiliki beberapa solusi untuk Anda. Sobat Djava bisa membuat beberapa resep takjil sehat berikut ini untuk berbuka puasa.

3 Resep Takjil Sehat dan Segar

Berikut ini adalah 3 resep takjil sehat dan juga menyegarkan yang bisa Anda buat di rumah!

Es Campur Tanpa Sirup

Mengonsumsi es campur saat berbuka puasa tentu adalah sebuah kenikmatan yang hakiki. Kesegaran es campur dengan ragam isiannya memang selalu mampu mengusir dahaga. Apalagi setelah berpuasa seharian. Ea campur ini biasanya identik dengan penggunaan sirup yang jika Anda konsumsi dalam jangka waktu yang panjang akan membuat badan kurang sehat.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba resep takjil sehat yang satu ini sebagai solusinya. Namanya adalah Es Campur Tanpa Sirup dengan bahan-bahan sederhana. Anda bisa menyiapkan:

Daging kelapa muda secukupnya sesuai selera

Buah naga (potong dadu) secukupnya sesuai selera

Susu kambing etawa

Madu hutan murni tanpa campuran apapun

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, siapkan wadah untuk es campurnya. Masukkan daging kelapa muda, buah naga, kemudian masukkan susu kambing etawa secukupnya. Tambahkan madu sebagai pembawa rasa manis secukupnya. Aduk hingga rata dan bisa Anda santap langsung tanpa sirup saat adzan Maghrib tiba.

Es Semangka Jeruk Nipis

Resep takjil sehat yang berikutnya adalah Es Semangka Jeruk Nipis. Menu takjil ini cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet atau usaha untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Cara membuatnya juga sangat sederhana dan rasanya menyegarkan. Yuk, siapkan bahan-bahannya seperti di bawah ini.

Semangka potong dadu 300 gram

Rumput laut 150 gram

Chiaseeds 10 gram

Es batu secukupnya

Jus semangka

Madu murni 1 sendok makan

Jeruk nipis 1 buah 

Cara membuat takjil ini sangat praktis dan mudah. Siapkan wadah dan masukkan semangka yang telah Anda potong dadu beserta dengan rumput laut dan chiaseeds. Tambahkan es batu secukupnya dan tuang jus semangka secukupnya pula. Masukkan madu murni dan jeruk nipis yang telah Anda iris tipis.

Aduk bahan-bahan dalam wadah dan bisa Anda santap saat waktu berbuka tiba. Segelas Es Semangka Jeruk Nipis ini hanya mengandung 57 kalori sehingga baik untuk kesehatan dan tidak menghambat proses diet. Namun, pastikan Anda meminum air hangat terlebih dahulu saat berbuka agar tidak sakit perut, ya!

Es Buah Jelly

Resep takjil sehat yang ketiga atau yang terakhir adalah Es Buah Jelly yang rendah gula, tetapi cita rasanya tetap manis dan menyegarkan. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut.

1.000 mili Hydro Coco

1 bungkus jelly bubuk

Chiaseeds secukupnya 

Buah kiwi atau buah lainnya sesuai selera

Es batu

Cara membuat es yang satu ini juga tak kalah praktis. Buatlah agar-agar jelly dengan tambahan 500 mili Hydro Coco, tunggu hingga jelly terbentuk. Siapkan wadah kecil dan masukkan chiaseeds secukupnya, tuang air dan rendam hingga chiaseeds mengembang. Kupas kiwi dan masukkan daging buahnya ke dalam gelas, setelah itu bejek kasar.

Masukkan es batu secukupnya ke dalam gelas yang tadi berisi kiwi. Jika agar jelly telah jadi, potong dadu dan masukkan ke dalam gelas secukupnya. Tambahkan chiaseeds secukupnya sebagai topping dan tambahkan Hydro Coco sebagai kuah minumannya. Es Buah Jelly pun siap Anda hidangkan.

Itulah 3 resep takjil sehat yang bisa Anda coba di rumah untuk hidangan berbuka puasa. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya