Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep Pempek Palembang, Hidangan Lezat untuk Anda Santap!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep pempek Palembang tak hanya bisa kamu jadikan sebagai camilan penemanmu, loh. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai ide jualan yang menghasilkan cuan. Siapa Sih yang gak kenal sama makanan yang satu ini. Pempek merupakan salah satu makanan khas Palembang yang banyak digemari oleh masyarakat di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Pempek berbahan dasar ikan tenggiri sehingga cocok untuk kamu yang suka dengan olahan ikan. Biasanya pempek dipadukan dengan kuah cuko yang asam. Perpaduan tersebut menjadi salah satu daya tarik dari pempek.

Nah, buat kamu yang kepingin coba membuat pempek sendiri di rumah, kali ini kita menyajikan resep pempek Palembang yang bisa kamu ikuti. Dengan begini maka kamu bisa menikmati pempek sepuasnya tanpa harus mengantre di luar sana.

Resep Pempek Palembang

Berikut resep pempek Palembang yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan untuk membuat pempek Palembang

Resep pempek Palembang bisa kita mulai dengan mempersiapkan bahan-bahannya. Selain memeriksa kelengkapannya, kamu juga perlu memerhatikan jumlahnya, ya. Sama halnya dengan tata cara memasak pada umumnya, takaran bahan akan mempengaruhi rasa dan tekstur pempek. Berikut bahan untuk membuat pempek Palembang.

  • 500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus segar
  • 150 ml air es
  • 2 sdt garam
  • 2 ½ sdm tepung terigu
  • 225 gram tepung kanji

Bahan kuah cuko

Selain mempersiapkan bahan di atas sebagai pembuat pempek, kamu juga perlu mempersiapkan bahan untuk membuat kuah cuko. Yap, kuah ini adalah kuah khusus sebagai pendamping pempek Palembang. Berikut bahan untuk membuat kuah cuko.

  • 1 kg gula merah, iris tipis
  • 50 gram cabai rawit yang sudah dihaluskan
  • 200 gram bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 3 sdm cuka putih atau air asam atau air jeruk nipis
  • ¼ sdt garam

Bahan pelengkap

Resep pempek Palembang belum lengkap tanpa tambahan bahan-bahan ini. Bahan ini merupakan pelengkap ya, jika tidak ada tidak masalah, namun akan terasa ada yang kurang. Berikut bahan pelengkap pempek Palembang.

  • Ebi bubuk
  • Irisan timun

Cara membuat pempek Palembang

Nah sekarang kita sudah tiba pada langkah yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan cara membuatnya. Setelah bahan-bahan di atas sudah kamu siapkan, sekarang saatnya kamu mengeksekusinya. Berikut cara membuat pempek Palembang.

  1. Siapkan bahan untuk membuat pempek Palembang. Bersihkan isi perut dan sisik ikan sekaligus buang tulangnya. Kemudian haluskan daging ikan sampai lembut lalu tambahkan air es dan garam. Aduk menggunakan garpu hingga adonan menjadi lengket.
  2. Masukkan tepung terigu dan tepung kanji ke dalam adonan. Uleni adonan hingga kalis atau tidak menempel lagi di tangan. Setelah itu, bentuk adonan seperti pempek pada umumnya.
  3. Didihkan air dan masukkan pempek yang sudah dibentuk tadi. Masak hingga adonan mengapung kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Buat kuah cuko dengan memasak gula merah dan air hingga larut. Tambahkan bawang putih dan cabai rawit yang sudah dihaluskan. Masak kembali hingga mendidih. Kemudian masukkan cuka dan garam. Rebus menggunakan api kecil selama 1 jam hingga agak mengental kemudian angkat dan saring.
  5. Ambil pempek tadi kemudian goreng sampai berwarna kuning kecokelatan. Sajikan pempek bersama kuah cuko dan beri taburan ebi bubuk serta irisan mentimun.
  6. Pempek siap dinikmati.

Resep pempek Palembang di atas sangat mudah, kan? Sekarang kamu bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa perlu pergi keluar untuk membelinya. Kamu juga bisa banget, nih, jualin pempekmu ke orang lain. Yuk cobain resepnya! (Ume/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya