Jumat, Juli 12, 2024

Resep Olahan Nasi Sisa, Lezat dan Mudah Dibuat

Resep olahan nasi sisa dapat menjadikan bahan yang terlihat tidak menarik jadi sesuatu yang lezat. Kalau kamu punya sisa nasi yang nggak tahu mau diapain, jangan langsung dibuang, ya. Kami punya beberapa resep yang bisa kamu buat dengan menggunakan nasi sisa sebagai bahan utamanya.

Sisa-sisa nasi yang ada pada rice cooker mungkin memiliki bentuk dan rasa yang berbeda dengan nasi baru. Tak jarang, banyak orang yang memilih untuk membuangnya. Tapi sayang nggak sih, kalau nasinya dibuang gitu aja? Nah, biar nggak terbuang sia-sia mari kita olah nasi sisa tersebut menjadi olahan yang lezat.

3 Resep Olahan Nasi Sisa

Berikut beberapa resep olahan nasi sisa yang bisa kamu coba bikin di rumah.

Kornet

Resep olahan nasi sisa yang pertama yaitu kornet. Makanan ini biasanya terbuat dari daging, namun siapa sangka kamu bisa mengganti bahan tersebut dengan nasi sisa. Bahan-bahan yang bisa kamu siapkan antara lain:

  • 400 gram nasi sisa
  • 150 gram tempe goreng
  • 1 butir telur
  • 1 siung bawah putih
  • 3 buah cabai rawit
  • 1 cm kencur
  • 1 lembar daun jeruk
  • 100 gram tepung panir
  • Garam

Adapun cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  1. Haluskan bawang putih, cabai rawit, kencur, dan daun jeruk.
  2. Ulek tempe, jangan terlalu halus. Campurkan dengan bumbu halus dan beri garam secukupnya.
  3. Ulek nasi sampai halus. Ambil adonan nasi dan bentuk sesuai selera. Tambahkan isian tempe yang sudah dibumbui tadi.
  4. Lumuri nasi yang sudah diisi dengan telur yang sudah dikocok. Gulirkan di atas tepung panir.
  5. Goreng hingga matang.

Omelet

Kamu penyuka telur? Cobain deh omelet dari nasi sisa. Rasa omelet dari campuran telur dan nasi sisa ini memiliki rasa yang lebih gurih. Berikut bahan untuk membuat omelet dari nasi sisa.

  • 4 sendok nasi putih
  • 2 butir telur ayam
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 buah brokoli rebus
  • ½ buah wortel, cincang halus
  • Garam
  • Merica bubuk

Cara membuat omelet nasi

  1. Kocok telur bersama garam dan merica hingga tercampur rata.
  2. Masukkan bahan isian dan tambahkan nasi, asuk hingga rata.
  3. Panaskan minyak dan goreng menggunakan api sedang hingga matang.

Bola jagung

Resep olahan nasi sisa yang tak kalah enak yaitu bola jagung. Menu yang satu ini cocok untuk kamu jadikan sebagai camilan santaimu.

Bahan:

  • Nasi putih secukupnya
  • 1 buah jagung yang sudah diserut
  • 2 batang daun bawang yang sudah diiris tipis
  • 2 siung bawang putih yang sudah digeprek
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Tepung panir
  • Garam
  • Kaldu jamur

Cara membuat:

  1. Tumbuk nasi hingga halus. Tambahkan garam, bawang putih, kaldu jamur, daun bawang, dan jagung.
  2. Bentuk bulat adonan. Ulangi sampai habis.
  3. Celupkan adonan yang sudah dibentuk ke kocokan telur. Balur di atas tepung panir hingga menutupi seluruh permukaan adonan. Ulangi sampai adonan habis.
  4. Goreng adonan yang sudah jadi menggunakan api kecil. Masak hingga berwarna keemasan.

Itu dia resep olahan nasi sisa yang dijamin enak banget, deh. Yuk mulai sekarang jangan buang nasi sisamu. Jadikan nasi sisa sebagai bahan olahan camilan sedap dan murah. (Ume/Djavatoday)

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya