Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep Nasi Kebuli Ayam Ala Rumah Makan yang Nampol Abis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep nasi kebuli ayam bisa kamu buat sendiri di rumah, loh. Tentunya dengan cita rasa yang semewah restoran. Tertarik untuk membuatnya? Yuk simak artikel berikut ini.

Nasi kebuli adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang dimasak dengan cara dinanak bersama kaldu daging kambing. Namun kali jika tak ada atau tidak suka kambing, kamu bisa menggantinya dengan daging ayam. Nasi ini berwarna kuning kecokelatan dan memiliki cita rasa yang lebih gurih dari nasi biasa.

Nasi kebuli juga dipadukan dengan berbagai macam rempah sehingga memiliki rasa yang begitu sedap di mulut. Beberapa restoran juga menyajikan nasi kebuli dengan tambahan irisan kurma atau kismis di atasnya. Cara memasak nasi kebuli tidak begitu sulit kok, kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan dan alat yang ada di rumahmu.

Resep Nasi Kebuli Ayam

Berikut resep nasi kebuli ayam seenak rumah makan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk simak!

Bahan

Resep nasi kebuli ayam kita mulai dengan menyiapkan bahan-bahannya. Umumnya nasi kebuli memang menggunakan daging kambing, namun kali ini kita akan membuat nasi kebuli daging ayam. Daging ayam memiliki harga yang relatif lebih murah dari daging sapi sehingga cocok buat kamu yang memiliki keterbatasan budget. Daging ayam juga memiliki kandungan kolesterol yang lebih rendah sehingga lebih aman dan sehat.

Berikut bahan-bahan untuk membuat nasi kebuli daging ayam yang lezat.

  • 300 gram beras bulir panjang (basmati)
  • ½ ekor ayam
  • 500 ml air
  • 3 sdm margarin
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt merica bubuk
  • Minyak goreng

Bahan bumbu halus

Selain bahan-bahan utama di atas, kamu juga perlu mempersiapkan bahan untuk membuat bumbu halus. Kita pisahkan antara bahan utama dengan bahan bumbu halus agar lebih memudahkan dalam proses pembuatannya. Berikut bahan untuk membuat bumbu halus nasi kebuli.

  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawah putih
  • 1 buah bawang bombay kecil
  • 2 sm jahe
  • 1 sdt jinten
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica

Cara membuat

Resep nasi kebuli ayam kita lanjutkan pada proses pembuatan. Jika bahan-bahan di atas sudah siap maka sekarang saatnya kamu mengolahnya. Berikut cara atau langkah-langkah dalam membuat nasi kebuli daging ayam.

  1. Cuci bersih daging ayam dan potong menjadi beberapa bagian. Masukkan ke dalam wadah dan lumuri dengan garam dan merica. Balur hingga merata kemudian diamkan.
  2. Panaskan margarin di atas wajan. Tumis bumbu halus dan bumbu rempah hingga harum.
  3. Masukkan ayam ke dalam wajan berisi bumbu tadi dan aduk hingga daging ayam berwarna putih.
  4. Masukkan beras yang sudah dibersihkan dan air ke dalam ayam. Aduk dan masak hingga bumbu merata dan meresap ke seluruh bagian beras.
  5. Masukkan nasi dan ayam ke dalam kukusan. Kukus hingga matang.
  6. Pisahkan ayam dari nasi, goreng hingga garing. Angkat dan tiriskan.
  7. Tata nasi kebuli dan ayam goreng di atas piring saji. Kamu bisa menambahkan bawang goreng, acar, kerupuk, dan topping lain sesuai selera.

Demikianlah resep nasi kebuli ayam yang lezat. Mudah kan? Yuk segera eksekusi di rumah. (Ume/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya