spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

Resep Bolu Gulung Kreatif dengan Cita Rasa Manis, Asam, dan Gurih

Resep bolu gulung memiliki banyak jenisnya, mulai dari yang manis, asam, hingga gurih. Bolu gulung atau roll cake sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bolu pada umumnya. Perbedaannya terletak pada cara penyajian yang digulung dengan isian di dalamnya.

 gulung biasanya dijadikan camilan, dessert, bahkan sering dijadikan menu catering. Untuk Anda yang ingin mencoba camilan yang satu ini, yuk simak 3 resepnya berikut ini!

Bolu Gulung Selai Nanas

Resep bolu gulung yang pertama adalah bolu gulung selai nanas (sucenlim_ind). Cita rasa yang dihasilkan adalah perpaduan antara manis dan asam. Cocok untuk Anda yang menyukai dessert yang tak terlalu manis. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

70 gr tepung terigu protein rendah

10 gr susu bubuk

10 gr tepung maizena

6 btr telur

90 gr gula pasir 

3/4 sdm SP

125 gr mentega, lelehkan

1 sdt vanilla essence

Selai nanas 

Cara pembuatannya yakni  campur semua bahan menjadi satu, kecuali mentega cair dan selai nanas. Kocok hingga kental, kemudian tambahkan mentega cair dan aduk rata. Tuang adonan ke loyang segiempat 26 cm yang telah dioles margarin dan dialasi kertas roti. Panggang selama +/-15 menit dengan suhu 190°c atau sesuaikan dengan oven masing-masing.

Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin barulah olesi dengan selai nanas secara merata. Terakhir, gulung dan padatkan bolu kemudian beri topping sesuai selera. Resep bolu gulung selai nanas selesai dan bolu siap dinikmati.

Resep Bolu Gulung Abon

Resep bolu gulung yang selanjutnya adalah bolu gulung abon (novita..sari) dengan cita rasa yang gurih dan manis. Yuk siapkan bahan-bahannya berikut ini.

Bahan-bahan:

3 Butir kuning telor

3 butir telur utuh

 40 gr gula pasir

1/2 sdm air

1/2 sdm emulsifier (SP, ovalet, tbm)

50gr tepung kunci/segitiga

10 gr susu bubuk

1/8 sdt baking powder

30 gr margarin+30 gr butter, lelehkan, diamkan hingga mencapai suhu ruang

Taburan daun bawang, kulit cabai, dan wijen 

Filling: mayonaise dan  susu kental manis dengan perbadingan 4:2 ditambah abon

Langkah pertama yakni kocok telur, gula pasir, cake emulsifier, dan air sampai mengembang, kental, putih, dan berjejak. Kedua, masukkan terigu, susu, dan baking powder dengan mixer kecepatan rendah hingga adonan merata. Ketiga, matikan mixer lalu masukkan butter leleh dan tuang pada loyang kotak 20 cm yang telah dilapisi kertas roti. Taburi topping kemudian panggang dengan suhu 190° sekitar 15-20 menit atau sesuaikan dengan suhu oven.

Setelah metang, dinginkan hingga mencapai suhu ruangan. Isi dengan filling kemudian gulung dan padatkan. Bolu gulung abon siap disantap.

Resep Bolu Gulung Cokelat

Resep bolu gulung yang satu ini menggunakan cokelat sebagai bahan penambah cita rasa manis. Bahan-bahan untuk membuat bolu gulung cokelat (hidayatchefkoko) yakni:

Bahan A:

10 kuning telur 

2 putih telur

130 gr gula pasir

10 gr SP

Bahan B:

35 gr terigu protein sedang

25 gr susu bubuk

25 gr maizena

Bahan C: 

130 gr butter mix margarine lelehkan

1 sdt cokelat pasta 

15 gr cokelat bubuk

Cara pembuatannya yakni kocok bahan A sampai mengembang, kental, dan berjejak. Masukkan bahan B secara bertahap, lalu kocok rata dengan speed rendah. Masukkan bahan C, aduk lipat dengan spatula hingga rata. Tuang ke loyang 30×30 cm yang sudah dioles margarine dan alas kertas roti. 

Panggang dengan panas oven 180°C selama 25-30 menit. Setelah matang dan dingin, oles buttercream coklat dan gulung rapi.

Itulah 3 resep bolu gulung dengan aneka cita rasa, yakni asam, manis, gurih dan segar. Cara membuatnya cukup sederhana dengan filling atau isian yang bisa disesuaikan sesuai selera. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Intip Makanan Khas Cirebon yang Mampu Mengunggah Selera

Kota Cirebon merupakan sebuah kota Pelabuhan yang berada di bagian utara Jawa Barat. Kota ini dikenal sebagai kota wali dengan sebagian destinasi wisatanya yang...

4 Tempat Ngopi di Bandung yang Asyik untuk Nongkrong

Tempat ngopi di Bandung ada banyak sekali, bukan hanya hitungan jari. Beragam jenis desain interior maupun outdoor pun menghiasi tiap tempatnya. Berbagai daya tarik...

5 Kuliner Khas Idul Adha dari Penjuru Nusantara

Kuliner khas Idul Adha merupakan ragam hidangan berbau daging yang biasanya tersaji saat perayaan kurban. Banyaknya stok daging baik kambing ataupun sapi membuat masyarakat...

Resep Otak-otak Ikan Tenggiri, Cocok Buat Camilan Sore Hari

Resep otak-otak ikan tenggiri merupakan sebuah racikan spesial yang cocok untuk menemani soremu. Otak-otak memang biasanya banyak berjajar di pinggir jalan atau bisa kita...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya