spot_img
Rabu, Mei 25, 2022
spot_img

Resep Ayam Goreng Crispy Super Kribo Ala KFC

Resep ayam goreng mungkin terlihat sederhana dan mudah. Namun, untuk membuat ayam goreng yang crispy dan super kribo ala ayam KFC tentu butuh resep khusus, Sobat Djava. Nah, kali ini ada resep ayam goreng crispy dari tinakitchen.c yang bisa kamu coba.

Ayam goreng atau fried chicken memang menjadi hidangan yang disukai sejuta umat. Dagingnya yang enak berpadu dengan tepung crispy yang gurih lezat, apalagi ditambah saus atau sambal. Selain lezat, fried chicken juga ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik. Seperti protein, kalori, zat besi, kalsium, dan vitamin lainnya. 

Resep Ayam Goreng Crispy Ala KFC 

- Advertisement -

Hidangan yang berasal dari Amerika Serikat ini juga banyak dikombinasikan dengan bahan lainnya dan akhirnya menjadi menu baru. Contohnya adalah ayam geprek yang sempat booming di Indonesia. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, langsung saja simak resep ayam goreng crispy berikut ini.

Bahan utama:

1 ekor ayam atau setara 1,2 kilogram (potong ayam menjadi beberapa bagian tergantung selera)

Paprika  bubuk secukupnya (untuk bahan balutan ayam)

600 mili air dingin (untuk campuran air susu rendaman karena ayam akan direndam lagi sebelum digoreng)

Minyak goreng secukupnya

Bahan A rendaman ayam:

600 mili susu cair UHT full cream

1 sendok makan kaldu ayam bubuk 

Garam 1 sendok makan

1 sendok makan gula pasir

2 sendok makan lemon juice 

1setengah sendok teh bubuk jahe

2 sendok teh bubuk bawang putih

Bahan B tepung kering:

1 kilogram tepung terigu (direkomendasikan menggunakan tepung all purpose protein sedang)

2 sendok makan bubuk bawang putih 

2 sendok makan bubuk paprika

1 sendok makan merica bubuk hitam

Dan 1 sendok makan merica bubuk putih

1 sendok makan cabe bubuk (optional)

3 sendok makan kaldu bubuk ayam

1 sendok makan bubuk jahe

1 setengah sendok teh bubuk kari

2 sendok makan aregano (optional) 

1 setengah sendok makan garam

Cara membuat resep ayam goreng crispy:

1. Campurkan semua bahan A rendaman ayam dalam sebuah wadah. Aduk rata dan rendamlah semua potong ayam, pastikan semua potongan terendam sempurna. Tutup wadah lalu simpan dalam kulkas selama 2 malam. 

2. Campurkan semua bahan kering dan aduk hingga merata..

3. Selanjutnya, ambilah ayam yang direndam beberapa potong. Masukkan ke dalam saringan, kemudian taburkan bubuk paprika dan balurkan sampai merata.

4. Kemudian masukkan ayam ke dalam tepung kering. Cukup aduk rata saja, tidak perlu sampai mencubit-cubit ya, Sobat Djava.

5. Letakkan ayam yang sudah dibalur tepung kering tadi ke dalam saringan. Kemudian, celupkan kembali ayam ke dalam air susu (bahan rendaman A) yang telah ditambahkan air dingin 600 mili. Celupkan sebentar saja lalu angkat saringannya, letakkan kembali ayamnya ke dalam tepung kering dengan rata. 

6. Ulangi langkah 5 hingga ayam balur dengan tepung kering sebanyak 3 kali. Pastikan semua potongan ayam melalui proses ini, ya.  

7. Panaskan minyak kemudian goreng ayam dengan 5 menit pertama menggunakan api sedang. Lalu kecilkan api kembali dan goreng selama 10 menit sampai ayam benar-benar matang. Setelah ayam berwarna golden brown, angkat ayam dan saring atau tiriskan. 

8. Resep ayam goreng crispy telah selesai dan ayam siap disajikan. Sobat Djava bisa menyantapnya langsung atau dengan berbagai saus sesuai selera. Seperti saus sambal, saus tomat, mayonaise, mustard, atau saus keju.

Nah, itulah 7 langkah mudah membuat hidangan yang berasal dari Negeri Paman Sam. Yakni resep ayam goreng crispy ala KFC yang super kribo. Tips agar kulit tepungnya berwarna golden sempurna adalah masaklah dengan api kecil, tetapi minyak harus tetap panas. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Resep Ayam Geprek, Tumis Kembang Tahu Pedas, dan Es Timun Lemon

Bagi kamu pecinta makanan pedas, pasti kamu bakalan suka menu makanan yang satu ini. Yap, kali ini kita akan membuat Ayam Geprek. Akan lebih...

Resep Kerang Kuah Pedas, Oseng Tempe Buncis dan Ginger Mint Lemonade

Bosan dengan menu makan ayam atau yang lainnya? Kalau begitu, bagaimana kalau kita hari ini coba membuat menu kerang kuah pedas? Akan lebih nikmat...

Resep Ikan Bawal Bakar, Sup Ayam Pedas, dan Es Soda Gembira

Ikan bawal bakar adalah salah satu menu makanan yang banyak disukai orang. Lebih enak lagi kalau ditambah dengan menu sup ayam yang pedas, serta...

Resep Beef Yakiniku, Salad dan Pineapple Sago

Hari ini pengen makan makanan yang gak biasa? Coba yuk kita buat masakan Jepang! Beef Yakiniku merupakan masakan Jepang yang simple dan mudah dibuat....
spot_img

Terpopuler

Lainnya