Selasa, Juli 9, 2024

Resep Asinan Mangga Muda, Pedas Manisnya Pas di Mulut!

Resep asinan mangga muda bisa banget nih kamu coba bikin di rumah. Asinan mangga punya cita rasa yang lezat. Asem mangga dipadukan dengan pedas manis dari sambal dapat menciptakan rasa yang begitu menggugah selera.

Camilan ini juga punya rasa yang membuatmu seger sampai merem melek. Cocok dimakan pada saat terik atau sebagai camilan peneman waktu senggangmu. Cara membuat camilan mangga juga simpel banget loh, bahan-bahannya juga mudah kamu temukan.

Buat kamu yang suka buah mangga dan suka pedas, wajib banget recook di rumah. Dijamin resep ini ga akan membuatmu kecewa. Bahkan bisa bikin nagih terus, loh. Yuk kepoin cara buatnya di bawah ini.

Resep Asinan Mangga Muda

Berikut resep asinan mangga muda ala rumahan yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

Resep asinan mangga muda kita mulai dengan menyiapkan bahan terlebih dahulu. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, asinan mangga hanya membutuhkan bahan sederhana untuk membuatnya. Selain itu, bahan-bahan ini juga tergolong murah dan ga akan bikin kantong kering.

Berikut bahan-bahan untuk membuat asinan mangga. Yuk siapkan catatanmu.

  • 2 buah mangga muda
  • 600 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 1 ½ sdt air asam jawa
  • 3 buah cabai rawit 
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 1 sdm cuka

Cara membuat

Selain bahannya yang simpel, asinan mangga juga dibuat dengan cara yang simpel loh. Cocok banget buat kamu yang pengen sat set dan anti ribet. Berikut langkah-langkah untuk membuat asinan mangga muda.

  1. Potong-potong buah mangga sesuai selera.
  2. Haluskan cabai rawit dan cabai keriting. Bisa menggunakan blender atau ulekan, sesuai selera.
  3. Masak air, gula pasir, garam, asam jawa, cabai rawit dan cabai keriting menggunakan api sedang. Aduk rata hingga mendidih. Kemudian tambahkan cuka dan aduk kembali. Angkat dan tunggu dingin.
  4. Jika sudah dingin, tuangkan ke dalam wadah dan masukkan potongan buah mangga. Aduk hingga tercampur rata.
  5. Tutup wadah dan simpan di kulkas hingga bumbu meresap sempurna.
  6. Asinan mangga siap disajikan.

Tips membuat asinan mangga

Resep asinan mangga muda di atas juga punya tips agar bisa berhasil. Pastikan mangga yang kamu gunakan adalah mangga muda yang fresh. Mangga yang terlalu matang akan membuatnya terasa lebih manis dan kurang segar.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan cabai dengan seleramu. Bagi kamu yang tidak terlalu suka pedas maka kamu bisa mengurangi cabainya, ataupun sebaliknya. Selanjutnya, konsumsi asinan ini setelah dimasukkan ke dalam kulkas dan tunggu hingga bumbu benar-benar meresap agar rasanya pas.

Nah itu dia resep asinan mangga muda yang bikin merem melek. Duh, pasti ngebayanginnya aja udah bikin ngiler kan? Yuk cobain resepnya di rumah. (Ume/Djavatoday)

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...

Toko Oleh-oleh di Solo yang Wajib Kamu Jajal!

Toko oleh-oleh di Solo bisa menjadi referensi bagi kanu yang sedang berlibur ke Solo dan ingin memberikan buah tangan. Selain memiliki banyak wisata populer...

Kuliner legendaris di Bandung, Sederhana tapi Bikin Nostalgia

Kuliner legendaris di Bandung ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menelusuri nuansa Kota Kembang pada masa lampau. Dengan konsep tempat dan menu...

Rekomendasi Menu Lawson yang Jadi Favorit Banyak Orang, Kamu Harus Coba!

Rekomendasi menu lawson yang sempat viral di media sosial ini ternyata rasanya benar-benar enak! Dengan harga yang terjangkau, Lawson menjadi minimarket terkenal yang selalu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya