Kamis, Mei 30, 2024

Jajanan Tradisional Berbahan Dasar Singkong, Ingin Tau Apa Saja?

Dengan semakin berkembangnya industri kuliner di indonesia. Posisi jajanan tradisional semakin tergeser oleh jajanan masa kini. Meskipun begitu jajanan lokal masih saja banyak digemari oleh masyarakat. Keduanya memang memiliki cita rasa dan cara pembuatan yang berbeda sehingga memiliki keunikan serta ciri khasnya masing-masing.

Berbeda dengan jajanan masa kini bahan yang digunakan untuk membuat jajanan tradisional biasanya menggunakan bahan yang sederhana serta mudah di dapat. Seperti tepung beras, ubi, kentang, jagung, dan singkong.

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Panjalu Ciamis, Jawadah Takir yang Manis dan Garing

Singkong merupakan salah satau bahan dasar yang paling sering digunakan dalam pembuatan jajanan dari singkong. Selain rasanya yang lezat bahan dasar singkong pada dasarnya mengandung karbohidrat yang dapat membuat perut anda kenyang.

Banyak sekali aneka ragam jajanan tradisonal berbahan dasar singkong di indonesia diantaranya.

Getuk

Getuk merupakan salah satu jajanan tradisional berbahan dasar singkong. Jajanan yang satu ini banyak di gemari oleh berbagai kalangan usia karena rasanya yang manis. Cita rasa manis ini di dapat dari tambahan gula merah yang dicampurkan pada olahan singkong yang sudah dikukus dan dihaluskan.

Cara penyajian getuk agar lebih sedap biasanya di beri sedikit taburan kelapa parut sebagai topingnya.

Ondol-ondol

Ondol-ondol atau yang lebih sering di sebut misro ini merupakan makanan khas dari jawa tengah. Terdapat beberapa macam ondol-ondol, diantaranya ondol-ondol biasa dan ondol-ondol singkong gula merah atau misro.

Pembuatan ondol-ondol terbilang mudah. Cukup dengan menghaluskan singkong dengan cara di parut lalu di beri bumbu dan di goreng hingga kering atau bisa juga di tambahkan gula merah sebagai isiannya.

Jajanan tradisional yang satu ini sudah banyak dijual di pasar-pasar dengan harga yang terjangkau. Selain dapat mengenyangkan harganya yang murah menjadi alasan mengapa jajanan ini banyak di gemari.

Jajanan Tradisional Bercitarasa Gurih

Combro

Tak jauh beda dari misro hanya saja jika misro memiliki cita rasa yang manis sedangkan combro rasanya gurih. Cara pembuatannya pun sama tetapi combro dibuat gurih dan pedas. Combro sendiri merupakan singkatan dari “oncom di jero” Sebenarnya tidak hanya oncom ada juga yang membuat isian combro dengan tempe cincang yang sudah di bumbui.

Olahan makanan paling sederhana dari singkong

Singkong rebus

Olahan paling sederhana dari bahan dasar singkong lainnya adalah singkong rebus. Cukup rebus singkong  bersama air dan garam tunggu hingga tekstur dari singkong tersebut menjadi lunak tandanya sudah matang dan siap untuk di sajikan.

Itu dia beberapa jajanan tradisional yang masih saja digemari oleh masyarakat. selain rasanya yang lezat harga dan cara pembuatannya pun terbilang mudah sehingga mudah juga bagi para pemula untuk membuat masakan tersebut. Selamat mencoba.  (Pe/Djavatdoday)

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Resep Chicken Teriyaki Rice Bowl, Pilihan Menu yang Mengenyangkan

Chicken teriyaki rice bowl merupakan salah satu menu yang direkomendasikan untuk menemani aktivitasmu. Seperti namanya, menu makanan ini menjadikan daging ayam sebagai komposisi utama...

5 Kombinasi Makanan Sehat untuk Menemani Hari-harimu

Kombinasi makanan sehat ini dapat memberikan kandungan nutrisi yang lebih maksimal, sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi secara bersamaan. Perpaduan makanan yang menyehatkan ini bisa menjadi...

Resep Olahan Bakso untuk Lauk di Rumah, Bikin Nafsu Makan Bertambah

Resep olahan bakso ini kerap menjadi kreasi para Ibu di rumah. Kalau bicara mengenai bakso, macam-macam ide masakan seketika muncul di pikiran. Sebab bola...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya