spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Intip Makanan Khas Cirebon yang Mampu Mengunggah Selera

Kota Cirebon merupakan sebuah kota Pelabuhan yang berada di bagian utara Jawa Barat. Kota ini dikenal sebagai kota wali dengan sebagian destinasi wisatanya yang berbau sejarah agama. Selain memiliki banyak tempat bersejarah, Cirebon juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Makanan khas Cirebon ini tak kalah nyentrik dengan makanan khas dari daerah lain loh. Perpaduan budaya yang ada menjadikan kota ini menghasilkan makanan yang lezat.

Selain terasi udangnya yang memiliki kekhasan tersendiri ternyata masih banyak makanan khas Cirebon yang sangat menarik minat para wisatawan. Berikut daftar kuliner khas Cirebon yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke sana.

zBerikut Makanan Khas Cirebon

Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah makanan khas yang berasal dari Desa Jamblang yang terletak di Cirebon. Biasanya orang asli Cirebon menyebut makanan ini ‘Sega Jamblang’, yang mana kata sega merupakan bahasa Cirebon yang mempunyai arti nasi.

Selain rasanya yang khas, nasi jamblang juga unik yaitu dengan bungkus daun jati. Komponen yang ada dalam nasi jamblang biasanya terdiri dari nasi, lauk pauk secara prasmanan. Lauk pauknya terdiri dari telur dadar, sambal goreng, tempe, tahu, paru-paru sapi, sate kentang, dan masih banyak macamnya.

Empal Gentong

Makanan khas Cirebon yang satu ini sangat ikonik dan sudah menjadi pengetahuan umum yang dapat diketahui masyarakat dari daerah lain. Empal gentong merupakan sebuah sup tradisional yang memasaknya dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Makanan ini merupakan hasil kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, cengkeh, serai, dan jeruk purut.

Empal gentong ini memiliki banyak versi sehingga memungkinkan ada perbedaan antara satu dan lainnya. Yang khas dari empal gentong adalah cara memasak daging menjadi empuk sampai hancur kemudian terdapat Kuchai untuk memberikan rasa tambahan.

Kudapan Brolendo, Perpaduan Brownis dan Galendo Khas Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galendo adalah makanan tradisional khas Ciamis, Jawa Barat. Makanan tersebut terbuat dari ampas minyak kelapa. Galendo itu kemudian dipadukan dengan makanan...

Gorengan Ala Korea Menggunakan Tepung Kobe, Enak dan Renyah

Gorengan ala korea adalah salah satu makanan yang trend di Indonesia, terutama bagi kaum pecinta drama korea (drakor). Gorengan ala korea juga sudah banyak...

Menantea Milik Jerome Polin Hadir di Tasikmalaya, Yuk Cobain

Menantea milik Jerome polin merupakan sebuah minuman yang dominan dengan rasa teh. Terbuat dari teh lokal dan memakai potongan buah asli pada sebagian varian...

Resep Olahan Ubi Ungu yang kekinian, Sudah Pastinya Enak!

Resep olahan ubi ungu merupakan olahan makanan yang unik berbahan dasar ubi ungu yang seperti kita ketahui banyak manfaatnya. Ubi ungu memang memiliki banyak...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya