Senin, Juli 15, 2024

Inspirasi Menu Daging Sapi Kekinian untuk Idul Adha

Inspirasi menu daging sapi ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Djava yang akan mengolah pemberian daging kurban. Hari Raya Idul Adha kini telah tiba dan seluruh umat muslim di dunia berkesempatan menjalankan ibadah kurban. Mulai dari hewan kambing, sapi, unta, ataupun kerbau yang selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Sebagian umat muslim yang lainnya dalam waktu yang sama juga tengah menjalankan ibadah haji untuk menggenapkan rukun Islam-nya.

Nah, bagi Sobat Djava yang kebagian daging sapi dari orang yang sedang berkurban, tak ada salahnya untuk mengolah daging tersebut. Ada banyak menu yang bisa kamu coba dengan cita rasa lezat untuk keluarga. Jika bingung, kami akan membantu memilihkan lima rekomendasi inspirasi hidangan dari daging merah ini untuk Anda.

Baca juga: Resep Olahan Bakso ala Jerry Master Chef Indonesia!

Inspirasi Menu Daging Sapi Kekinian

Mengolah daging merah satu ini tentu ada banyak pilihannya. Namun, jika Anda bosan dengan olahan seperti soto, rendang, ataupun hidangan lainnya, kami memiliki olahan kekiniannya, lho! Berikut kami berikan lima rekomendasi inspirasi menu daging sapi kekinian yang bisa Anda coba. Mari simak selengkapnya dalam uraian berikut ini, Sobat Djava!

Sapi Lada Hitam

Bosan dengan olahan sapi yang penuh kuah santan dan terasa berat? Anda harus mencoba mengolah dagingnya menjadi menu sapi lada hitam yang lezat. Menu ini lebih kekinian dengan lada hitam yang akan memberikan rasa pedas segar yang nikmat. Cara memasaknya pun mudah, tinggal siapkan daging merah sapi secukupnya, bawang putih, lada hitam, saus tiram, dan kecap asin. Tumis bawang dan masukkan daging beserta bumbu lain lalu masak hingga matang, selesai!

Beef Teriyaki

Inspirasi menu daging sapi yang selanjutnya adalah beef teriyaki yang merupakan hidangan asal Negeri Sakura, Jepang. Teriyaki sendiri merupakan saus khas Jepang dengan rasa dominan manis yang akan melumuri daging saat proses pemanggangan. Cita rasa lezat dan harum bawang bombay akan berpadu dengan lembutnya tekstur daging. Hidangan ini cocok Anda santap dengan nasi, si kecil pun bisa mengonsumsi karena sehat dan tidak pedas.

Untuk menu kekinian satu ini, kamu tak perlu repot-repot memasak hingga berjam-jam. Cukup siapkan daging dengan irisan memanjang, bawang bombay, bawang putih, dan kunci lezatnya ada di saus teriyaki yang bisa kamu beli secara instan. Marinasi daging menggunakan saus teriyaki, black pepper, oyster sauce, dan parutan jahe lalu diamkan 30 menit suhu ruang. Setelah itu, tumis 100 gram bawang bombay cincang, masukkan daging hingga juicy dan matang lalu taburkan bawang putih cincang di atasnya.

Beef Bulgogi

Apakah Anda penyuka Drama Korea atau merupakan seorang K-Popers? Maka beef bulgogi cocok menjadi inspirasi menu daging sapi Anda saat kebagian daging kurban nanti. Bulgogi sendiri memiliki arti daging panggang dengan rasa yang manis dan cenderung fruity sehingga pas untuk selera orang Indonesia. Olahan sapi barbekyu khas Negeri Ginseng ini menggunakan irisan daging yang tipis dengan ragam saus lezat. Bumbu yang terkandung di dalamnya biasanya kecap asin, minyak wijen, gula, bawang putih, bawang bombay, hingga lada hitam bubuk.

Setelah daging melalui proses marinasi dengan bumbu-bumbu tersebut, bakarlah daging di atas bara api hingga matang. Orang Korea biasanya menyantap hidangan ini bersama dengan selada bokor, daun perila, atau side dish lainnya. Tak ketinggalan, nasi putih juga sangat cocok dengan menu ini, lho.

Beef Mentai

Inspirasi menu daging sapi yang berikutnya tak kalah kekinian, nih. Kamu bisa mencoba memasak beef mentai dengan paduan nasi hangat yang lezat. Cukup sediakan daging, nasi, saus mentai, rumput laut, dan biji wijen. Selanjutnya, tumis daging sapi hingga matang, sajikan di atas nasi panas, tuangkan saus mentai, rumput laut, dan biji wijen. Mentai sendiri merupakan saus khas Jepang yang berasal dari telur ikan pullock dengan campuran mayonnaise.

Tacos Beef

Taco merupakan hidangan asal Meksiko yang populer di Indonesia, kini kamu bisa membuatnya sendiri, lho. Siapkan sapi cincang, tortilla, paprika, bawang bombay, tomat, keju, dan saus taco. Kemudian tumis daging bersama bumbu hingga matang dan sajikan di atas tortila dengan tambahan keju serta sayuran. Lipat seperti roti hotdog dan santaplah dengan nikmat!

Itulah 5 inspirasi menu daging sapi yang kekinian untuk Idul Adha ini. Selamat mencoba, Sobat Djava! (Rismawati/Djavatoday)

Ini Dia Rekomendasi Bakery di Bandung yang Hits dan Ramai Pembeli!

Rekomendasi Bakery di Bandung yang ngehits ini tentu menyediakan berbagai macam roti dan kue yang lezat, makanya sering banget dikunjungi walaupun ada yang berada...

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya