Selasa, Juni 25, 2024

Cara Membuat Mie Lidi, Jajanan Jadul yang Kembali Populer

Cara membuat mie lidi tidak perlu ribet lagi karena kini sudah gampang dan cepat untuk disajikan. Walaupun jajanan ini sangat jadul namun sampai sekarang masih saja beredar dipasaran maupun di masyarakat.

Tentunya memang dengan sedikit sentuhan berbeda namun tetap saja rasanya khas banget dengan tahun 90an. Jajanan yang cocok banget untuk Anda yang suka ngemil sambil nonton drakor.

Mie lidi memiliki tekstur keras dan dibumbui berbagai varian seperti asin, pedas, dan manis saja ketika jaman dahulu. Namun kini seiring perkembangan zaman, varian dari mie lidi kian bertambah seperti rasa keju, balado dan lain-lain.

Untuk nostalgia ataupun inspirasi buat bikin cemilan di rumah bisa dengan makanan ini. cara membuat mie lidi seperti di bawah ini.

Bahan-bahan yang harus ada:

1/2 sendok teh baking powder.

250 gr tepung terigu.

60 ml air.

2 butir telur yang diambil putihnya saja.

30 gr tepung sagu.

1/4 sendok teh penyedap rasa.

Bahan taburan:

Jika Anda menyukai pedas bisa tambahkan bahan untuk taburan seperti 1 sendok bubuk balado dan 1 sendok Bubuk cabai dan 25 gr Tepung sagu. Untuk bubuk taburan, campurkan semua bahan di atas menjadi satu. Lalu taburkan pada mie lidi sebelum disajikan.

Sebenarnya rasa yang paling khas dari mie lidi adalah pedas, yang dirasakannya gurih renyah gitu. Namun semakin kesini pedasnya pun kini sudah memakai tingkatan atau level agar sesuai keinginan pada tingkat pedasnya.

Berikut Cara Membuat Mie Lidi

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencampur bahan, mulai dari tepung sagu, tepung terigu, baking powder, penyedap rasa juga garam. Kemudian Aduk semua bahan hingga rata menjadi satu.

Tahap kedua, kocok putih telur nya saja dengan menambahkan tepung terigu sembari diuleni atau mengaduk-aduk dan menarik-narik adonan dengan tangan hingga rata. Sambil tambahkan air lalu aduk kembali hingga rata dan diamkan sekitar 15 menit.

Setelah didiamkan kemudian giling adonan dengan ketebalan pada nomor 1 sampai 4 saja. Untuk menyesuaikan pada tiap pergantian ketebalan, sebaiknya Anda lakukan penggilingan 2 sampai 3 kali.

Dalam proses terakhir Anda potong mie ukuran panjang 8 cm, tidak hanya berhenti disitu saja karena harus di potong lagi secara kecil – kecil. Panaskan minyak menggunakan api sedang. Kemudian masukkan mie lidi, goreng hingga matang.

Cocok Dijadikan Teman Nonton

Untuk rasa yang diinginkan Anda bisa menaburkan bahan taburan yang telah dicampur rata, atau pun taburan instan yang tak kalah enak rasanya. Jika sudah semua maka mie lidi bisa langsung dihidangkan atau dimakan sambil nonton film favorit Anda.

Cara membuat mie lidi ini masih tetap digunakan dalam produksi hingga sekarang, baik oleh pabrik maupun home made yang tentunya dengan tampilan lebih praktis. Untuk teksturnya sendiri kini tidak begitu keras, hingga gigi kamu tidak akan merasakan sakit ataupun ngilu.

Varian rasanya pun bisa Anda pilih sendiri menggunakan bumbu tabur sesuai rasa yang diinginkan. Memang jajanan tempo dulu, sudah berarti makanan ini sangat legendaris ya karena masih bisa ditemukan pada zaman ini.

Jika Anda ingin mengenang jajanan masa dulu khususnya mie lidi tidak perlu khawatir sulit dicari. Sebab dengan cara membuat mie lidi ini, Anda bisa membuatnya dirumah secara cepat dan dengan hemat bahan lagi. (Dewi/Djavatoday)

Cara Membuat Batagor Khas Bandung yang Enak dan Praktis

Batagor adalah salah satu kuliner lezat yang sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Batagor atau bakso tahu goreng merupakan jajanan khas Bandung yang...

Cara Mengolah Daging Kambing Supaya Empuk dan Tidak Bau

Mengolah daging kambing harus dilakukan dengan benar supaya tidak alot dan bau perengusnya hilang. Daging kambing merupakan sumber protein hewani yang rendah lemak, juga...

6 Ide Menu Bakaran untuk disantap Bareng Keluarga

Ide menu bakaran ini cocok banget buat menemani momen kebersamaan kamu bareng keluarga. Biasanya, acara barbeque diadakan saat pergantian tahun atau hari raya. Tapi...

Tips Mengolah Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Keras

Mengolah daging kambing gak bisa sembarangan, loh. Jika salah dalam mengolahnya maka akan berakibat daging menjadi keras dan masih bau. Maka dari itu kamu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya