Minggu, Juli 14, 2024

5 Tips Membuat Kue Donat Bertekstur Lembut, Anti Bantat!

Tips membuat kue donat yang satu ini sangat berguna untuk membuat donat buatanmu terasa empuk saat kamu makan. Donat sendiri merupakan salah satu makanan yang cukup terkenal di Indonesia. Hampir semua penjuru daerah mengenal makanan berbentuk bulat dan kopong di tengahnya ini.

Membuat donat sendiri terbilang gampang-gampang susah, lho Sobat Djava. Apalagi jika kamu baru pertama kali membuatnya. Ada kemungkinan donat yang kamu buat ini bantat dan keras.

Sebenarnya ada banyak resep donat yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Namun terkadang dalam praktiknya kue donat akan menjadi bantat. Jika melansir dari buku Resep Lezat: Donut Spesial karya Seri Masak PRIMARASA, donat yang bantat dapat terjadi karena beberapa faktor. Misalnya kurang ragi, adonan kurang kalis saat diuleni, takaran yang tidak tepat, dan waktu fermentasi yang terlalu singkat.

Tips Membuat Kue Donat agar Tidak Bantat

Berikut tips membuat kue donat agar tidak bantat yang perlu banget kamu pelajari kalau mau membuat sendiri di rumah. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Perhatikan takaran bahan

Tips membuat kue donat yang pertama yang harus Sobat Djava lakukan adalah memperhatikan jumlah takaran bahannya. Seperti yang kita tahu, bahan utama kue donat adalah tepung terigu. Gunakanlah terigu secukupnya, jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak.

Kelebihan terigu akan membuat donatmu menjadi bantat. Maka untuk dapat menghindarinya kamu bisa menggunakan timbangan atau sendok ukur agar takaran bahanmu pas.

Uleni adonan dengan benar

Adonan yang kurang kalis menjadi salah satu penyebab donat menjadi bantat. Pastikan adonan donat kalis, tidak lengket atau tidak menempel di tangan. Membuat adonan pun ternyata ada tekniknya, lho. Kamu tak bisa sembarangan melakukannya.

Gunakanlah teknik menguleni adonan seperti mencuci baju. Tarik adonanmu dan lipatlah sambil menekannya. Lakukan hal ini berkali-kali sampai adonan menjadi kalis.

Perhatikan waktu fermentasi

Tips membuat kue donat yang berikutnya yaitu dengan memperhatikan waktu fermentasi adonan. Jangan terlalu singkat karena kekurangan waktu fermentasi akan membuat donat menjadi bantat.

Tidak ada aturan baku dalam mengatur waktu fermentasi. Sebab, hal ini tergantung pada suhu ruangan. Kamu bisa mendiamkan adonan hingga mengembang dua kali dari ukuran semula. Kemudian sebelum membentuk adonan, kempiskan terlebih dahulu agar gas yang ada di dalamnya terbuang.

Goreng di minyak yang cukup

Saat menggoreng donat, sebaiknya gunakanlah minyak dengan jumlah yang banyak agar donat dapat terendam minyak. Jika saat proses penggorengan ini kekurangan minyak maka akan berujung pada donat yang tidak matang sempurna.

Donat pun tidak akan mengembang sehingga bentuknya tidak bulat sempurna. Gunakan pula minyak bersih agar rasa donatmu tidak tercampur bahan lain.

Goreng donat dengan benar

Tips membuat kue donat yang terakhir yaitu dengan memerhatikan cara penggorengannya. Menggoreng donat tak bisa kamu lakukan sembarang. Jadi perhatikan poin ini ya.

Cara menggoreng donat yang benar adalah dengan membaliknya sebanyak satu kali. Hindari membolak-balik donat terlalu sering karena itu akan membuat donat menyerap minyak berlebihan dan menjadi bantat.

Itulah tips membuat kue donat agar tak menjadi bantat. Donat yang sempurna adalah donat yang berbentuk seperti cincin. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang sempurna maka lakukan tips di atas dengan baik ya. Selamat mencoba (Khumairoh/Djavatoday).

Rumah Makan Khas Sunda di Bandung yang Recommended!

Rumah makan khas Sunda merupakan sebuah restoran atau kedai sederhana yang menawarkan ragam menu khas Sunda.

Resep Tahu Jeletot Isi Ayam, Pedasnya Bikin Ketagihan!

Resep tahu jeletot wajib banget kamu cobain nih. Terutama bagi kamu si pencinta makanan pedas. Tahu jeletot merupakan camilan yang terbuat dari tahu kulit...

Resep Onigiri Ala Jepang, Cocok untuk Bekal Makan Siang

Resep onigiri ala Jepang bisa kamu coba di rumah untuk bekal makan ke sekolah ataupun ke kantor. Berbeda dengan sushi yang dibuat dari nasi...

Resep Coklat Truffle Hanya dengan Dua Bahan Utama

Resep coklat truffle emang cocok banget buat kamu jadiin menu camilan sehari-hari. Selain cocok buat camilan peneman santaimu, coklat truffle juga bisa dijadikan sebagai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya