Jumat, Mei 31, 2024

Tips Mencegah Jerawat Bagi Remaja yang Sedang Pubertas

Halo Good People. Khusus para wanita remaja yang sedang dalam masa pubertas. Menurut sebagian orang ada yang dikatakan dengan jerawat rindu. Lalu bagaimana tips mencegah jerawat untuk para remaja?

Bagi kebanyakan wanita jerawat sangat mengganggu penampilan atau gaya. Banyak wanita yang tidak percaya diri karena jerawat diwajah. Nah untuk kalian ada beberapa tips yang harus dilakukan agar tidak timbulnya jerawat.

Tips Mencegah Jerawat

Cuci Muka

Selalu menjaga kebersihan muka wajib dilakukan oleh setiap wanita. Ada dua waktu mencuci muka yaitu ketika bangun tidur dan malam hari ketika akan tidur. Namun tidak sembarang produk sabun yang kita pakai.

Terutama untuk kalian para wanita yang sudah melakukan perjalanan dengan motor dan menggunakan make up  jangan lupa mencuci muka. Karena bahan kimia dan debu dapat menyebabkan iritasi juga menimbulkan jerawat.

Pandai Memilih Skincare dan Make up

Tips mencegah jerawat berkikutnya, Skincare dan make up yang kita pakai harus yang sudah terdaftar di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Tentu saja hampir setiap wanita memakai skincare dan make up. Namun sebagai wanita kita haruslah pandai dalam memilih skincare routine yang dipakai.

Jangan melihat dari harga yang murah karena biasanya itu tidak menjamin kualitasnya. Apalagi belanja online terlebih dahulu kita harus melihat penjual, merek, dan testimoninya.

Menjaga Kebersihan Handphone dan Sarung Bantal

Tips mencegah jerawat selanjutnya dengan menjaga kebersihan Handphone dan sarung bantal sangatlah penting. Karena dua hal itu sering kita pakai setiap hari. Handphone salah satu benda yang sulit untuk dilepaskan di era  saat ini. Maka handphone harus tetap dijaga contohnya ketika kita menelpon seseorang layar handphone akan terkena wajah.

Sama halnya dengan sarung bantal. Setiap malam kita tidur menggunakan bantal. Sarung bantal yang kotor akan menimbulkan rasa gatal pada wajah kita dan dapat menimbulkan jerawat. Sehingga sarung bantal haruslah selalu bersih. Lebih baik apabila setiap minggu diganti dengan yang baru.

Jaga Pola Makan dan Perbanyak Minum Air Putih

Pola makan yang tidak teratur dapat menimbulkan jerawat. Tips mencegah jerawat adalah dengan mengurangi porsinya atau jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Diantarannya makanan pedas, manis, junkfood, seafood, susu, keju, kacang tanah dan daging ayam.

Bukan berarti kita tidak boleh makan itu, tapi alangkah lebih baiknya jika kita mengurangi dan diatur pola mengonsumsinya. Air putih begitu banyak manfaatnya salah satunya untuk mencegah jerawat. Untuk itu kita harus banyak minum air putih dan menghindari minuman yang bersoda.

Jaga Pola Tidur dan Jangan Stress

Tips mencegah jerawat yang satu ini mudah dilakukan, yakni menjaga pola tidur secara teratur. Bukan hanya untuk mencegah timbulnya jerawat tapi juga untuk menjaga kesehatan dan organ dalam tubuh kita. Kurangnya tidur akibat bergadang dapat menimbulkan jerawat di dahi kita.

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan bagi tubuh kita sehingga pola tidur haruslah dijaga dan jangan stress. Stress juga dapat menimbulkan jerawat ya teman-teman.

Konsultasi ke Dokter

Kalau langkah-langkah tips mencegah jierawat di atas telah dilakukan. Langkah terakhir dengan konsultasi ke dokter. Agar wajah tetap bersih dan seperti yang diinginkan. Ada beberapa dokter dan klinik yang menawarkan konsultasi gratis. Beberapa dokter dan klinik akan menawarkan mengonsumsi obat ataupun untuk menggunakan skincare.

Nah itu dia beberapa tips untuk mencegah timbulnya jerawat. yang terpenting adalah kita harus selalu menjaga kebersihan diri.  Stay health girls. (Pas/Djavatoday.com)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki...

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya