Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab gigi berfungsi untuk mengunyah dan menghancurkan makanan sebelum ditelan dan masuk ke rongga pencernaan berikutnya. Selain dapat mencegah rasa sakit, gangguan pencernaan, plak, bau napas tak sedap, atau sariawan, gigi dan mulut yang dirawat dengan baik akan membuat kamu tampil lebih pede ketika berbicara di depan banyak orang. Kamu juga bebas berekspresi dengan yakin tanpa harus takut dikomentari.

Kesehatan gigi dan mulut hendaknya diperhatikan sedari usia kanak-kanak hingga tua nanti. Beberapa penyebab gangguan gigi dan mulut yang harus kamu ketahui di antaranya adalah malas gosok gigi, konsumsi gula berlebih, serta pola makan yang tidak sehat.

Kesehatan Gigi dan Mulut yang Harus Kamu Perhatikan, Begini Cara Merawatnya!

Bukan hanya satu atau dua orang yang merasa kesehatan mulutnya sudah cukup terjaga usai menggosok gigi dua kali sehari. Padahal, gosok gigi bukan hanya satu-satunya poin yang harus kamu lakukan untuk menjaga gigi dan mulut. Berikut merupakan tips manjur yang bisa kamu ikuti di rumah!

Jangan pernah skip gosok gigi

Kenapa sih, wajib banget gosok gigi? Gosok gigi punya peran penting dalam membantu mengangkat kotoran sisa makanan atau bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan jika dibiarkan. Lakukan sikat gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari untuk menjamin gigi tetap sehat dan kuat. Kamu juga dianjurkan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu proses remineralisasi gigi.

Batasi pengonsumsian makanan manis

Kesehatan gigi dan mulut dapat kamu nikmati rasanya dengan memperhatikan jenis makanan serta kandungan apa saja yang kamu konsumsi. Mengonsumsi makanan manis dapat menyebabkan rasa ngilu pada gigi. Makanan yang mengandung kadar gula berlebih membuat bakteri di dalam mulut cenderung berkembang dengan mudah.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Makanan multifungsi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ini harus sering-sering kamu konsumsi. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, cobalah buah dan sayur yang berair dan kaya akan serat. Seperti semangka, pir, tomat, bayam, dan macam-macam.

Minum air putih yang cukup

Kekurangan air putih akan menyebabkan dehidrasi yang berdampak pada kondisi mulut kering. Bakteri suka sekali bersarang di dalam mulut yang kering dan kurang air. Jika sudah begini, napas jadi tidak segar dan bau mulut tak sedap. Perbanyaklah minum air putih daripada soda atau minuman-minuman tak sehat lainnya.

Membersihkan lidah

Setelah menggosok gigi di pagi hari, kamu bisa menyikat lidah untuk mengusir kuman-kuman yang menumpuk penyebab bau mulut. Namun, terlalu sering menyikat lidah akan menimbulkan dampak yang buruk. Lakukanlah sewajarnya dengan memulainya dari bagian depan hingga belakang.

Marilah senantiasa merawat gigi dan menjaga mulut! Perlu kamu ketahui, bahwa ada banyak penyakit yang bisa kapan saja menyerang saat seseorang lalai terhadap kesehatan gigi dan mulutnya. Itulah sebabnya kenapa menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat dianjurkan! (Karin/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

5 Cara Efektif Supaya Tidak Mudah Mengantuk Saat Beraktivitas

Mudah mengantuk saat beraktivitas adalah hal paling menjengkelkan yang sering kali kita alami. Tubuh jadi tidak bersemangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang mesti diselesaikan....

Terpopuler

Lainnya