Senin, Oktober 25, 2021

Tips Makan Sehat Bagi Kamu yang Banyak Duduk

Untuk kamu yang memiliki gaya hidup bekerja di depan komputer atau laptop, simak tips makan sehat berikut ini! 

Duduk selama berjam-jam bisa membuat fisik dan mental jadi tegang akibat tidak banyak bergerak. Namun, kamu tetap bisa menerapkan pola makan sehat meski duduk dalam waktu yang lama. 

Tips Makan Sehat Walau Duduk Lama

Baca juga:

Untuk kamu yang bekerja di depan layar dalam waktu lama, ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari dan terapkan. 

Hindari Makan di Meja Kerja

Ketika kamu sudah merasa nyaman dengan pekerjaan, apalagi jika tugas-tugas menumpuk, makan di meja kerja akan terasa praktis. Akan tetapi, makan di meja kerja bukan kebiasaan yang baik. 

Ahli Diet Valerie Agyeman mengatakan bahwa aktivitas makan sebaiknya dilakukan jauh dari meja kerja. Tips makan sehat ini bertujuan untuk menghilangkan gangguan saat makan, sehingga kamu bisa menikmati setiap gigitan serta meningkatkan apresiasi pada makanan. Agar kamu bisa makan lebih puas, laptop juga tidak boleh dibawa ke meja makan.

Konsumsi Banyak Cairan

Duduk dalam waktu lama ternyata bisa membuat kamu dehidrasi. Menurut Dr. Casey, tetap terhidrasi akan menghindarkan kita dari berbagai masalah kesehatan, “Kita kehilangan air melalui keringat, pernapasan, dan fungsi tubuh normal. Dengan tetap terhidrasi, kita bisa mencegah sakit kepala, tidak mudah lelah, dan tetap berkonsentrasi,” ucapnya.

Tips makan sehat untuk kamu yang banyak duduk, gunakan botol air dengan tanda garis. Tujuannya agar kamu tahu kapan harus minum dan mengisi ulang. Jika tidak suka air putih biasa, pilih air kelapa atau smoothie dengan campuran buah dan sayur.

Pilih Cemilan Bergizi

Cemilan bisa membuat perut kenyang di luar jam makan dan menstabilkan gula darah serta memberi energi cukup. Tips makan sehat untuk yang suka duduk lama, hindari cemilan keripik kemasan karena tidak memberi nutrisi cukup bagi kebutuhan tubuh. Makanan ringan kemasan umumnya mengandung lemak yang tidak sehat, tinggi gula dan sulit diproses oleh tubuh. 

Utamakan cemilan yang mengandung protein, lemak berkualitas tinggi, dan karbohidrat kompleks. Dr Casey juga mengatakan bahwa cemilan dengan kombinasi nutrisi tersebut dapat memberikan energi tahan lama untuk tetap fokus. 

Yogurt Yunani adalah salah satu cemilan yang mengenyangkan dan tinggi protein. Untuk menambah rasa dan kandungan vitamin, tambahkan buah beri, irisan pir, dan madu sehingga menjadi cemilan yang sehat di sela-sela jam makan. (Dewi/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU