spot_img
Senin, Oktober 3, 2022
spot_img

Penuhi Gizi, Ini 6 Makanan Pencegah Stunting pada Anak

Berikut ada beberapa makanan pencegah Stunting yang mudah dan murah. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis yang dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan fisik. Data dari Global Nutrition Report tahun 2018, menunjukan Indonesia menduduki peringkat dua terbesar di Asia Tenggara setelah Kamboja. Angka ini menunjukan bahwa pencegahan stunting perlu dilakukan sedini mungkin.

Salah satu upaya pencegahan stunting yaitu dengan memberikan asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan anak. Contohnya dengan memberikan makanan sehat yang mengandung protein. Berikut beberapa makanan yang dapat dijadikan referensi untuk menjaga tumbuh kembang anak.

Berikut Jenis Makanan Pencegah Stunting

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang dikenal mempunyai kandungan protein yang tinggi. Nutrisi yang ada pada telur dapat membantu perkembangan otak anak. Selain itu, telur juga mudah dengan harganya yang terjangkau. Makanan ini juga mudah mengolahnya sehingga bisa jadi menu andalan untuk balita anda. Telur juga bisa ditambahkan di beberapa sajian makanan seperti sup dan bubur.

Tahu

Selain mengandung protein, tahu juga merupakan sumber zat besi dan kalsium. Kandungan gizi yang ada pada tahu juga dapat mengoptimalkan gizi anak yang terkena stunting. Dalam 1 porsi tahu mengandung hampir 1 mg zat besi atau hampir 14 persen dari nilai harian untuk anak. Porsi ini juga menyediakan 12 persen kebutuhan kalsium anak.

Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan vitamin E yang baik bagi tumbuh kembang anak. Selain Vitamin E, alpukat juga mengandung folat, lemak, serta, dan potassium. Kandungan gizi yang ada pada alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang berperan untuk melindungi sel akibat radikal bebas. Alpukat juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Kacang-kacangan

Tak hanya protein hewani, protein nabati seperti kacang-kacangan pun dapat melengkapi asupan gizi pada anak. Kacang merupakan makanan sederhana yang kaya akan serat. Selain dapat membantu proses pencernaan, serat juga dapat berfungsi sebagai perangsang aktivitas sel imun. Asupan serat yang cukup dapat membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan beragam penyakit.

Ikan

Sebagai negara yang didominasi lautan, tentunya tidak sulit mendapatkan ikan di Indonesia. Dengan beragam jenisnya, ikan menjadi salah satu makanan sehat penuh protein yang dapat mencegah kurang gizi pada anak. Ikan mengandung asam lemak omega-3 dengan jumlah yang tinggi. Omega-3 merupakan salah satu kandungan gizi yang dapat membantu perkembangan mata, otak, dan saraf.

Susu

Sudah bukan hal baru jika susu termasuk minuman yang memiliki gizi yang tinggi. Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang dapat membantu pertumbuhan anak. Maka tak aneh jika anak kecil sering meminum susu agar dapat menghindari stunting.

Itulah makanan yang dapat membantu upaya pencegahan stunting. Yuk mulai penuhi gizi anak dengan memberikan asupan makanan sehat bergizi. (Khumairoh/CN/Djavatoday)

4 Tanda Tubuh Kekurangan Gizi, Segera Tangani!

Tanda tubuh kekurangan gizi memang sudah seharusnya menjadi perhatian bagi kita semua. Pasalnya, malnutrisi atau gangguan gizi bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang...

Cara Menghilangkan Nyeri Haid, Perempuan Wajib Tahu!

Cara menghilangkan nyeri haid ada beragam, mulai dari kompres perut dengan air hangat, olahraga ringan, hingga minum obat. Sakit saat haid atau dalam dunia...

Viral di Tiktok PSK Positif HIV/AIDS Tetap Layani Pelanggan

Viral di Tiktok seorang dokter membagikan pengalamannya saat menjadi petugas skrining pada Pekerja Seks Komersial (PSK) yang positif mengidap HIV/AIDS. Dokter wanita dalam video itu...

5 Fenomena Aneh Otak yang Sering Manusia Alami

Fenomena aneh otak adalah hal-hal yang terjadi pada otak manusia dan kadang bikin efek membingungkan. Meski terbilang aneh, rupanya beberapa kejadian berikut memang umum...

Terpopuler

Lainnya