Minggu, Juli 14, 2024

Mencegah Bibir Kering dan Hitam, Lakukan Ini Secara Rutin

Jika Anda ingin mencegah bibir kering dan hitam, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dapat menghidrasi bibir dari dalam agar tidak mudah kering. Selain itu, rajin minum air putih juga dapat menjaga bibir tetap lembab.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir menjadi hitam dan kering. Hal ini disebabkan oleh zat nikotin dalam tembakau yang menjadikan bibir lebih gelap dari waktu ke waktu. Selain itu, merokok juga berbahaya bagi kesehatan.

Menghidrasi Bibir

Cara terbaik mencegah bibir kering dan hitam adalah dengan menggunakan lip mask atau masker bibir. Selain merupakan produk yang populer di kalangan beauty influencer, produk lip mask cukup efektif dalam menjaga kelembaban kulit saat kamu tidur. Penggunaan jangka panjang dapat menjadikan bibir lebih cerah.

Beberapa produk yang bisa kamu coba adalah Laneige Lip Sleeping Mask, kosmetik korea yang pernah diiklankan oleh artis Song Hye Kyo. Ada juga dari produk lokal Emina Lip Mask dengan harga terjangkau dan lebih mudah didapat. Kandungan utamanya adalah emollient, dapat melembabkan bibir sepanjang malam.

Penggunaan lip mask biasanya diperlukan 1-3 kali dalam seminggu, lakukan secara rutin sebelum tidur untuk mencegah  bibir kering dan hitam.

Gunakan Proteksi

Tak hanya kulit yang perlu dilindungi dari sinar matahari, tetapi bibirmu juga. Sinar matahari dapat menyebabkan penggelapan sehingga kita perlu menggunakan produk yang mengandung SPF ketika hendak keluar rumah.

Lip Balm dari Nivea dapat melindungi bibir dari sinar UV dan memiliki tekstur yang lembut. Disarankan menggunakan lip balm terlebih dulu sebelum mengoleskan lipstik. Kemudian ada juga Supergoop Play yang dilengkapi SPF 30 untuk proteksi lebih kuat.

Hindari lip balm dengan pewangi atau perasa tambahan karena yang seperti itu kurang efektif mencegah bibir kering dan hitam.

Rutin Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi pada bibir 1-2 kali dalam seminggu. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir. Apabila sel kulit mati menumpuk, maka kondisi ini akan menyebabkan bibir menjadi gelap.

Pilihlah produk lip scrub yang tidak terlalu kasar dan memiliki tekstur lembut, seperti Liplapin Lip Scrub atau Emina Sugar Rush yang mengandung pelembab. Melakukan eksfoliasi pada bibir tak hanya mencegah bibir kering dan hitam, tapi juga menjadikan bibir terasa lebih halus. Hasil polesan lipstik jadi lebih alami karena tidak menggumpal.

Stop Kosmetik Kadaluarsa

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa pada produk kosmetik bibir. Lip balm, lipstik, dan lip scrub harus dihabiskan sebelum habis masa kadaluarsanya. Konsisten menggunakan produk yang sudah ada, dan hindari membeli produk-produk baru agar tidak terjadi penimbunan.

Semakin banyak produk kosmetik menumpuk, maka akan semakin sulit menghabiskannya. Produk yang sudah kadaluarsa biasanya sudah berkurang manfaatnya, selain itu juga beresiko membahayakan kesehatan.

Demikian tips untuk mencegah bibir kering dan hitam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebenarnya tidak begitu sulit jika sudah menemukan produk yang tepat. Pastikan dipakai rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan. (Dewi/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya