Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mencegah Bibir Kering dan Hitam, Lakukan Ini Secara Rutin

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Jika Anda ingin mencegah bibir kering dan hitam, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dapat menghidrasi bibir dari dalam agar tidak mudah kering. Selain itu, rajin minum air putih juga dapat menjaga bibir tetap lembab.

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan bibir menjadi hitam dan kering. Hal ini disebabkan oleh zat nikotin dalam tembakau yang menjadikan bibir lebih gelap dari waktu ke waktu. Selain itu, merokok juga berbahaya bagi kesehatan.

Menghidrasi Bibir

Cara terbaik mencegah bibir kering dan hitam adalah dengan menggunakan lip mask atau masker bibir. Selain merupakan produk yang populer di kalangan beauty influencer, produk lip mask cukup efektif dalam menjaga kelembaban kulit saat kamu tidur. Penggunaan jangka panjang dapat menjadikan bibir lebih cerah.

Beberapa produk yang bisa kamu coba adalah Laneige Lip Sleeping Mask, kosmetik korea yang pernah diiklankan oleh artis Song Hye Kyo. Ada juga dari produk lokal Emina Lip Mask dengan harga terjangkau dan lebih mudah didapat. Kandungan utamanya adalah emollient, dapat melembabkan bibir sepanjang malam.

Penggunaan lip mask biasanya diperlukan 1-3 kali dalam seminggu, lakukan secara rutin sebelum tidur untuk mencegah  bibir kering dan hitam.

Gunakan Proteksi

Tak hanya kulit yang perlu dilindungi dari sinar matahari, tetapi bibirmu juga. Sinar matahari dapat menyebabkan penggelapan sehingga kita perlu menggunakan produk yang mengandung SPF ketika hendak keluar rumah.

Lip Balm dari Nivea dapat melindungi bibir dari sinar UV dan memiliki tekstur yang lembut. Disarankan menggunakan lip balm terlebih dulu sebelum mengoleskan lipstik. Kemudian ada juga Supergoop Play yang dilengkapi SPF 30 untuk proteksi lebih kuat.

Hindari lip balm dengan pewangi atau perasa tambahan karena yang seperti itu kurang efektif mencegah bibir kering dan hitam.

Rutin Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi pada bibir 1-2 kali dalam seminggu. Eksfoliasi bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir. Apabila sel kulit mati menumpuk, maka kondisi ini akan menyebabkan bibir menjadi gelap.

Pilihlah produk lip scrub yang tidak terlalu kasar dan memiliki tekstur lembut, seperti Liplapin Lip Scrub atau Emina Sugar Rush yang mengandung pelembab. Melakukan eksfoliasi pada bibir tak hanya mencegah bibir kering dan hitam, tapi juga menjadikan bibir terasa lebih halus. Hasil polesan lipstik jadi lebih alami karena tidak menggumpal.

Stop Kosmetik Kadaluarsa

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsa pada produk kosmetik bibir. Lip balm, lipstik, dan lip scrub harus dihabiskan sebelum habis masa kadaluarsanya. Konsisten menggunakan produk yang sudah ada, dan hindari membeli produk-produk baru agar tidak terjadi penimbunan.

Semakin banyak produk kosmetik menumpuk, maka akan semakin sulit menghabiskannya. Produk yang sudah kadaluarsa biasanya sudah berkurang manfaatnya, selain itu juga beresiko membahayakan kesehatan.

Demikian tips untuk mencegah bibir kering dan hitam yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebenarnya tidak begitu sulit jika sudah menemukan produk yang tepat. Pastikan dipakai rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan. (Dewi/Djavatoday)

5 Rekomendasi Obat Nyeri Haid: Datang Bulan Lancar, Perut Aman!

Rekomendasi obat nyeri haid berikut ini dapat kamu temukan di apotik atau toko obat lainnya. Datang bulan yang disertai dengan rasa nyeri memang menyerang...

6 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dengan Cepat

Cara mengobati sariawan dengan melakukan pengobatan menggunakan bahan alami ini bisa kamu lakukan di rumah. Umumnya, sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu...

Kenali Manfaat dan Khasiatnya, Ini Dia Pentingnya Minum Jamu

Pentingnya minum jamu cukup populer kedengarannya. Sebagai bangsa Indonesia, minum jamu adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak dulu-dulu untuk menjaga kesehatan. Terkenal dengan khasiatnya,...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...
spot_img

Terpopuler

Lainnya