spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan!

Manfaat ceker ayam ternyata tak hanya melezatkan lidah saat dihidangkan sebagai seblak atau ceker mercon, lho. Kaki ayam yang konon jika dimakan oleh si kecil bisa membuat larinya cepat ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kabar baik bagi pejuang diet, ceker ayam juga ternyata bisa menurunkan berat badan, lho! Makanan yang mengandung banyak kolagen ini bahkan bisa merawat organ penting tubuh kita, yakni jantung.

Akhir-akhir ini, seblak menjadi trending di berbagai kota. Jika mendengar kata seblak, pastinya kamu juga akan teringat dengan ceker ayam , bukan? Selain itu, ceker mercon atau hidangan street food Korea yang menyuguhkan ceker ayam tanpa tulang menjadi hits belakangan ini. Ternyata itu bisa memberikan manfaat yang banyak, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Ceker Ayam untuk Kesehatan

- Advertisement -

Sebelum membahas manfaat ceker ayam, perlu kita ketahui apa saja kandungan yang terdapat didalamnya. Melansir Orami.co.id,  kaki ayam yang disukai sejuta umat itu memiliki kandungan zat seperti kalori, protein, lemak, kolagen, dan kalsium. Terdapat juga fosfor, vitamin, folat, karbohidrat, asam amino, dsb.

Turunkan Berat Badan

Kolagen yang terkandung dalam kaki ayam merupakan sejenis protein alami tanpa karbohidrat sehingga termasuk makanan untuk diet. Protein yang terkandung pun bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Asam amino pada kolagennya pun bisa menekan nafsu makan sehingga cocok untuk kamu yang berusaha menurunkan berat badan. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan kalau mengonsumsi kaki ayam bisa membuat gendut itu mitos? Asal dikonsumsi sesuai porsi, ya.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat ceker ayam yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan kepadatan tulang karena mengandung kolagen dan kalsium. Ini akan membantu para wanita menopause untuk menguatkan tulangnya. Kepadatan tulang yang terjaga bisa mencegah dan memperlambat terjadinya pengeroposan tulang.

Meregenerasi Kulit

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat dan glowing, cobalah mengonsumsi kaki ayam. Zat kolagen yang terkandung dalam makanan ini bahkan bisa membuat kulit elastis dan membuatmu awet muda. Kulit yang memiliki elastisitas yang terjaga berarti kulit tersebut teregenerasi dengan baik.

Baik untuk Jantung

Melansir Food Bioscience Journal, kaki ayam mengandung kolagen yang memiliki zat prolin yang memecah protein untuk memperbaiki sel. Prolin juga bermanfaat untuk membantu arteri melepaskan lemak yang menumpuk. Akibatnya, sirkulasi darah menjadi lancar dan jantung tak perlu bekerja lebihkeras dari biasanya dalam memompa darah. Itulah mengapa kaki ayam dipercaya mampu mengontrol detak jantung dengan baik.

Menurunkan Hipertensi

Manfaat ceker ayam yang selanjutnya adalah dapat menurunkan hipertensi yang lagi-lagi berkat kandungan kolagennya. Bahwa kolagen dapat menurunkan kadar enzim yang bernama renin. Enzim tersebut berperan sebagai peningkat tekanan darah dalam tubuh. Mengonsumsi kaki ayam dapat membantu menurunkan darah tinggi, tetapi tetap dengan mengurangi kadar garam berlebih, ya.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Mineral yang terkandung dalam kaki ayam seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor mampu meningkatkan sirkulasi darah. Juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga kesehatan pencernaan dan jantung. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Tubuh yang sehat tentu akan meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.

Baik untuk Gusi

Manfaat ceker ayam yang berikutnya tak kalah penting, yakni mampu menjaga kesehatan gusi. Ini karena kaki ayam mengandung asam amino, kolagen, dan zat gelatin. Nutrisi tersebut akan masuk tubuh dan menyehatkan gusi bahkan gigi. Gusi yang sakit penyebabnya oleh kekurangan nutrisi pada tubuh, jadi konsumsilah makanan yang bernutrisi seperti kaki ayam.

Penyembuhan Luka Lebih Cepat

Si kecil terkadang tidak bisa diam dan lebih rentan terkena luka. Namun, jangan khawatir karena mengonsumsi kaki ayam ternyata mampu mempercepat penyembuhan luka. Mengapa bisa begitu? Ini karena kandungan kolagen dan protein  yang membantu memperbaiki sel yang rusak dengan cepat. Bunda bisa mengolah kaki ayam sebagai sup untuk teman makan si kecil.

Nah, itulah beberapa manfaat ceker ayam yang ternyata juga bisa menurunkan berat badan. Tak hanya sekadar lezat, kaki ayam juga memiliki manfaat lain seperti menjaga hormon dalam tubuh. Tetaplah konsumsi dengan porsi secukupnya karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. (Rismawati/Djavatoday)

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Tetap Bisa Bekerja di Awal Masa Kehamilan

Pada masa sekarang, banyak wanita memilih untuk tetap bekerja meski telah berumah tangga. Namun sebagaimana fitrah wanita pada umumnya, mereka akan mengalami fase kehamilan...

5 Bahan Alami Untuk Mengatasi Infeksi Jamur Kulit

Infeksi jamur kulit memang sangat mengganggu. Selain rasa gatal yang ditimbulkan, keberadaan jamur ini akan sangat mengganggu penampilan jika berada di area tubuh yang...

5 Manfaat Pijat Refleksi Bagi Kesehatan Tubuh

Pijat refleksi merupakan praktik medis alternatif yang melakukan penekanan oleh ibu jari atau jari lainnya pada titik-titik di bagian tangan atau kaki. Biasanya, orang...

5 Rekomendasi Sleeping Mask Agar Kulit Terasa Lembab dan Cerah di Pagi Hari

Sleeping mask merupakan masker wajah yang praktis digunakan, tidak perlu dibilas dan diaplikasikan menjelang tidur. Meskipun begitu, sleeping mask mempunyai segudang manfaat terutama untuk...
spot_img

Terpopuler

Lainnya